Harian Nusantara

Fungsi Alat vibration roller

review produk 184 View

Para pekerja konstruksi tentu saja membutuhkan alat bantu dalam merampungkan proyek pembangunan. Kebanyakan alat bantu yang di perlukan oleh pekerja konstruksi adalah alat berat yang memiliki bentuk besar dan harus di operasikan oleh orang yang ahli. Salah satu alat berat yang lumrah kamu temukan dalam proyek konstruksi bangunan adalah vibration roller.

Secara sederhana vibration roller itu adalah alat yang memiliki kegunaan untuk memadatkan tanah dengan bantuan sebuah getaran atau vibrato. Kami akan menjelaskan secara detail semua hal yang berkaitan dengan alat vibration roller ini mulai dari pengertian, fungsi, cara mengoperasikan dan harganya. Berikut ini adalah ulasan lengkap tentang vibration roller.

Apa itu vibration roller

vibration roller merupakan alat konstruksi yang digunakan untuk memadatkan tanah dengan efek getaran atau vibrator yang membantu memadatkan tanah tersebut. Getaran yang di hasilkan oleh alat vibration roller memberikan tekanan ke atas dari tanah tersebut sehingga kerikil atau batu yang ada menjadi padat.

Loading...

Vibration roller terdiri atas dua jenis tipe. Tipe pertama adalah single drum dan tipe kedua adalah double drum. Dari nama-nama tipe tersebut tentu bisa dibedakan. Jika single drum itu hanya memiliki satu silinder. Sedangkan double drum itu memiliki dua silinder. Diantara keduanya, double drum memiliki tekanan yang jauh lebih besar jika di bandingkan dengan tipe single drum.

Fungsi dan Manfaat vibration roller

Umumnya, pengelola jasa konstruksi biasanya menggunakan alat vibration roller untuk mengkondisikan sebuah lahan yang akan di garap. Karena dengan menggunakan alat vibration roller, proses mengkondisikan lahan akan jauh lebih mudah dan cepat dilakukan. Tentu alat berat yang satu ini tidak bisa di operasikan oleh sembarang orang. Untuk dapat mengoperasikan alat ini perlu orang yang ahli dan mematuhi standar operasional prosedur atau sop.

Alat berat vibration roller ini memiliki beberapa fungsi dan manfaat yang harus kamu ketahui. Berikut ini adalah beberapa fungsi dan manfaat dari alat berat vibration roller. Simak penjelasan di bawah ini.

  1. Fungsi utama dari alat berat vibration roller adalah untuk memadatkan serta meratakan permukaan atas dari sebuah tanah dengan tujuan agar tanah tersebut bisa menjadi lebih kuat dan kokoh ketika menyangga bangunan yang menopang diatas tanah tersebut.
  2. Alat berat vibration roller ini memiliki fungsi dan peran untuk mencegah tanah yang akan digunakan untuk konstruksi bangunan dari berbagai macam kotoran semisal debu-debu ataupun kerikil yang berada di permukaan atas dari tanah tersebut.
  3. Alat berat vibration roller ini memiliki tanki air dengan kapasitas sampai dengan 25 liter dan berfungsi untuk membasahi area tanah agar tidak ada debu-debu yang berterbangan sebelum proses konstruksi bangunan di atas permukaan tanah.
  4. Selain itu, alat berat vibration roller ini juga berfungsi untuk menggilas dan meratakan aspal yang masih panas pada jalan raya sehingga akan menjadi rata dan halus untuk dapat memudahkan kendaraan bermotor yang akan melintas di jalan raya tersebut.

Cara Mengoperasikan Alat Berat vibration roller

Kapasitas vibration roller memiliki beberapa jenis yang di sesuaikan dengan ketebalan dari tanah tersebut. Kapasitas tersebut mulai dari 20 cm, 122 cm dan juga sampai dengan 210 cm. Adapun untuk mengoperasikan alat berat vibration roller ini memerlukan beberapa step by step yang akan kami ulas secara sekilas pafa penjelasan artikel di bawah ini.

  1. Pertama kamu harus mengatur tuas gas pada posisi minimun. Hal ini agar tidak memberikan tenaga yang terlalu besar saat mesin vibration roller pertama kali di aktifkan.
  2. Selanjutnya buka katup penyimpanan bahan bakar agar bahan tersebut yang berada di tanki turun ke mesin utama.
  3. Setelah itu baru kamu putar kunci vibration roller untuk menjadikan posisi on atau siap di operasikan.
  4. Tarik tuas untuk menyalakan mesin. Tunggu sampai 5 atau 10 menit agar mesin mulai panas dan bisa optimal di jalankan.
  5. Setelah itu kamu bisa jalankan dengan mengatur tuas gas sesuai dengan kebutuhan.
  6. Atur batang kemudi untuk mengarahkan alat berat vibration roller tersebut ke area yang akan kamu padatkan.

Harga vibration roller

Ada banyak merk alat berat vibration roller, salah satunya adalah Combination Roller Sakai TW500 c/w dengan kapasitas 4,5 sampai dengan 5 ton dan harga dari merk tersebut adalah berkisar sekitar Rp. 123.567.899,00.

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019