Harian Nusantara

5 Smartphone Kamera Terbaik di Tahun 2019

Elektronik 393 View

Untuk membeli smartphone fotografi terbaik tidak mudah di tahun 2019. Sebagian besar smartphone unggulan saat ini telah menggunakan teknologi kamera dan perangkat lunak kamera yang canggih.

Beberapa kamera smartphone saat ini sudah mampu digunakan lebih baik dalam kondisi cahaya rendah, memiliki Mode Malam khusus dan menghasilkan kualitas video yang baik. Tapi, tidak mudah memilih smartphone yang terbaik dari yang terbaik lainnya, terutama jika Anda tidak memiliki kesempatan untuk mencoba banyak smartphone.

Untuk membantu Anda mempertimbangkan membeli smartphone dengan kualitas kamera terbaik, berikut ini ada daftar smartphone kamera terbaik di tahun 2019 yang harus dipertimbangkan untuk dibeli.

5 Smartphone Kamera Terbaik di Tahun 2019

1. Huawei P30 Pro

Kelebihan:

  • Sangat fleksibel, termasuk banyak focal length
  • Performa rendah cahaya yang luar biasa
  • Memiliki zoom terbaik pada smartphone
  • Aplikasi kamera memiliki banyak fitur

Kekurangan:

  • Tidak tersedia opsi video 4K60

Huawei P30 Pro sangat fleksibel dalam hal fotografi smartphone. Smartphone ini telah memiliki 4 kamera utama di bagian belakang dengan panjang fokus dan ukuran yang berbeda, memberikan fleksibilitas, apakah Anda ingin mengambil gambar di sekitar kota atau di alam, baik siang hari atau dalam gelap hampir gelap.

Huawei telah melengkapi P30 Pro dengan kamera utama f / 1.6 40MP, ditambah dengan Kamera ultra-lebar 20MP, kamera dengan lensa telefoto 5x 5MP dan juga kamera dalam ToF untuk mengumpulkan semua kamera menjadi satu. Hal yang paling menarik tentang kamera ini adalah menggantikan pengaturan RGGB standar dengan standar RYYB. Ini berarti, alih-alih memiliki filter merah, biru dan dua hijau seperti pada kebanyakan smartphone lainnya, pada P30 Pro menggantikan filter hijau menjadi filter kuning. Hal ini dilakukan untuk membuat sensor kamera lebih sensitif terhadap cahaya dan Huawei mengklaim bahwa sensitivitas cahaya meningkat sekitar 40% pada P30 Pro. Ditambah lagi dengan banyak fitur pada perangkat lunak, secara khusud akan memungkinkan P30 Pro untuk mengambil gambar dalam kondisi gelap dengan hasil hampir dengan sempurna.

Fitur kamera utama lainnya dari P30 Pro adalah zoom yang disebut lensa Periscope, yang memungkinkan zoom optikal hingga 5x bahkan sampai zoom 10 kali. Konfigurasi ini cukup menakjubkan, dan meskipun kualitas gambar mulai turun lebih dari 5x, tapi lensa masih dapat berguna untuk menangkap gambar yang secara mengejutkan pada objek yang jauh.

Di sisi video, kamera ini sudah support video 4K, tetapi tidak pada 60fps dan tampaknya menjadi batasan dikarenakan dari chip. Dan sangat disayangkan bagi mereka yang suka merekam banyak video di smartphone dan tertarik dengan fitur ini karena memungkinkan Anda untuk membuat foto slo-mo yang benar-benar indah untuk diposting di sosial media. Tetapi bagi kebanyakan orang, menganggap video dengan hasil 4K @ 30fps lebih dari cukup.

Kualitas perekaman video cukup baik dan Anda memiliki lebih sedikit noise dalam video ketika merekam dalam kondisi cahaya rendah. Stabilitas AIS Huawei juga bekerja dengan baik dan dapat menghilangkan banyak guncangan saat merekaman menggunakan tangan tidak menggunakan alat bantu. Anda juga dapat memotret dengan zoom 5x dengan kamera periskop dan Anda juga mendapatkan stabilitas yang mengesankan dengan kamera smartphone ini, dengan hasil yang sangat bagus.

2. Samsung Galaxy S10 dan S10 +

Kelebihan :

  • Keseimbangan warna putih terutama akurat dan tampilan warna yang indah
  • Rentang dinamis besar saat mengambil gambar diam
  • Fokus otomatis cepat dan akurat
  • Mode super stabil untuk hasil video yang sangat halus

Kekurangan :

  • Ketajaman dan detail berkurang secara signifikan saat menggunakan lensa sudut lebar
  • Item visual karena pemrosesan gambar aktif dalam sejumlah situasi
  • Mode potret menggunakan kamera konvensional, tidak menggunakan lensa telefoto

Kamera belakang pada Galaxy S10 dan S10 + untuk pertama kalinya pada flagship Samsung, memiliki 3 kamera di belakang. Di tengah terdapat kamera utama dengan tampilan standar, sedangkan di kedua sisi adalah kamera sudut super lebar dan kamera telefoto yang membantu subjek foto hampir dua kali tanpa kehilangan kualitas.

Meskipun Samsung bukan produsen smartphone pertama yang menggunakan jenis pengaturan kamera ini, kualitasnya sudah dapat dihargai, karena pengaturan semacam itu tidak hanya berguna untuk fotografi tetapi juga memibuat desain telihat sangat menarik. Mesiki pengguna harus menyadari keterbatasan yang ada pada sub-kamera smartphone ini, terutama sensitivitas yang lebih rendah dengan cahaya dan distorsi mirip dengan GoPro yang sebelumnya memperkenalkan lensa sudut super lebar. Setelah mengambil ratusan foto dan melakukan beberapa perbandingan kamera, dapat dikatakan bahwa banyak pengguna merasa puas dengan kinerja kamera dari Samsung Galaxy S10.

Dari segi video, Samsung Galaxy S10 dan S10 + juga sangat baik. Dengan tiga lensa saat merekam video pada smartphone ini dapat menggunakan, mode Super Steady baru saat menggunakan lensa ultra wide-angle untuk membuat video yang sangat halus. Samsung juga menambahkan pilihan untuk merekam video HDR10 +.

Jika fitur ini diaktifkan akan membuat adegan dengan sedikit lebih detail. Video yang Anda rekam dalam HDR10 + terlihat sangat bagus saat di putar di smartphone, tetapi sayangnya ketika diupload ke Instagram tidak dapat menangani warnanya dengan benar dan juga tidak dapat dibagikan pada Facebook Messenger.

3. Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL

Kelebihan :

  • Performa kamera luar biasa
  • Kamera depan kedua untuk selfie sudut lebar
  • Foto cahaya rendah yang bagus dengan Night Vision
  • HDR +

Kekurangan :

  • Google Camera tidak memiliki banyak fitur dibandingkan dengan pesaing lainnya

Di sisi perangkat keras, Pixel 3 dan Pixel 3 XL keduanya menggabungkan sensor 12,2 MP di kamera utama mereka dengan aperture f / 1.8 dan stabilisasi gambar optik. Google akhirnya memasukkan pengaturan dua kamera, yang sebelumnya menyebut 2 kamera pada smartphone itu tidak perlu. Namun, akhirnya Pixel 3 dan Pixel 3 XL memiliki dual kamera, resolusi 8MP untuk kamera kedua dengan sensor sudut lebar.

Pixel 3 yang baru memiliki perangkat keras khusus bernama Pixel Visual Core, yang merupakan prosesor gambar khusus Google, pertama kali diperkenalkan pada model Pixel 2 pada tahun lalu. Awalnya fitur ini digunakan untuk mengaktifkan pengambilan gambar HDR + yang sangat baik dalam aplikasi pihak ketiga, prosesor khusus memainkan peran penting dalam fitur AI terbaru dan peningkatan yang ditawarkan pada Pixel 3. Semua fitur perangkat lunak kamera baru pada Pixels  seperti Top Shot, Zoom Super Res dan Night Sight.

4. iPhone XS dan XS Max

Kelebihan :

  • Smart HDR luar biasa
  • Mode potret sangat bagus
  • HDR dan jenis pemrosesan lainnya saat merekam video 1080p
  • Flash Sinkronisasi Lambat unggul dalam situasi kurang cahaya

Kekurangan :

  • Gambar RAW tidak didukung dalam mode Kamera default

IPhone XS dan XS Max merupakan smartphone selangkah lebih unggul dari iPhone X di bagian kamera. Berkat piksel sensor kamera yang lebih besar, memungkinkan iPhone seri terbaru untuk menyelesaikan sedikit lebih detail daripada model peringatan tahun lalu, tetapi yang berbeda terletak pada fitur Smart HDR.

Smart HDR baru dari Apple memiliki kelebihan seperti prosesor sinyal gambar yang ditingkatkan (ISP), peningkatan CPU dan algoritma canggih yang bermanfaat untuk meningkatkan jangkauan dinamis dalam gambar, tanpa membuat hasil foto terlihat palsu. Namun yang lebih pintar lagi adalah mode HDR yang berfungsi saat mengambil foto objek bergerak. Untuk mencapai hal ini, kamera harus memutar penyangga adegan empat-bingkai, sehingga dapat membekukan gerakan dalam bingkai. Kemudian chip Bionic A12 sudah dapat menangkap sub-frame secara bersamaan, tetapi kamera pada smartphone berada pada eksposur yang berbeda dan digunakan untuk menyorot detail di area yang terang. Smart HDR juga membutuhkan eksposur lama, sehingga dapat memberikan perhatian khusus pada kondisi pemotretan yang gelap dan dapat mengembalikan hasil gamber dengan lebih detail.

Selain mode HDR Smart yang mengesankan, iPhone XS dan XS Max juga dilengkapi dengan Mode Potret yang telah diupgrade. Selain itu, Apple meniru teknologi yang dimiliki Huawei dengan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan level blur latar belakang setelah Anda mengambil gambar.

5. Samsung Galaxy Note 9

Kelebihan :

  • Ketajaman gambar keseluruhan yang sangat baik
  • Zoom optikal yang baik
  • Performa luar biasa dalam situasi cahaya rendah
  • Fokus otomatis cepat dan dapat diandalkan

Kekurangan :

  • Warnanya terlalu jenuh dalam kasus-kasus tertentu

WB Otomatis (Keseimbangan Putih) di mana-mana

Samsung Galaxy Note 9 merupakan sebuah smartphone dengan kinerja kamera yang hebat. Ini dilengkapi dengan kamera sudut lebar dan lensa telefoto untuk memperbesar optik tanpa kehilangan detail, tetapi kedua sensor lensa ini juga bekerja sama untuk menciptakan efek medan kedalaman dangkal saat memotret dalam mode Live Focus, itulah jawaban Samsung untuk Mode Potret. Note 9 dikatakan sebagus Galaxy S10 dan S10 + dalam hal kualitas gambar, dengan tidak ada kamera ultra wide-angle menjadi satu-satunya kelemahan yang dimiliki smartphone Samsung.

Selain itu, Galaxy Note 9 merupakan salah satu smartphone terbaik untuk fotografi cahaya rendah di luar ruangan, untuk bersaing dengan Google Pixel 3 dan Huawei P30 Pro. Kinerja kameranya pada siang hari juga sangat baik, meskipun algoritma pasca-pemrosesan Samsung terkadang agak canggung dan evaluasi white balance otomatis tidak selalu diperhatikan. Hasil Gambar dari Note 9 kadang-kadang tampak agak terlalu jenuh, tetapi bagi Anda yang ingin belajar lebih banyak tentang hal itu, aplikasi Kamera default menyediakan mode manual yang kompleks yang memungkinkan Anda untuk menyempurnakan hasilnya.

Untuk fotografi cahaya rendah, Note 9 merupakan pilihan smartphone yang tepat, karena smartphone ini dapat menghasilkan gambar yang jernih dan jelas dalam kondisi cahaya yang kurang, di mana sebagian besar pesaing tidak bisa menghasilkan hasil yang baik.

Similar Posts:

Loading...
Copyright 2016 - 2019