Delay 6 Jam, Penumpang Garuda Indonesia Hanya Diberi Kompensasi Sepotong Roti

413

delay-6-jam-penumpang-garuda-indonesia-hanya-diberi-kompensasi-sepotong-rotiHariannusantara.com – Penumpukan penumpang di Terminal Keberangkatan Garuda Indonesia Bandara Adi Sucipto, Yogyakarta menuai banyak komplain dari para calon penumpang. Pasalnya sejak dibuka pukul 16.00 pasca ditutupnya bandara yang diakibatkan oleh cuaca buruk, maskapai penerbangan Garuda belum juga diterbangkan hingga pukul 21.46 WIB. Jadi dapat dipastikan para penumpang mengalami Delay lebih dari 6 jam yang seharusnya sudah take off sejak pukul 14.45.

Namun demikian peugas hanya memberi tahu penumpang perihal delay yang disebabkan karena adanya kendala teknis, tanpa memberikan keterangan lebih lanjut. Sehingga banyak calon penumpang yang mencari petugas untuk dimintai keterangan.

Meski telah megalami delay leboh dari 6 jam, tidak ada kompensasi apapun dari pihak maskapi terhadap penumpang. Penumpang hanya diberikan sepotong roti dan segelas air mineral atas delay yang terjadi.

Sehingga banyak calon penumpang yang melayangkan komplain pada pihak maskapai, karena berdasarkan peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 89 tahun 2015 tentang Penanganan Keterlambatan Penerbangan (Delay Management) Pada Badan Usaha Angkutan Udara Niaga Berjadwal Di Indonesia seharusnya para penumpang yang mengalami delay mendapatkan kompensasi atau ganti rugi dimaksud sesuai dengan kategori keterlambatan sebagai berikut:

  1. Kategori 1, keterlambatan 30-60 menit, kompensasi berupa minuman ringan.
  2. Kategori 2, keterlambatan 61-120 menit, kompensasi berupa makanan dan minuman ringan (snack box).
  3. Kategori 3, keterlambatan 121-180 menit, kompensasi berupa minuman dan makanan berat.
  4. Kategori 4, keterlambatan 181-240 menit, kompensasi berupa makanan dan minuman ringan serta makanan berat.
  5. Kategori 5, keterlambatan lebih dari 240 menit, kompensasi berupa ganti rugi sebesar Rp 300.000.
  6. Kategori 6, yaitu pembatalan penerbangan maka maskapai wajib mengalihkan ke penerbangan berikutnya atau mengembalikan seluruh biaya tiket (refund).
  7. Keterlambatan pada kategori 2 sampai dengan 5, penumpang dapat dialihkan ke penerbangan berikutnya atau mengembalikan seluruh biaya tiket (refund). dan
  8. Khusus pada kompensasi keterlambatan kategori 5 di mana calon penumpang mendapat ganti rugi sebesar Rp 300.000. Pemberian ganti rugi dapat berupa uang tunai atau voucher yang dapat diuangkan atau melalui transfer rekening, selambat-lambatnya 3 x 24 jam sejak keterlambatan dan pembatalan penerbangan terjadi.

Hingga akhirnya pada pukul 21.46 pihak bandara memberikan kompenasasi pada para penumpang setelah didesak oleh para penumpang.

delay-6-jam-penumpang-garuda-indonesia-hanya-diberi-kompensasi-sepotong-roti-2
Suasana Penumpukan Penumpang di Bandara Adi Sucipto Akibat Delay

“Saya punya pengalaman seperti ini, tapi dapat kompensasi dengan diberi makan yang baik, bahkan diajak ke lounge. Kok sekarang seperti ini,” ujar salah satu penumpang.

Penutupan bandara sendiri dijadwalkan hingga pukul 15.15 WIB, dan berdasarkan sumber dari petugas penutupan bandara terjadi karena cuaca buruk.

Hal ini mengakibatkan banyaknya penumpukan penumpang pesawat untuk jurusan Jakarta dan Bandung.