Bank Indonesia Klarifikasi Logo Palu Arit Dalam Pecahan Rp 100.000 an

406

bank-indonesia-klarifikasi-logo-palu-arit-dalam-pecahan-rp-100-000-anHariannusantara.com – Baru – baru ini media pengguna media sosial di Indonesa dihebohkan dengan beberapa foto yang beredar di instagram dan facebook terkait dengan uang Indonesia yang memiliki logo palu dan arit dalam uang Rp 100.000.

Logo mirip palu dan arit itu, ada pada posisi yang sama dengan logo Bank Indonesia (BI) di sisi uang. Seperti diketahui logo palu arit merupakan simbol dari partai Komuni Indonesia (PKI).

Namun untungnya tak berselang lama dari kehebohan tersebut, pihak Bank Indonesia membeikan pnjelasannya pada masyarakat yang sebelumnya resah dengan adanya logo tersebut.

Pihak Bank indonesia menjelaskan bahwa gambar yang mirip dengan palu-arit di uang kertas pecahan Rp 100 ribu tahun 2014 itu merupakan tanda pengaman yang biasa digunakan BI saat mencetak uang.

Tanda pengaman yang disebut rectoverso itu ada di setiap uang kertas rupiah yang masih berlaku mulai dari Rp 1000 hingga Rp 100 ribu. Rectoverso adalah teknik cetak khusus uang kertas di mana pada posisi yang sama di bagian depan dan belakang terdapat ornamen khusus seperti gambar tidak beraturan.

Dengan adanya berita tersebut, meski telah diklarifikasi oleh BI masih sempat menimbulkan berbagai komentar di kalangan masyarakat. Pasalnya banyak yang menduga bahwa isu tersebut sengaja dihembuskan untuk mengalihkan isu panas yang sedang beredar di Indonesia.

Baca juga

Pemerintah: 1.242 Triliun Rupiah Kredit Belum Dicairkan Nasabah Perbankan

Samadikun Baru Ganti Kerugian Negara Sebesar 21 Miliar Rupiah