Harian Nusantara

Daftar Aplikasi Partisi Hard disk Terbaik

Teknologi 36 View

Hard disk atau yang biasa disebut dengan hdd adalah suatu perangkat keras yang ada di dalam komputer atau laptop yang berfungsi sangat vital untuk dapat mengoperasikan kerja komputer sebagai media penyimpanan data. Hard disk ini bersifat non-volatile memory, yang artinya data yang ada di dalam komputer tidak akan hilang walaupun komputer sedang ada dalam keadaan dimatikan. Pada saat ini hard disk telah memiliki kapasitas yang besar, mulai dari kapasitas yang standar seperti 250 GB hingga kapasitas yang besar hingga memiliki daya tampung higga tera byte.

Secara garis besar hard disk berfungsi untuk menyipan dan membaca data yang ada didalam komputer. Hard disk juga merupakan tempat untuk menyimpan data penting didalam komputer seperti contohnya menyimpan sistem operasi dan driver aplikasi. Tanpa adanya hard disk maka komputer tersebut tidak bisa ber operasi, karena komputer memerlukan media penyimpanan dengan jumlah yang besar untuk menampung segala aktivitas komputer. Har disk juga terbagi menjadi 2 jenis yaitu hard disk internal dan hard disk eksternal.

Hard disk eksternal merupakan hard disk yang terpisah dalam rangkaian hardware komputer. Hard disk eksternal ini dapat dibongkar pasang kapanpun karena penggunaanya di dluar kerangka komputer. Pada umumnya hard disk sekarang memiliki jumlah RPM yang besar, jika kalian yang belum mengetahui apa itu RPM maka RPM adalah singkatan dari rotate per minute. RPM yang besar dipengaruhi oleh jumlah kapasitas hard disk yang besar pula. Kebanyakan hard disk jaman sekarang memiliki RPM sebesar 5.400 

Didalam hard disk juga terbagi kembali menjadi beberapa bagian yang dapat kalian gunakan, bagian yang paling umum ada adalah C,D dan E. Itu merupakan yang dinamakan partisi hard disk, tujuan dari partisi hard disk adalah untuk memudahkan management dokumen agar lebih mudah. Dengan hard disk yang sudah terbagi bagi menjadi beberapa bagian, tentunya akan lebih memudahkan kalian untuk memisahkan file-file yang ada, supaya tidak tercampur menjadi satu dalam satu wadah, selain itu partisi hard disk juga bisa digunakan untuk mempermudah proses recovery komputer kalian. Apabila mengalami kerusakan.

Adapun beberapa jenis-jenis partisi hard disk , biasanya partisi hard disk terbagi menjadi tiga bagian yaitu bagian partisi primary atau bagaian partisi hard disk utama, partisi primary ini difokuskan untuk penginstalan sistem operasi dan dapat dibagi menjadi empat partisi lagi. Partisi extended merupakan partisi yang tidak bisa di isi oleh data-data tertentu sehingga fungsinya hanya sebagai partisi logical saja. Dan jenis yang terakhir adalah jenis partisi logical, berbeda dengan partisi extended maka didalam partisi logical ini yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam data yang ada dikomputer.

Daftar Aplikasi Partisi Hard disk Terbaik

Jika kalian pernah melakukan istalasi os maka tentunya kalian sudah tau tentang bagaimana cara  membagi hard disk menjadi beberapa partisi. Adapun cara untuk kalian yang merupakan pengguna windows untuk membagi partisi hard disk kalian yaitu dengan menggunakan disk management tool yang meerupakan layanan pembagian partisi bawaan dari windows. Kalian juga bisa menggunakan bantuan aplikasi pihakk ketiga untuk membantu membagi partsi komputer kalian. Sudah terdapat berbagai macam aplikasi yang dapat membagi partisi hard disk kalian, jika kalian yang masih bingung langsung saja simak artikel saya dibawah ini tentang daftar Aplikasi Partisi Hard disk Terbaik.

1. Paragon Partition Manager

Aplikasi yang akan saya bahas pertama adalah paragon partition manager. Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana dengan fungsi utama untuk membagi jumlah hard disk kalian menjadi ke beberapa partisi. Paragon partition manager terdapat dua versi, yaitu versi gratis dan versi berbayar. Jika kalian yang hanya ingin sekedar memartisi komputer kalian saja, maka saya sarankan untuk menggunakan versi gratisnya saja. Didalam aplikasi ini juga terdapat beberapa fitur menarik yang ditawarkan seperti melakukan partisi, meng copy dan migrasi partisi, dapat mengatur space yang kosong ddalam komputer, melakukan backup dan recovery dan boot management yang dapat berguna untuk mengatur proses booting agar lebih mudah.

 

2. Active Partition Manager

Active partition manager merupakan sebuah software yang cukup bisa di andalkan sebagai salah satu software partisi yang cukup baik penggunannya. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dapat kalian gunakan secara gratis, walaupun gratis didalam software ini terdapat berbagai macam fitur yang bisa kalian gunakan bukan hana sekedear untuk memartisi komputer kalian tetapi juga mempunyai beberapa kegunaan seperti.

Bisa untuk melakukan format drive logis, mengubah partisi sesuai dengan keinginan, melakukan format memori flash ke NTFS dan tentunya dapat membuat dan menghapus partisi. Dengan fitur yang cukup lengkap tersebut tentu saja aplikasi yang satu ini menjadi rekomendasi untuk kalian yang tengah mencari aplikasi partisi untuk komputer kalian.

3. EasUS Partition Master

EasUS meruapakan sebuah pengembang yang cukup populer, karena telah banyak menghadirkan berbagai macam aplikasi unggulan yang hadir di platform android ataupun windows. Kali ini EasUS menghadirkan aplikasi partisi hard disk yang dinamai dengan easus partition master. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dapat digunakan gratis, aplikasi ini memiliki tampilan yang simpel dengan dilengkapi dengan beberapa tombol yang mudah untuk digunakan.

EasUS partition master mempunyai beberapa fitur yang cukup baik dan dapat kalian andalkan seperti, dapat memanage kapasitas hard disk, bisa mengubah-ubah partisi, support dengan wipe partisi dan dapat melakukan format kapasitas hard disk. Cukup lengkap untuk aplikasi gratisan bukan?, jika kalian menginginkan easus partition master dengan fitur yang lebih lengkap, maka kalian bisa menggunakan dengan versi yang berbayar.

4. Minitool Partiton Wizard

Selain menggunakan ke tiga aplikasi diatas, kalian juga bisa menggunakan minitool partition wizard sebagai aplikasi partisi yang bisa kalian gunakan. Aplikasi ini merupkan aplikasi yang dapat digunakan dengan gratis dan memiliki tampilan yang sederhana namun mudah untuk digunakannya. Seperti pada aplikasi partisi lainya, minitool partition wizard juga memiliki beberapa fitur yang cukup bisa diandalkan seperti.

Mampu mempartisi segala media penyimapanan seperti flashdisk, dapat mengkonversi NTFS menjadi FAT32, dan juga dapat merecovery partisi yang hilang atau terhapus. Dengan beberapa fitur tersebut membuat minitool partition wizard dapat menjadi bahan pertimbangan aplikasi partisi yang dapat kalian gunakan.

5. AOMEI Partition Assistant

Software partisi hard disk yang terakhir adalah aomei partition assistant, selain dapat mempartisi hard disk, aplikasi ini juga dapat untuk meningkatakan hard disk supaya lebih menngkat. Dengan tanpilan yang cukup menarik membuat penggunanaya tidak akan kebingungan saat meggunakan aplikasi ini. Ada beberpa fitur yang ditawarkan oleh aomei partition assistant diantaranya adalah sebagai berikut.

Dapat mengubah ukuran partisi, dapat memecah partisi hard disk, dapat meng copy partisi, dan dapat membuat bootable cd. Dengan kelebihanya tersebut maka aomei partition assistant terdapat dalam jajaran aplikasi partisi terbaik.

Similar Posts:

Loading...
Copyright 2016 - 2019