Korea Utara Lakukan Uji Coba Nuklir, Korea Selatan Ancam Hilangkan Pyongyang Dari Peta

464

korea-utara-lakukan-uji-coba-nuklir-korea-selatan-ancam-hilangkan-pyongyang-dari-petaHariannusantara.com – Kabar mengenai perseteruan Korea Utara dan Korea Selatan bukanlah hal baru yang didengar publik. Kali ini nampaknya hubungan kedua Negara kembali memanas pasca adanya uji coba nuklir terbesar yang dilakukan oleh Korea Utara Jumat (09/09/2016) lalu.

Menanggapi hal tersebut, Korea Selatan tak tinggal diam. Sebuah sumber militer Korea Selatan mengatakan kepada kantor berita Korea Selatan – Yonhap, bahwa pihaknya akan membumi hanguskan setiap bagian Kota Pyongyang jika negara tersebut menunjukkan tanda-tanda persiapan menggelar serangan nuklir.

“Pyongyang akan benar-benar hancur oleh rudal balistik dan bom berdaya ledak kuat”ujaranya

Selain Pyeongyang yang akan dihanguskan, distrik-distrik utama Pyongyang yang diperkirakan sebagai tempat persembunyian para petinggi di Korea Utara akan menjadi target khusus. Lebih lanjut ia juga mengungkapkan bahwa kota itu akan menjadi abu dan dihapus dari peta.

Menanggapi tanggapan Korea Selatan tersebut, pemerintah Korea Utara menyebutnya sebagai ancaman dengan sanksi tanpa arti dan sangat patut ditertawakan.

Saat ini Korea Utara sendiri sebenarnya telah mendapatkan larangan dari PBB untuk menjalani uji teknologi roket. Namun ternyata, Korea Utara mengabaikan larangan tersebut sehingga dikenai lima rangkaian sanksi PBB sejak melancarkan uji coba pada 2006.

Semnetara itu ujicoba nuklir yang dilakukan oleh Korea Utara ini menuai kecaman dari berbagai pihak internasional. Bahkan utusan Khusus Amerika untuk Pyongyang megatakan jika Washington kini tengah mempertimbangkan untuk menemph aksi unilateral terhadap Pyongyang.

“Korea Utara terus menghadirkan ancaman yang meningkat di kawasan, terhadap sekutu-sekutu kami, terhadap kami, dan kami akan melakukan segala tindakan yang memungkinkan untuk melawan ancaman yang meningkat itu,” kata Sung Kim, utusan AS untuk Korut.

Uji coba nuklir Korea Utara ini diperkirakan berdaya hingga 10 kiloton dengan daya ledak mendapai 20 kiloton bahkan lebih, atau merupakan uji coba terkuat yang di lakukan Korea Utara.