Tips Sehat Agar Perjalanan Mudik Terasa Lebih Menyenangkan

364

Tips-Sehat-Agar-Perjalanan-Mudik-Terasa-Lebih-MenyenangkanHariannusantara.comDatangnya hari Raya Idul Fitri 2017 sudah tinggal menghitung hari, maka tak heran jika sebentar banyak masyarakat Indonesia yang melakukan rutinitas tiap tahun yaitu mudik. Perjalanan mudik yang cukup memakan waktu lama tentu membutuhkan tenaga ekstra fit. Berikut merupakan tips sehat agar perjalanan mudik menjadi lebih aman dan menyenangkan:

Persiapkan obat-obatan – Segala keperluan sebelum mudik harus dipersiapkan dengan matang, tak terkecuali adalah obat-obatan. Misalnya saja obat mual/muntah dan obat anti diare yang sangat penting untuk mencegah kejadian yang tak diingkan selama di perjalanan.

Perhatikan makanan selama perjalanan – Sebaiknya hindari makanan yang tak sehat selama perjalanan seperti gorengan atau minuman yang banyak mengandung kafein. Makanan-makanan dengan jenis tersbeut bisa menyebabkan diare atau justru akan membuat merasa cepat dehidrasi selama perjalanan.

Perhatikan waktu perjalanan – Melakukan perjalanan siang hari lebih cepat dari pada di malam hari, sebaiknya pilih waktu ideal untuk melakukan perjalanan mudik. Ambilah waktu terbaik yang sesuai atau bisa juga beranghat seusai subuh.

Istirahat – Ketika merasa lelah berkendara ada baiknya segera beristirahat di kawasan-kawasan yang biasanya sudah disediakan di berbagai daerah. Waktu untuk beristirahat setidaknya setiap 3 atau 4 jam berkendara untuk menjaga stamina tubuh.