Pecahkan Rekor Selama 39 Tahun, Crutchlow Raih Pole Position

678
Cal Crutchlow
Cal Crutchlow

Hariannusantara.com – Gala Moto GP minggu ini di kejutkan oleh peraihan pole position yang dicapai Cal Crutchlow. Pembalap asal inggris yang juga meruakan tuan ruamh ini membuat para fansnya bersorak. Pasalnya Crutchlow berhasil memecahkan rekor yang bertahan selama 39 tahun lamanya.

Selama 39 tahun, belum pernah ada pembalap asal inggris yang mmapu meraih pole position di Inggris. Ia juga masih tidak percaya, dapat mememcahkan rekor yang selama ini bertahan terlebih ia hampir jatuh pada tikungan pertama.

“Saya tidak benar-benar percaya saya capai pole position. Di sektor pertama saya tidak begitu cepat. Lalu di sisa lap saya hanya mencoba untuk menjaga dan ingin di lap berikutnya saya membuat lebih cepat. Tapi saya hampir jatuh di tikungan pertama, “kata Crutchlow.

“Kemudian saya melihat waktu dan ternyata pembalap lain lebih lambat, jadi saya berpikir mungkin saya akan mengambil sedikit risiko. Saya menggeber di sisa kualifikasi dan berpikir bahwa jika seseorang mulai datang sedikit lebih cepat, maka saya akan berhenti.  Tapi aku tahu dengan datangnya hujan membuat lebih sulit,”

Peraihan pole position oleh Crutchlow ini menyamai rekor Barry Sheene saat pertama kalinya Moto GP digelar di Sirkuit Donington Park Inggris pada tahun 1977.

Pembalap LCR Honda ini mencatat waktu tercepat selama 2 menit 19.265 detik pada sabtu lalu (3/9/2016). Di posisi kedua Valentino Rossi menorehkan catatan waktu 2 menit 20.263 detik. Posisi ketiga diisi oleh pebalap Suzuki Maverick Vinales yang menorehkan catatan waktu 2 menit 20.514 detik.