Harian Nusantara

Apa Sebenarnya Fungsi RAM Pada Smartphone?

Informasi 16 View

Apa Sebenarnya Fungsi RAM Pada Smartphone

Hariannusantara.com – Saat memutuskan untuk membeli smartphone biasanya memang kapasitas RAM menjadi salah satu acuan atau pertimbangan. Meskipun begitu tak semua kalangan mengetahui apa itu fungsi RAM. RAM adalah singkatan Random Access Memory, fungsinya untuk menyimpan data sementara. Prosesor membutuhkan data-data atau informasi berkecepatan tinggi setiap kali ingin melakukan suatu ‘proses’ dan data-data tersebut diambil dari RAM.

Oleh karena kegunaannya, kecepatan transfer (transfer rate) RAM di desain jauh lebih tinggi dibanding memori biasa. Prosesor berkinerja baik kalau digabungkan dengan kapasitas RAM yang besar, tapi akan berbanding terbalik jika digabungkan dengan kapasitas yang kecil. Jika kalian membeli sebuah smartphone atau tablet Android dan ketika dilihat di sistem, besar RAM tidak sesuai dengan yang tertera pada spesifikasi, hal tersebut adalah wajar.

RAM yang terbaca adalah besarnya RAM yang dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi dan game dan yang tidak terbaca sudah dipergunakan untuk menjalankan sistem Android. Lalu apakah jika RAM semakin besar maka kinerja smartphone akan lebih lancar? Sebenarnya RAM itu hanyalah sebuah media penampung, contohnya jika kita ibaratkan RAM itu adalah meja belajar dan memori itu adalah laci buku, jika ram 2 GB adalah meja berukuran kecil dan ram 3 GB adalah meja yang berukuran besar sama sama di gunakan untuk membaca 1 buah buku apakah yang meja berukuran kecil terkendala?

Baca juga:
– 5 Smartphone Xiaomi dengan Sensor Sony IMX Ini Cocok untuk Fotografi
– Deretan Smartphone Gaming Murah Harga Cuma Sejutaan

Jawabannya tidak karena untuk ukuran bukunya tidak memenuhi keseluruhan meja. RAM sendiri pada dasarnya tidak terlalu penting, yang terpenting adalah bagaimana cara kita mengoptimalkan penggunaan ram itu sendiri, jika Anda banyak menginstal game dan social media dan juga aplikasi yang berjalan di desktop/belakang layar maka lebih di sarankan jika menggunakan smartphone dengan kapasitas RAM yang besar.

Loading...
Copyright 2016 - 2018