Harian Nusantara

Wajib Tahu! Deteksi Penyakit Pada Wanita Dari Warna Keputihan

Informasi 201 View

Wajib Tahu! Deteksi Penyakit Pada Wanita Dari Warna Keputihan

Hariannusantara.comAkhir-akhir ini banyak sekali kita dengar beberapa wanita yang mengidap penyakit kewanitaan yang serius, dari kista hingga kanker. Untuk menghindari penyakit tersebut selain olahraga dan mengatur pola hidup sehat kita juga harus bisa mendeteksinya. Salah satunya mendeteksi dengan mengamati warna keputihan. Jika keputihan berwarna kuning, kemungkinan pertanda penyakit infeksi. Banyak wanita yang resah ketika dirinya mengalami keputihan.

1. Tumor

Keputihan yang seperti air berwarna kuning disebabkan karena jaringan nekrosis yang mati, sering berkaitan dengan tumor rahim, kanker serviks atau kanker ovarium.

2. Infeksi jamur

Infeksi jamur disebabkan karena kurang terjaganya kebersihan. Biasanya yang lebih rentan terkena infeksi ini adalah wanita hamil, diabetes, pengguna antibiotik jangka panjang, pasien autoimun, atau karena kekurangan vitamin B6. Jagalah selalu kebersihan dan jangan mengenakan celana nilon atau yang terlalu ketat, tidak berpori-pori dan tidak menyerap keringat.

3. Trikomoniasis

Trikomoniasis adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang terdapat dalam saluran kemih. Apabila buang air kecil tidak dibersihkan dan dibiarkan lembab, maka akan beresiko terinsfeksi. Trikomoniasis juga bisa menular loh, bisa dari bak mandi, handuk, kolam renang, toilet, pakaian atau peralatan medis.

4. Vaginitis

Lebih umum terjadi pada wanita pasca menopause, karena terjadinya kemunduran pada fungsi-fungsi ovarium, berkurangnya hormon, menyebabkan yang menyebabkan melemahnya daya tahan tubuh sehingga lebih mudah terinfeksi bakteri. Tanda-tandanya vaginitis karena menopause seperti jumlah keputihan yang semakin banyak, sering disertai perut bagian bawah yang kembung, keputihan berwarna kuning dan memiliki bau tak sedap, serta bercampur dengan darah.

Jenis keputihan berwarna kuning dapat berfungsi sebagai indikator dari beberapa jenis infeksi, terutama jika disertai dengan rasa gatal, bengkak, bau busuk. Sebenrnya keputihan wajar selagi tidak berwarna dan berbau. Jika Anda mengalami keputihan yang tidak wajar segera cari tahu penyebabnya atau Anda bisa langsung periksa ke dokter.

Loading...
Copyright 2016 - 2018