Harian Nusantara

Fungsi Alat Berat Pneumatic Tired Roller

review produk 166 View

Fungsi Alat Berat Pneumatic Tired Roller – Dalam dunia konstruksi tentu sering menggunakan alat berat. Alat berat tersebut nantinya akan membantu pekerjaan manusia dalam membangun infrastruktur seperti bangunan dan jalan. Salah satu alat yang digunakan dalam dunia konstruksi adalah Pneumatic Tired Roller. Alat ini sangat berguna dalam proses membangun jalan.

Mungkin kamu sudah pernah melihat Pneumatic Tired Roller. Tahukah kamu fungsi dari alat ini? Jika kamu masih belum paham mengenai fungsi dari ini, tidak ada salahnya jika mencari tahu terlebih dahulu. Artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai fungsi dari alat berat Pneumatic Tired Roller.

Fungsi Pneumatic Tired Roller

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai Pneumatic Tired Roller, sebaiknya kamu pahami terlebih dahulu mengenai alat ini. Pneumatic Tired Roller memiliki beberapa ban karet yang diisi dengan angin. Alat ini sering dikenal dengan istilah lain, yaitu universal compactor.

Loading...

Membantu proses pemadatan jalan

Fungsi utama dari alat ini adalah untuk memadatkan jalan. Sebagai contoh, untuk lahan yang baru dibuka tentu memiliki struktur tanah yang labil dan gembur. Roda penggilas yang ada beberapa ini memiliki fungsi untuk menekan partikel air dan udara ditekan keluar. Nantinya permukaan tanah yang sudah dilewati alat ini akan menjadi padat dan keras. Hal tersebut karena air dan udara yang ada pada tanah ditekan keluar dan dibiarkan menguap.

Menghaluskan jalan

Jalan yang bisa dilewatin dengan baik adalah jalan yang halus dan rata. Dengan alat ini, selain membuat jalan padat juga bisa membuat jalanan yang halus dan rata. Roda-roda yang dimiliki alat ini tidak hanya bergerak maju dan mundur saja. Pada dasarnya roda-roda yang ada pada alat ini bisa bergetar dan juga bergerak maju mundur. Semua itu dilakukan dengan tujuan agar bisa mendapatkan hasil jalan yang memuaskan.

Cocok digunakan untuk jalan tanah

Alat ini dibuat untuk berhadapan dengan struktur jalan yang liat. Tentu kedalamanan tanah liat tersebut harus ditentukan sekiranya tidak membuat alat ini terperangkap di dalamnya. Jumlah roda yang dimiliki alat ini cukup banyak, yaitu mulai dari 9 buah hingga 19 buah. Tentunya banyaknya roda tersebut disesuaikan dengan jenis tanah yang ada dan lebar jalan yang ditempuh. Meskipun terkesan sebagai mesin yang tangguh, alat ini sebaiknya tidak digunakan pada permukaan yang tajam seperti bebatuan. Hal tersebut dapat mengakibatkan rusaknya roda-roda penggilas dari alat ini.

Cocok untuk memberikan tekanan pada jalan

Perlu diketahui juga bahwa berat dari alat ini kurang lebih 80 ton. Berat tersebut bertujuan untuk memberikan tekanan pada jalan secara maksimal. Jika berat pada alat ini dirasa masih kurang, kamu masih bisa menambahkan beratnya agar lebih maksimal. Caranya adalah dengan menambahkan beban tambahan. Beban tambahan tersebut bisa berupa air maupun pasir. Peletakkan beban tambahan tersebut adalah pada bagian dinding-dinding mesin dari alat ini. Dengan kemampuan tersebut, kamu bisa memadatkan tanah hingga kedalaman 24 inchi.

Jika kamu sudah membaca beberapa fungsi dari alat berat ini, tentu kamu bisa membayangkan seperti apa besar dan beratnya alat ini. Penggunaan alat ini memang sudah sangat umum digunakan pada proyek pembangunan jalan di Indonesia. Jika kamu merasa penasaran dan ingin melihatnya, kamu bisa mendatangi saja proyek jalan tersebut. Pastikan kamu berada pada jarak aman untuk melihat. Jika kamu harus berdekatan dengan alat ini, pastikan kamu menggunakan piranti keselamatan yang mumpuni.

Harga Pneumatic Tired Roller

Harga dari Pneumatic Tired Roller untuk harga bekas sekitar 175 juta dan harga baru bisa mencapai 700 juta sampai 1 milyar.

 

Demikianlah artikel singkat, padat, dan jelas, mengenai fungsi alat berat Pneumatic Tired Roller. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan dan juga referensi untukmu terkait dunia konstruksi. Artikel ini dibuat berdasarkan referensi yang terpercaya sehingga kamu tidak perlu khawatir mengenai kebenaran dari artikel ini. Pastikan kamu memahami terlebih dahulu mengenai fungsi dari Pneumatic Tired Roller sebelum menghadapinya secara langsung. Pastikan juga kamu harus dalam kondisi prima dan juga mengenakan alat keamanan yang sesuai ketika harus berhadapan dengan alat ini. Untuk itu, selamat belajar!

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019