Merk Cap Kaki Tiga Resmi Dilarang Di Indonesia

651

merk-cap-kaki-tiga-resmi-dilarang-di-indonesiaHariannusantara.com – Baru-baru ini muncul kabar dari Direktorat Jenderal ((Ditjen) Kekayaan Intelektual (KI) yang mencoret minuman Cap Kaki Tiga setelah adanya keputusan dari Mahkamah Agung terkait pencoretan merek tersebut di Indonesia, sehingga mengakibatkan minuman Cap Kaki Tiga tidak boleh lagi beredar dipasaran.

Minuman Cap Kaki Tiga merupakan miliki dari orang Inggris bernama Russel Vince. Menurut kuasa hukum Russel putusan yang dikeluarkan oleh MA tersebut menerangkan bahwa HAKI tidak boleh lagi menerima segala jenis pendaftaran makanan maupun minuman yang memiliki logo atau mirip dengan logo Negara Isle of Man tersebut.

Kuasa Hukum Russel juga menyebutkan bahwa, Kliennya Wen Ken Drug terkait penggunaan merek dagang Cap Kaki Tiga yang menyerupai lambang negara Isle of Man yang beredar di Indonesia.

“Sejak tanggal 2 September 2016 sudah dicoret merek itu,” ulas Direktur Merek dan Indikasi Geografis Dirjen KI Kemenkumham, Fathlurachman di Jakarta, kepada wartawan, pekan lalu.

“BPOM juga wajib untuk melarang peredaran produk dan kemasan Cap Kaki Tiga milik Wen Ken Drug atau pihak mana pun yang memiliki kesamaan pada pokoknya dengan lambang atau logo milik negara Isle of Man dan segera menarik seluruh produk dan kemasan Cap Kaki Tiga milik Wen Ken Drug yang masih beredar di pasaran,” katanya.

Meski telah adanya surat keputusah dari MA, BPOM belum menindaklanjiti keputusan tersebut.

“Kami sudah mendapatkan info itu dari media, namun kami belum menerima surat resmi dari MA tersebut atau surat permohonan dari pemilik yang sah. Sehingga sementara ini kami belum tindak lanjuti,” kata Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Kosmetika dan Komplemen BPON Ondri Dwi Sampurno.

Meski demikian dengan keputusan MA tersebut segala bentuk merek yang berhubungan dengan Cap Kaki Tiga resmi dilarang di Indonesia karena masalah pelanggaran Hak Cipta.