Banjir Garut Tewaskan Banyak Korban

255

banjir-garut-tewaskan-banyak-korbanHariannusantara.com – Bencana banjir yang menimpa Garut merupakan salah satu kabar memilukan di awal pekan ini. Pasalnya banjir kali ini bukan hanya menelan korban materi namun juga korban jiwa.

Dalam keterangan terbarunya pada Rabu (21/9/2016) pukul 20.00 malam kemarin Polda Jabar menyampaikan keterangan terbaru berkaitan bencana banjir bandang yang menerjang Kabupaten Garut. Saat memberikan keterangan tersebut, Kabidhumas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus menyebutkan bahwa jumlah korban jiwa terus bertambah.

“Korban meninggal dunia 23 orang, luka berat 4 orang dan luka ringan 27 orang,” kata Kabidhumas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus via pesan singkat yang diterima detikcom pada pukul 20.10 WIB.

Lebih lanjut ia juga menyebutkan bahwa proses evakuasi dan identifikasi para korban ditemukan di sejumlah lokasi yang berbeda yakni di daerah Lapang Paris, Kampung Bojong Larang, Kampung Cimacan, dan Kampung Cisurat. Para korban selanjutnya dibawa ke Rumah Sakit TNI AD Guntur Garut.

Yusri juga menyebutkan jumlah korban hilang dalam peristiwa banjir tersebut hingga saat ini sejumlah 12 orang. Ia juga menuturkan bahwa pihak kepolisian telah berkoordinasi dengan instansi terkait dalam proses pencarian dan penanganan korban banjir yang hilang.

“Untuk Data korban hilang dalam banjir tersebut sebanyak 12 orang dan kami juga mendirikan posko bantuan bencana dan posko DVI,” Ujar Yusri

Bukan hanya itu, ratusan tim gabungan Brimob Polda Jabar, TNI, BPBD Garut, Satpol PP Garut. juga dikerahkan untuk melakukan pengamanan di lokasi banjir.

“Sampai saat ini Polres Garut bersama tim gabungan masih melaksanakan proses pencarian dan evakuasi korban di sepanjang bantaran Sungai Cimanuk,” kata Yusri.

Banjir bandang menerjang sejumlah daerah di Kabupaten Garut pada Selasa (20/09/2016) malam, sekitar pukul 23.00 WIB. Bencana tersebut disebabkan hujan deras mulai pukul. 08.00 hingga pukul 23.00 WIB sehingga mengakibatkan meluapnya Sungai Cimanuk yang melintas wilayah Garut.