Harian Nusantara

Gambar Bunga Kamboja

Gambar 48 View

Bunga Kamboja merupakan salah satu bunga yang sering kita lihat di tanam di kuburan dan banyak orang menanggap bunga ini bunga yang mistis dan horor.

Tapi selain orang takut menanam bunga ini dan sudah terlanjur menganggap bunga ini mistis atau horor karena dulunya sering ditanam di pemakanan atau tempat berbau religi, ada juga banyak orang menanam pohon ini di halaman depan rumah untuk dijadikan penghias taman depan rumah.

Ketika berbicara tentang sejarah pohon kamboja, bunga satu ini pertama kali ditemukan oleh batanis yang berasal dari negera Perancis dengan nama Charles Plumier. Sehingga dalam bahasa latin pohon ini diberi nama Latin Plumeria. Dan sebenarnya walaupun nama pohon ini adalah kamboja, tapi tidak ada hubungan sama sekali dengan negara kamboja, karena pohon ini sebenarnya berasal dari negara Amerika Tengah terutama di negera Cuba,Equador, Venezuela, Colombia, dan Mexico.

Dan data sejarahpun tidak ada yang tahu sejak kapan pohon ini bisa sampai di negara kita. Namun pohon ini pertamakalinya di bawah ke Indonesia sejak penjajahan bangsa belanda dan portugis, karena kedua penjajah tersebut sangat peduli dengan lingkungan dan suka dengan alam yang ada di negara tropis.

Pohon kamboja asli Indonesia adalah pohon kamboja yang berwarna putih dan pada bagian dalam bunga yang berwarna kuning, kuntum bunga juga terbuka penuh dan memiliki ukuran bunga kecil. Tanaman ini akan tumbuh subur pada dataran yang rendah dengan ketinggian 700 meter, tapi sebenarnya pohon ini bisa tumbuh dimana saja.

Jenis dari bunga kamboja sangat beragam jenisnya. Selain digunakan sebagai tanaman yang sering ada dipemakaman, di taman halaman rumah, tanaman ini juga memiliki manfaat untuk obat. Menurut beberapa penelitian bahwa bunga kamboja memiliki senyawa yang sangat bermanfaat untuk dijadikan sebagai obat. Senyawa yang terkandung didalamnya seperti triterprenoid amirin, lupeol, dan fulvoplumierin.

Zat tersebut bermanfaat sebagai antipiretik atau menurunkan demam, antiinflarnatif untuk mengatasi radang, dan analgesik untuk meredakan rasa sakit. Selain digunakan untuk mengobati penyakit dari dalam, ternyata bunga kamboja juga bisa bermanfaat untuk obat luar seperti mengobati gigi berlubang dengan menggunakan getahnya.

Setelah Anda mengenal dan mengetahui berbagai informasi mengenai bunga kamboja, jika Anda suka dengan bunga satu ini. Kami telah memberikan beberapa gambar bunga kamboja untuk Anda koleksi.

Koleksi Gambar Bunga Kamboja

Loading...
Copyright 2016 - 2019