Raja Bhumibol Wafat, Thailand Berduka

225
Raja Bhumibol
Raja Bhumibol Adulyadej

Hariannusantara.com – Kabar duka datang dari Negara tetangga Thailand. Pasalnya Raja negara tersebut yang selama ini diketahui menderita sebuah penyakit meninggal dunia pada usia 88 Tahun, Kamis (13/10/2014) sore lalu. Sebelum meninggal Raja Thailand Bhumibol Adulyadej dirawat di Rumah Sakit Siriraj, Bangkok karena mengalami kondisi kritis.

“Pada pukul 15.52, beliau meninggal dunia dengan tenang di RS Siriraj,” demikian pernyataan Biro Rumah Tangga Kerajaan Thailand.

Raja Bhumibol merupakan sososk tokoh yang sangat dhormati di Thailand, selama 70 tahun masa jabatannya, ia dikenal sebagai tokoh yang sangat kharismatik karena jasanya yang menjadi pilar pemersatu negera Gajah Putih tersebut.

Atas meninggalnya sang raja dan kesedihan medalam yang di rasakan seluruh masyarakat, Pemerintah Thailand menetapkan masa berkabung selama satu tahun.

raja-bhumibol-wafat-thailand-berdukaPengumuman tersebut disampaikan oleh Kantor Perdana Menteri Thailand bahwa masa berkabung akan dimulai pada hari Jumat 14 Oktober 2016 ini.

Kondisi kesehatan Raja Bhumibol telah menurun sejak 10 tahun terakhir. Bahkan dalam enam tahun terakhir dia menghabiskan sebagian besar waktunya di RS Siriraj.

Raja Bhumibol adalah raja kesembilan dari Dinasti Chakri dengan masa pemerintahan terlama sepanjang sejarah, dimana ia mulai menjabat sejak tahun 1946. Semasa hidup Raja Bhumibol pernah mengenyam pendidikan di Swiss sebelum akhirnya kembali ke Thailand untuk memimpin Negara Gajah putih tersebut.