Makanan Aman Yang Boleh Dikonsumsi Malam Hari Tanpa Takut Gemuk

264

makanan-aman-yang-boleh-dikonsumsi-malam-hari-tanpa-takut-gemukHariannusantara.com – Banyak cara bagi seseorang untuk melakukan diet, slaah satunya adalah denganmengurangi porsi makan dan merubah pola makan, tak sedikit pul ayang mengidentikan diet dengan tak boleh makan malam. Namun ada kalanya saat melakukan diet tersebut perut tak bisa diajak kompromi saat malam tiba, sehingga mau tak mau kita akan tetap makan.

Padahal jika dalam kondisi lapar di malam hari kita mengkonsumsi makanan yang kurang tepat maka kemungkinan besar kita justru berpotensi mengalami kenaikan berat badan dan masalah tidur.

Sebenarnya bagi orang yang sedang melakukan diet, tak masalah jka ingin tetap makan diatas pukul 8 malam, karena ternyata asupan nustrisi yang cukup di malam hari dapat menambah metabolime tubuh menjadi lebih baik. Namun perlu diingat bahwa makanan yang dipiih haruslah benar. Berikut ini merupakan daftar makanan yang terbilang aman dikonsumsi di malam hari untuk orang yang sedang melakukan diet.

Kacang Kacangan Rendah Kalori

makanan-aman-yang-boleh-dikonsumsi-malam-hari-tanpa-takut-gemuk-5Beberapa jenis kacang – kacangan justru baik dikonsumsi pada malam hari bagi orang yang tengah melakukan diet. Paslanya jenis kacang tertentu memiliki kalori yang rendah namun kaya kana nutrisi dan serat.

Selain enak, jenis kacang – kacangan ini juga dapat mengenyangkan perut dan meningkatkan produksi serotin dalam tubuh dan dapat mencegah kelaparan di malam hari. Salah satu jenis kacang – acangan yang rendah kalori adalah kacang almond.

Almond sendiri dikeal dengan kandungan lemak yang sehat monounsaturated fat yang mampu membantu meminimalkan risiko penyakit jantung dan menstabilkan kadar kolesterol dalam darah. Nggak hanya itu, kandungan vitamin E pada almond juga membantu menjaga kesehatan jantung dan kulit.

Selain almond kacang –kacangan yang sehat bagi orang yang tengah berdiet adalah walnut, mate brazil dan kacang hazelnut, yang sleian mengenyangkan juga mampu mmebuat tidur lebih nyenyak.

Gandum

makanan-aman-yang-boleh-dikonsumsi-malam-hari-tanpa-takut-gemuk-4Gandum memang salah satu makanan yang terkenal dengan kandungan lemak yang rendah sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang tengah melakukan diet. Bahkan banyak ahli kesehatan ang menyarankan seseorang untuk mengkonsumsi makanan olahan gandum sebelum tidur.

Gandum juga mengandung kadar triptophan, salah satu jenis asam amino esensial yang dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan tubuh yang juga mendorong produksi serotonin. Zat ini membuat kita dapat tidur lelap dan mengurangi keinginan untuk ngemil.

Keju Rendah Lemak

Keju rendah lemak juga aman dikonsumsi pada malam hari. Pasalnya pada keju rendah lemak terdapat asam amino yang berfungsi utuk membantu tidur menjadi lebih nyenyak dan berkualitas. Salah satu keju yang baik tersebut adalah Keju cottage adalah jenis keju yang kaya akan kandungan protein kasein. Meski memang masih ada kandungan lemak dalam keju cottage, namun kalsiumnya bisa membantumu menguatkan tulang.

Sayuran

makanan-aman-yang-boleh-dikonsumsi-malam-hari-tanpa-takut-gemuk-3Kandungan air dalam sayuran selain dapat menambah nutrisi dan mengurangi dehidrasi juga sangat mengenyangkan. Pasalnya dengan mengkonsumsi semangkuk sayur atau sayur-sayuran rebus seperti brokoli dan wortel, memberi asupan nutrisi yang baik seperti vitamin, mineral, dan protein yang menyehatkan. Jangan takut untuk mengkonsumsi makanan banyak sayur.

Buah

Setelah sayur sayuran yang daa mencehgah dehidrasi dan aman dikonsumsi pada malam hai, buah yang berair seperti semangka, melon , blewah, apel dan pepaya juga memiliki fungsi yang sama baiknya dengan brokoli dan jenis sayuran lain.

Selain itu buah buahan tersebut juga memiliki fungsi untuk sekresi racun yang efektif, sehingga membantu detoks dan penurunan berat badan.

Agar Agar

makanan-aman-yang-boleh-dikonsumsi-malam-hari-tanpa-takut-gemuk-2Agar – agar merupakan salah satu makanan yang mengenyangkan dan aman untuk dimakan saat melakukan diet. Namun perlu diingat agar – agar yang dikonsumsi tak boleh dicampur dengan gula. Kandungan agar agar yang hanya memiliki 10 kalori jug adaat membantu melancarkan pencernaan.

Baca Juga

Tips-Menyimpan-Sayur-Dikulkas-Agar-Tetap-Awet-dan-Segar

Tips Alami Yang Efektif Hilangkan Komedo Di Wajah

Simak Yuk! Tips Simple Yang Ampuh Membuat Rambut Tipis Menjadi Terlihat Lebih Tebal