Harian Nusantara

Gambar Bunga Asoka

Gambar 718 View

Bunga Asoka adalah tanaman milik sub-keluarga Caesalpinioideae dari keluarga kacang-kacangan. Ini adalah pohon penting dalam tradisi budaya di India.

Ashoka adalah pohon hutan hujan. Habitat aslinya berada di daerah tengah dataran tinggi Deccan, serta bagian tengah Ghat Barat di zona pesisir barat anak benua India.

Ashoka dihargai karena dedaunannya yang indah dan bunga yang harum. Tanaman ini memiliki pohon yang indag, kecil, tegak, dengan daun hijau tua tumbuh dalam kelompok padat.

Musim berbunga sekitar Februari hingga April. Bunga-bunga ashoka mekar pada tandannya. Warnanya oranye-kuning cerah, berubah merah sebelum layu.

Secara biologis, beberapa karakteristik bunga sangat kering dan berlimpah. Ini berarti bahwa bunga itu dilapisi dengan bahan kimia di luar.

Sebagai pohon liar, ashoka adalah spesies yang rentan. Ini menjadi lebih jarang ditemukan di habitat aslinya, tetapi pohon ashoka liar yang terisolasi masih dapat ditemukan di kaki bukit Himalaya tengah dan timur, di lokasi yang tersebar di dataran utara India serta di pantai barat anak benua dekat Mumbai..

Ada beberapa varietas pohon ashoka. Satu varietas lebih besar dan sangat menyebar. Varietas kolumnar umum dalam budidaya.

Pohon ashoka dianggap suci di seluruh India, Nepal, dan Sri Lanka. Pohon ini memiliki banyak asosiasi cerita rakyat, agama, dan sastra di wilayah tersebut. Sangat dihargai juga karena penampilannya yang tampan dan warna serta kelimpahan bunganya, pohon ashoka sering ditemukan di kompleks dan taman istana kerajaan serta dekat dengan kuil-kuil di seluruh India.

Pohon ashoka terkait erat dengan makhluk mitologis yakshi. Salah satu elemen berulang dalam seni India, sering ditemukan di gerbang kuil Buddha dan Hindu, adalah patung seorang yakshini dengan kakinya di atas batang pohon dan tangannya memegang cabang pohon ashoka yang sedang berbunga. Sebagai elemen artistik, seringkali pohon dan yakshi menjadi sasaran stilisasi berat. Beberapa penulis berpendapat bahwa gadis muda di kaki pohon ini didasarkan pada dewa pohon kuno yang terkait dengan kesuburan. [

Yakshis di bawah pohon ashoka juga penting dalam monumen Buddha awal sebagai elemen dekoratif dan ditemukan di banyak situs arkeologi Buddha kuno. Dengan berlalunya abad, yakshi di bawah pohon ashoka menjadi elemen dekoratif standar dari patung Hindu India dan diintegrasikan ke dalam arsitektur kuil India sebagai salabhanjika, karena sering ada kebingungan antara pohon ashoka dan pohon sal (Shorea robusta) di literatur kuno dari anak benua India.

 

Koleksi Gambar Bunga Asoka

 

Similar Posts:

Loading...
Copyright 2016 - 2019