Harian Nusantara

Fungsi Saron Alat Musik Tradisional

review produk 119 View

Fungsi Saron Alat Musik Tradisional – Indonesia merupakan sebuah negara yang kaya akan tradisi budaya. Hal tersebut bisa terjadi karena Indonesia memiliki banyak budaya dari suku bangsa yang ada. Salah satu warisan budaya tersebut adalah alat musik tradisional seperti saron.

Mungkin kamu sudah sering mendengar nama alat musik saron. Namun, tahukan kamu apa fungsi sebenarnya dari alat musik tradisional yang satu ini? Untuk lebih jelasnya, artikel ini akan membahas lebih dalam mengenai fungsi dari alat musik saron.

Apa Itu Saron ?

Sebelum mengenal lebih dalam mengenai saron, tahukah kamu mengenai wujud dari saron itu sendiri? Saron merupakan alat musik yang dipukul dan memiliki bilah berjumlah 7 hingga 14 buah. Jika kamu mengetahui gamelan, tentu kamu juga bisa melihat adanya instrumen saron. Bunyinya terdengar nyaring dan cocok dimainkan untuk nada tinggi.

Loading...

Fungsi Alat Musik Saron

Menjadi satu kesatuan dengan gamelan

Saron bisa kamu temui pada pertunjukkan gamelan. Pada dasarnya saron memang merupakan satu kesatuan dari instrumen gamelan. Untuk itu, saron akan dimainkan ketika ada suatu acara tertentu seperti pertunjukkan wayang maupun upacara adat.

Menjadi bagian melodi utama pada gamelan

Saron pada dasarnya memiliki nada yang tinggi dan nyaring. Hal tersebut terdengar sangat jelas dan menjadi melodi utama pada permainan gamelan. Dengan adanya saron, alunan irama yang dimainkan menjadi jelas terdengar. Untuk itu, jika tidak ada permainan saron pada gamelan, hasil musik yang dihasilkan menjadi kurang hidup.

Menjadi alunan pengiring acara besar

Pada awal mulanya, permainan gamelan hanya dimainkan pada momen tertentu. Pertunjukkan gamelan akan dilakukan ketika ada acara besar yang melibatkan banyak orang di dalamnya. Salah satu acara yang membutuhkan peran saron dalam gamelan adalah tari tradisional. Tanpa adanya alunan gamelan, tari tradisional tersebut akan kurag terasa hidup.

Selain acara dengan unsur seni, gamelan juga akan dimainkan ketika ada upacara yang cukup sakral. Saron akan dimainkan ketika ada upacara adat dan agama. Tentunya permainan gamelan yang dimainkan bertujuan untuk menambah kesakralan dari acara tersebut. Saron sendiri merupakan alat musik yang paling mendominasi dalam suara gamelan.

Pada acara sekaten, terdapat gamelan yang dimainkan selama setahun sekali selama seminggu. Gamelan tersebut memiliki nama gamelan sekaten. Tentunya terdapat saron yang menjadi alat instrumen utama pada susunan gamelan.

Untuk acara pernikahan, ada sebuah gamelan yang dimainkan dengan tujuan untuk menghormati kedatangan tamu yang hadir. Gamelan tersebut dinamakan dengan gamelan cara balen. Tentunya tradisi ini akan terus dilestrarikan dengan baik. Selain gamelan cara balen, ada juga gamelan kodhok ngorek yang dimainkan ketika acara pernikahan juga.

Menjadi sumber pendapatan

Di samping pertunjukkan yang bersifat sakral, permainan saron juga menjadi sebuah sumber pendapatan. Saat ini pertunjukkan seni tradisional mulai dilestarikan dan mendapat minat kembali pada generasi muda. Hal tersebut tentu merupakan kabar bagus khususnya untuk para pemain saron dalam gamelan.

Menjadi sebuah alat musik dengan nilai seni tinggi

Selain digunakan untuk dimainkan, saron juga dapat dinikmati sebagai sebuah pajangan yang indah. Bentuk dari saron terlihat memiliki unsur seni yang tinggi. Hal tersebuk karena saron merupakan sebuah alat musik yang mewakili kesan tradisional. Beberapa kali terdengar kabar bahwa saron bisa terjual dengan harga yang mahal, terutama untuk saron yang memiliki nilai sejarah tinggi. Hal tersebut tentu terjadi karena apresiasi dari generasi muda saat ini yang menghargai kandungan nilai dari saron.

Dari beberapa fungsi di atas, sudah sewajarnya kita untuk melestarikan saron dalam alat musik gamelan. Hal tersebut bertujuan agar alat musik ini terus lestari dan bisa diwariskan kepada anak cucu suatu hari nanti.

Harga Alat Musik Saron

Jika kalian tertarik dengan alat musik tradisional saron ini dan ingin mengkoleksi atau menggunakannya, Harga Alat Musik Saron di toko online saat ini bisa didapatkan dengan harga sekitar 30 ribu sampai 5-7 juta untuk kualtias yang bagus.

Demikianlah artikel singkat, padat, dan jelas mengenai fungsi dari saron yang merupakan alat musik tradisional. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu dalam memahami fungsi dari saron dan memperkenalkannya kepada dunia. Pastikan kamu memahami terlebih dahulu mengenai alat musik ini sebelum mencoba memperkenalkannya kepada orang baru. Untuk itu, selamat belajar!

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019