Harian Nusantara

Ukuran Lapangan Bola Voli Pantai, Posisi dan Jumlah Pemain

Pendidikan 155 View

Ukuran Lapangan Bola Voli PantaiMengenal tentang ukuran lapangan bola voli pantai beserta posisi dan jumlah pemainnya. Seperti yang diketahui, olahraga voli terbagi menjadi dua jenis yakni bola voli indoor dan voli pantai. Pada dasarnya permainan voli pantai tidak jauh berbeda dengan permainan bola voli indoor. Namun jika dilihat dari segi jumlah pemainnya tentu sangatlah berbeda. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang permainan bola voli pantai, simak penjelasan di bawah ini.

Ukuran Lapangan Bola Voli Pantai

Selain jumlah pemain, ukuran lapangan permainan bola voli pantai dengan bola voli indoor ternyata cukup berbeda. Lapangan permainan bola voli pantai ini memiliki ukuran yang sanggatlah lebih kecil dibandingkan dengan ukuran lapangan bola voli indoor. Sedangkan untuk ukuran lapangannya mempunyai panjang 16 meter dan lebar 8 meter, dimana dalam lapangannya tidak memiliki garis serang sepanjang 3 meter.

Untuk ukuran net bolanya memiliki panjang sekitar 8 meter hingga 50 meter. Sedangkan untuk tingginya yaitu 2.43 meter (putra) dan 2.42 meter (putri). Karena permainan ini dilakukan di pantai, biasanya lapangan menggunakan pasir pantai sehingga para pemainnya tidak menggunakan alas kaki apapun.

Posisi dan Jumlah Pemain Voli Pantai

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jumlah pemain bola voli indoor dengan bola pantai sangatlah berbeda. Umumnya permainan bola voli pantai dimainkan oleh tim dimana masing-masing tim terdiri 2 orang pemain. Perlu diketahui, dalam permainan voli pantai tidak ada pergantian pemain karena tidak tersedia pemain cadangan.

Lalu, bagaimana dengan posisi pemain dalam permainan voli pantai? Dalam permainan voli pantai para pemain bebas memilih atau menempati posisi mereka sendiri. Jadi, bisa dikatakan bahwa dalam permainan voli pantai tidak ada posisi yang ditentukan di dalam lapangan atau tidak ada kesalahan posisi.

Loading...

Peraturan dalam Permainan Bola Voli Pantai

Setelah mengetahui ukuran lapangan bola voli pantai beserta posisi dan jumlah pemainnya. Rasanya kurang lengkap jika tidak mengetahui apa saja peraturan yang berlaku untuk permainan voli pantai tersebut.

  • Jika ada seorang pemain yang melakukan blocking sedangkan blocking tersebut membentur net sampai terpental ataupun terjadi kontak dengan blocker tersebut, maka kontak itu akan dihitung satu pukulan.
  • Menyeberang ke area lawan melalui bawah net tidak dianggap sebuah pelanggaran selama tim lawan tidak merasa terganggu dengan hal tersebut.
  • Dalam permainan voli pantai dikenal dengan istilah Open-hand dinks. Istilah tersebut yaitu mengarahkan atau mengoper bola ke arah lawan hanya dengan menggunakan ujung jari-jari saja. Namun, perlu diketahui teknik tersebut ternyata dianggap salah satu pelanggaran dan bisa menambah poin lawan apabila dipraktikkan.
  • Servis pada permainan bola voli pantai ini dilakukan dengan saling bergantian antara satu pemain dengan pemain yang lainnya.
  • Permainan bola voli dilakukan dalam 3 set dimana tim yang dianggap menang apabila pertama kali menang dalam 2 set. Untuk pertandingan pada setiap set nya akan berlangsung hingga 21 poin. DI dua set pertama, ada sejumlah 2 poin yang merupakan poin tambahan dan pada set ketiga permainan hanya berdurasi sampai dengan 15 poin dengan 2 poin tambahan.
  • Pada permainan voli pantai, seorang pemain biasanya akan menggunakan kode tangan yang ditunjukkan dari belakang punggung. Biasanya kode tersebut dilakukan untuk memberi tahu rekan timnya apa teknik permainan yang akan dimainkan.

Itulah sedikit ulasan singkat tentang ukuran lapangan bola voli pantai beserta posisi dan jumlah pemainnya Dengan membaca informasi di atas semakin menambah wawasan Anda tentang permainan bola voli pantai terutama peraturan-peraturannya yang ternyata cukup berbeda dengan permainan bola voli Indoor.

Similar Posts:

Copyright 2016 - 2019