Harian Nusantara

Fungsi Asphalt Finisher

review produk 171 View

Fungsi Asphalt Finisher

Dalam proses konstruksi kita membutuhkan sebuah alat untuk memperlancar kerja kita. Alat ini yang sering dinamakan dengan alat berat. Karena ukurannya yang besar dan bobotnya yang lumayan berat. Dengan alat berat ini mampu menyelesaikan permasalahan konstruksi yang membutuhkan tenaga yang besar. Alat berat ini sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya alat ini kita tak perlu repot lagi mengerjakan semuanya dengan manual dan menggunakan metode konvensional. Salah satu alat berat yang akan dibahas adalah Asphalt Finisher

Apa itu Asphalt Finisher

Bagi anda yang sudah kental dengan ilmu konstruksi pastinya mengenal alat berat yang satu ini. Dari namanya saja kita bisa mengenali bahwa alphalt finisher merupakan alat yang digunakan untuk menghamparkan cairan aspal hot mix. Asphalt ini dihasilkan dari sebuah produksi dalam alat ini yang dinamakan dengan AMP atau Asphalt Mixing Plant. Asphalt finisher ini terdapat dua jenis. Pertama yaitu jenis crawler, dimana pada alat crawler ini menggunakan track dan juga roda jenis karet atau kita kenal dengan Wheeled. Selanjutnya ada Asphalt Finisher yang berjenis track. Untuk jenis Asphalt ini memiliki hamparan yang jauh lebih halus dan juga jauh lebih datar jika dibandingkan dengan Asphalt Finisher yang memiliki roda karet. Dengan catatan ukurannya sama.

Roda dari alat Asphalt Finisher ini memiliki bentuk menyerupai kelabang atau kita biasanya menyebut dengan nama crawler track, sementara itu bagian hopper tidak beralas. Pada bagian bawah dari hopper kita akan menemukan pisau. Lebarnya sama dengab lebar hopper. Dalam proses penghamparan aspal, pertama tama kita bisa memasukkan terlebih dahulu aspal pada hopper. Setelah itu nantinya aspal akan diturunkan dan dihamparkan ke permukaan. Setelah itu aspal akan disisir oleh pisau yang ada di bawah hopper. Pisau hopper memiliki peran yang sangat penting dalam proses penghamparan aspal. Karena tingkat kerataan dari aspal ini ditentukan oleh pisau hopper ini. Kita bisa menatanya seusai dengan kerataan yang kita inginkan.

Loading...

Fungsi Asphalt Finisher 

Asphalt Finisher ini memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pengaspalan jalan. Sebelum memulai proses ini, Asphalt hot mix dari dump truck akan dituangkan kepada hopper finisher secara perlahan lahan. Hopper finisher berfungsi sebagai penampang volume dari alat pengangkutan ini. Apabila anda ingin mengasah pada kondisi jalan yang memiliki tingkat kelebaran tinggi. Maka anda bisa memposisikan paving dan juga screw dengab memanjangkannya atau sistem extention.

Setiap alat memiliki tingkat pelebaran maksimum yang berbeda beda hal ini ditentukan oleh spesifikasi dari merek alat. Untuk hamparan dan juga ketebalan yang ingin di hasilkan juga bisa anda atur pada alat ini. Dengan alat ini kita bisa menghasilkan paving dengan keseragaman, dan ketebalan yang pas. Baik lebarnya maupun kemiringannya khususnya untuk permukaan tanah yang rata .

Dalam proses pengerasan dan pelapisan ulang, Asphalt Finisher sangat dibutuhkan. Namun ternyata beberapa pekerjaan lain juga membutuhkan alat ini, diantaranya adalah dalam proses membuat jalan yang baru, fungsi Asphalt Finisher adalah untuk mencampur material untuk permukaan jalan yang akan di Haluskan. Alat ini menentukan campuran yang baik sesuai dengan stabilitas jalan yaitu dengan memperhatikan komposisi batuan kerikil dan lainnya.

Pekerjaan ini sangat mudah dilakukan dengan alat ini, karena subgrade di alat ini sudah didepan dengan baik, untuk lereng juga tidak dibuat curam. Sementara itu untuk base telah dibuat untuk material yang baik.

Bahkan apabila pembukaan base pada pelapisan pertama tidak rata maka anda tetap bisa melapisinya pada penghamparan yang kedua sekaligus pemadatan. Fungsi lainnya adalah untuk pelapisan jalan raya. Apabila terdapat jalan yang tidak memenuhi syarat syarat konstruksi maka alat ini akan memberikan lapisan bituminous. Dengab pelapisan ini bermaksud untuk memberikan perpanjangan usia pada jalan terutama bagi jalan yang rusak, lapisanya membuat jalanan jadi anti slip.

Harga Asphalt Finisher

Untuk kalian yang membutuhkan alat berat bernama Asphalt Finisher, kalian dapat membeli alat berat ini dengan harga Asphalt Finisher terbaru sekitar ratusan juta sampai 1 milyar tergantung dari ukuran, spesifikasi, merk dan tahun pembuatannya.

 

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019