Harian Nusantara

KPK Irit Bicara Soal Pencegahan Wakil Ketua DPR Ke Luar Negeri

Uncategorized 35 View

KPK Irit Bicara Soal Pencegahan Wakil Ketua DPR Ke Luar Negeri

Hariannusantara.comKPK masih enggan buka suara mengenai pencegahan ke luar negeri terhadap Wakil Ketua DPR dari PAN Taufik Kurniawan. Pencegahan terhadap Taufik diduga terkait dengan kasus dugaan suap pengalokasian Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Kabupaten Kebumen. Namun, belum diketahui secara pasti penyidikan yang dilakukan KPK hingga mencegah Taufik bepergian ke luar negeri.

Kabag Humas Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Ditjen Imigrasi Kemkumham) Theodorus Simarmata membenarkan adanya surat permintaan dari KPK untuk mencegah Taufik Kurniawan bepergian ke luar negeri. Surat permintaan pencegahan itu diterima Ditjen Imigrasi pada Jumat (26/10/2018) lalu. Theodorus enggan mengungkap kasus yang terkait dengan pencegahan terhadap Taufik ini. Menurutnya, hal tersebut sebaiknya dikonfirmasi kepada KPK.

“Surat permohonan cegah sudah diterima Ditjen imigrasi Jumat, 26 Oktober. Silakan konfirmasi ke penyidik,” kata Theodorus, Sabtu (27/10/2018).

Pencegahan terhadap Taufik diduga terkait dengan kasus dugaan suap pengalokasian Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Kabupaten Kebumen yang bersumber dari APBN. Dalam persidangan dengan terdakwa pengusaha asal Kebumen, Khayub Muhammad Lutfi di Pengadilan Tipikor Semarang, Rabu (4/7) lalu, Bupati nonaktif Kebumen Yahya Fuad menyebut Taufik telah menerima uang sebesar Rp3,7 miliar terkait dengan DAK untuk Kebumen.

Baca juga:
– Diduga Tersangkut Jual Beli Jabatan, Bupati Cirebon Diciduk KPK
– Soal Pernyataan Jokowi, Andi Arief: Sontoloyo Teriak Sontoloyo

KPK pun mendalami fakta persidangan tersebut dengan memeriksa sejumlah saksi. Bahkan, KPK sudah meminta keterangan Taufik. Meski demikian, KPK masih irit bicara mengenai pencegahan ke luar negeri terhadap Taufik. Saat dikonfirmasi, Jubir KPK, Febri‎ Diansyah mengaku belum mendapat informasi mengenai hal tersebut. Febri berjanji akan memeriksa informasi pencegahan terhadap Taufik ini pada esok hari.

Loading...
Copyright 2016 - 2018