Lakukan Inovasi Mahasiswa PPNS Ciptakan Alat Pengangkat Beban Otomatis

426
Mahasiswa Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
Mahasiswa Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

Hariannusantara.com – SURABAYA – Tingginya angka kecelakaan kerja di indonesia tidak dapat dipungkiri telah menelan banyak korban jiwa. Melihat keprihatinan tersebut, beberapa mahasiswa saat ini telah menciptakan sebuah gebrakan baru untuk menanggulangi masalah tersebut .

Mahasiswa asal Politeknik Perkapalan Negri Surbaya atau biasa dikenal PPNS telah menciptakan sebuah alat sebagai alternatif keaman pekerja saat mengkat material keatas menggunakan katrol yang dianggap sangat memiliki resiko tinggi untuk keamannannya. Awalnya mahasiswa ini tak pernah menyangka ide inovatif ini justru mereka dapat saat melihat banyaknya fenomena orang yang mash menggunkan katrol sederhana menghabiskan banyak tenaga tanpa memperdulikan nyawa mereka Untuk itu Mahasiswa yang di gawangi oleh Danang Harianto dan anggotanya , Kartika Agustin, Obaja Eden, Aviora Karunia dan Irishka Sara membuat alternatif pengangkut material yang aman, dengan harga yang relatif lebih murah.

                Pulley Box Design merupakan alat angkat yang membantu kita mengangkat beban secara otomatis. Dilengkapi dengan remote control yang memungkinkan operator untuk mengendalikan alat dari jarak yang cukup aman. Pulley Box Design terdiri dari drum, reducer dan motor, dengan beban pengangkatan maksimum atau SWL sebesar 3 Ton. Salah satu kelebihan Pulley Box Design ini adalah dapat mereduksi tegangan akibat beban yang diangkat oleh katrol, karena pulley box ini memiliki reducer sehingga keuntungan mekanisnya lebih besar. Fungsi dari reducer ini adalah mereduksi tegangan beban angkat. Maka dari itu, selain untuk mereduksi tegangan beban angkat, pulley box design ini juga digunakan sebagai pelindung mesin motor dari beban kejut yang dihasilkan oleh beban material angkat. Untuk pembuatannya sendiri, material pulley box design ini dibuat dengan jenis material yang sesuai dengan sifat dan karakteristik material yang sesuai dengan bahan dasar pulley.

                “Proses pemindahan material, terutama pada proses pembangunan, masih kita jumpai peralatan yang manual, seperti katrol manual yang terbuat dari kerangka seadanya.”Ujar Danang Harianto, “Maka dari itu, pulley box hadir untuk memberikan solusi alternatif. Dengan harga yang cukup terjangkau, kita sudah mendapatkan alat angkat yang capable.”, Kedepannya Pulley Box Design ini diharapkan dapat dikembangkan dengan baik.