Siapkan Diri Untuk Saksikan Fenomena Alam 70 Tahunan Pada Bulan November 2016

771

siapkan-diri-untuk-saksikan-fenomena-alam-70-tahunan-pada-bulan-november-2016Hariannusantara.com – sebuah fenomena alam yag langka dan menarik akan terjadi pada bulan November 2016 ini. Fenomena tersebut tak lain adalah Supermoon yang dikabarkan akan terjadi pada taggal 14 November mendatang.

Pasalnya pada tanggal tersebut Bulan akan berada di titik terdekatnya dengan Bumi (atau disebut perigee). Bulan Purnama perigee yang juga mulai akrab disebut Supermoon tersebut merupakan perigee terdekat Bulan sejak 26 Januari 1948

Supermoon sendiri merupakan kejadian yang hanya terjadi dalam jarak tujuh puluh tahun sekali. Berdasarkan informasi yang telah diperoleh, pada 14 November pukul 18.23 WIB mendatang jarak antara Bumi dan Bulan hanya sekitar 356.509 km saja sehingga fenomena ini dapat disaksikan dengan mata telanjang.

upermoon pada 14 November akan bertepatan dengan fase Bulan Purnama, yang terjadi tepatnya pukul 20:52 WIB. Dengan begitu, kita akan melihat diameter sudut Bulan Purnama yang lebih besar dari Bulan Purnama yang terjadi pada 68 tahun terakhir.

Dalam beberapa pernyataan pihak NASA menyebut bahwa Supermoon pada 14 November mendatang akan mebuat bulan purnama memiliki diameter 7 persen lebih besar dari rata-rata Bulan Purnama. Bila dibandingkan dengan Micromoon, maka bulan akan terlihat lebih besar sebesar 12 hingga 14 persen. Supermoon juga terlihat sekitar 30 persen langit akan terlihat lebih cerah.

Sehingga momen tujuh puluh tahunan ersebut akan sayang untuk dilewatkan. Psalnya bulan akan terlihat lebig besar dan terang.

Baca juga

Wisata Maldieves Yang Menyuguhkan Keindahan Pantai Hingga Keindahan Laut Bak Galaksi

Lokasi Wisata Menyegarkan Mata Di Vietnam yang Wajib Dikunjungi

Wisata Alam Anti Mainstream Yogyakarta Yang Tak Melulu Tentang Candi, Mau Coba?