Gondol Sepatu Emas Eropa Dua Kali Berturut-Turut, Messi Ungguli Salah

208
Lionel Messi
Lionel Messi

Hariannusantara.com – Lionel Messi, pemain yang kini menjadi bintang Barcelona tersebut kembali merebut Sepatu Emas Eropa untuk musim 201-2018. Dengan pencapaiannya tersebut, ia kini berhasil mengungguli Mohamed Salah, pemain yang disebut-sebut sebagai mesin gol Liverpool.

Pemain yang genap berusia 30 tahun ini telah mengumpulkan 34 gol selama bermain di Liga Spanyol musim ini. Total gol yang didapatkan Messi tersebut lebih unggul dua gol dibanding Salah dan empat gol dari Harry Kane, striker Tottenham Hotspur. Sepatu Emas Eropa sendiri merupakan suatu penghargaan untuk top scorer liga-liga Eropa dengan jumlah gol terbanyak. Beberapa kompetisi, seperti Liga Italia, Liga Inggris dan Liga Spanyol mendapatkan dua poin untuk setiap gol yang berhasil dicetak.

Tak hanya musim ini, Messi juga berhasil menggondol Sepatu Emas Eropa saat laga musim lalu. Sepatu Emas Eropa ini sudah berhasil didapatkan oleh punggawa Barcelona untuk yang ketiga kalinya. Sebelum keberhasilan Messi yang sudah dua musim berturut-turut menggondol Sepatu Emas Eropa ini, nama punggawa Barcelona lain yang pernah lebih dulu adalah Luis Suarez. Sebelum Barcelona, belum ada klub yang mampu mengamankan Sepatu Emas Eropa tiga kali berturut-turut.

Sedangkan untuk Messi pribadi, Sepatu Emas Eropa ini sudah yang ke lima kalinya ia dapatkan. Ini sekaligus menjadikan pemain asal Argentina ini menjadi pemain yang paling sering mendapatkan Sepatu Emas Eropa sepanjang masa.

Sementara itu pemain yang selama ini selalu dibanding-bandingkan dengan Messi yaitu Christiano Ronaldo, hanya berhasil mendapatkan empat gelar bergengsi ini. Messi pun bisa mengungguli Christiano Ronaldo dalam lima musim terakhir.