Harian Nusantara

Cara Instal Whatsapp di Laptop Dengan Mudah

Teknologi 26 View

Sebagai salah satu sosial media yang sangat populer pada saat ini. Membuat whatsapp sebagai salah satu aplikasi yang wajib ada di setiap ponsel semua orang saat ini. Baik itu tua maupun muda semuanya telah beralih ke whatsapp dari pada menggunakan layanan sms. Kemudahan dalam berkomunikasi inilah yang membuat whatsapp menjadi aplikasi terlaris di dunia pada saat ini.

Total sebanyak 1 juta orang pengguna aktif pada saat ini sudah menggunakan layanan whatsapp, whatsapp sendiri banyak mendukung platform untuk dapat digunakanya seperti Android, iOS, Windows, MacOS dan juga Symbian. Penggunaan whatsapp yang sudah meng global membuat orang-orang telah meningalkan penggunaan sms secara konvensional. Dengan menggunakan whatsapp orang yang jauh akan terlihat lebih dekat jika menggunakan fitur video call.

Dahulu memang aplikasi whatsapp ini sendiri masih kalah pamor dengan bbm, namun perlahan tapi pasti aplikasi ini mampu menyaingi ketenaran bbm dan akhirnya saat ini setelah bbm resmi dihapuskan membuat whatsapp menjadi aplkasi media sosial yang cukup berpengaruh dalam perkembangan era digital pada saat ini. Aplikasi yang ringan dan tidak memiliki iklan didalamnya membuat banyak orang nyaman saat menggunakan whatsapp. 

Didalamnya terdapat banyak fitur yang bisa kalian gunakan seperti melakukan panggilan suara dan panggilan video. Kualitas gambar yang diterima oleh whatsapp memang sedikit lebih baik dengan penerimaan kualitas gambar yang dimiliki oleh bbm. Selain itu juga kualitas panggilan video whatsapp lebih berjalan dengan sempurna dan memiliki kualitas gambar yang cukup baik. Dengan sering kalinya melakukan peng-update an, membuat whatsapp berkembang lebih baik lagi. 

Seperti yang sudah saya singgung di atas tadi, bahwa whatsapp ini merupakan aplikasi multi-platform yang dapat dijalankan di berbagai macam perangkat. Apabila menggunakan perangkat android dan ios merupakan hal yang umum terjadi, lah terus bagaimana jika whatsapp berjalan di desktop? Bagaimanakah carannya?. Memang menggunakan whatsapp di perangkat komputer kalian akan membuat waktu kalian lebih efisien, teruntuk kalian yang kegiatan sehari-hari di depan komputer. 

Sebenarnya whatsapp sendiri telah membbirikan fitur whatsapp web yang dapat kalian gunakan di perangkat desktop kalian. Namun jika kalian menggunakan whatapp web maka kalian harus selalu mengaktifkan selalu whatsapp di ponsel kalian, karena whatsapp web ini memerlukan akses juga dari ponsel kalian. Whatsapp web ini masih bersifat beta, artinya belum bisa diakses secara penuh diperangkat komputer kalian tanpa menggunakan bantuan ponsel kalian.

Hal ini yang membuat orang mencari cari cara untuk dapat menggunakan whatsapp agar dapat digunakan di komputer. Sebenarnya ada beberapa cara menginstal whatsapp di komputer tanpa menggunakan bantuan ponsel kalian. Kalian bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang mampu menginstal whatsapp di komputer kalian. Seperti menggunakan emulator atau sejenisnya, tetapi kelemahan saat kalian menggunakan emulator adalah akan memperlambat kinerja komputer kalian.

Cara Instal Whatsapp di Laptop Dengan Mudah

Untuk kalian yang masih kebingungan tentang bagaimana cara menginstal whatsapp di komputer kalian, maka cara beriut ini dapat kalian praktekan agar laptop kalian bisa terinstal oleh whatsapp.

Langkah-Langkah Menginstall WhatsApp di Windows

Untuk kalian pengguna setia windows yang ingin menginstal whatsapp di komputer kalian, maka kalian bisa menggunakan cara dibawah ini.

  • Pertama hal yang harus kalian lakukan adalah membuka browser pada komputer kalian setelah itu buka halaman resmi whatsapp dan download aplikasi versi pc nya disitu.
  • Kemudian setelah proses downloadnya selesai, kemudian buuka installer aplikasi whatsapp pada komputer kalian dan ikuti petunjuknya hingga selesai.
  • Setelah proses penginstalan selesai, kemudian jalankan aplikasi whatsapp itu setelah itu scan QR nya menggunakan ponsel kalian untuk melakukan login.

Menginstall WhatsApp di MacOS

Cara yang selanjutnya adalah cara yang bisa kalian lakukan untuk menginstal whatsapp apabila kalian menggunakan komputer macOS.

  • Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah membuka browser terlebih dahulu pada komputer kalian, setelah itu masuk ke situs resmi whatsapp dan download aplikasinya.
  • Setelah proses downloadnya selesai, kemudian kalian ekstrak file ZIP nya dahulu kemudian jalankan whatsapp.app.
  • Pada proses intalasi sedang berlangsung, anti kalian akan dimintai untuk menambahkan whatsapp pada folder aplikasi kalian dan pada desktop kalian.
  • Sama halnya dengan perangkat windows, nantinya kalian akan dimintai untuk scan QR untuk melakukan login pada aplikasi whatsapp kalian.
  • Selain dengan menggunakan cara diatas, kalian juga dapat mengunduh aplikasi whatsapp melalui aplikasi apple app store.

Menggunakan Scan QR dari Smartphone

Cara yang satu ini memang sudah banyak diketahui sebelumnya, yaitu dengan cara menggunakan whatsapp web yang terkoneksikan dengan smartphone kalian.

  • Pertama kalian harus buka terlebih dahulu aplikasi whatsapp pada smartphone kalian.
  • Untuk android kalian bisa melakukanya dengan cara klik titik tiga pada chat screen whatsapp dan pilih whatsapp web.
  • Jika kalian menggunakan iphone, kalian bisa melakukanya dengan cara pilih settings kemudian pilih whatsapp web.
  • Pada windows phone kalian bisa melakukanya dengan cara klik menu pada chat screen kemudia pilih whatsapp web.
  • Setelah itu arahkan kamera ponsel kalian terhadap barcode yang muncul di perangkat komputer kalian, arahkan agar posisinya sejajar dan benar setelah itu whatsapp akan memverivikasi whatsapp web milik kalian dan sudah dapat digunakan. Dengan catatan jika kalian ingin menggunakan whatsapp web maka whatsapp di ponsel kalian harus selalu aktif, karena diperlukan agar tetap terhubung.

Nah itulah tadi merupakan cara yang dapat kalian lakukan untuk menginstal whatsapp pada komputer kalian tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Masih terdapat satu cara lagi yang dapat kalian lakukan agar komputer kalian dapat terinstali whatsapp. Yaitu dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi pihak ketiga yang dimaksud adalah dengan menggunakan emulator, dengan menggunakan emulator android kalian dapat menginstali komputer kalian dengan beragam aplikasi android.

Terdapat dua emulator android yang paling populer pada saat ini, yaitu bluestack dan noox. Kedua emulator tersebut merupakan sebuah aplikasi yang berguna untuk menjalankan berbagai macam aplikasi android di komputer kalian, jika kalian mengunakan aplikasi ini maka komputer kalian sudah seperti perangkat android tanpa perlu menginstali lagi dengan sistem operasi linux seperti remixOS.

Namun yang menjadi kekurangan saat kalian menggunakan emulator android pada komputer kalian adalah akan memperlambat kinerja komputer kalian karena terlalu memakan banyak RAM saat dioperasikannya. Jika kalian berniat menginstal emulator android, lebih saya sarankan untuk menginstal noox ketimbang bluestack. Karena, noox jauh lebih ringan digunakan ketimbang dengan bluestack dan memiliki antarmuka yang lebih menarik.

Untuk menginstal whatsapp menggunakan emulator yang paling penting adalah kalian sudah menginstal emulator android tersebut terlebih dahulu, kemudian kalian pergi ke menu play store dan  unduh aplikasi whatsapp.  Setelah diunduh maka kalian tinggal membuat akun baru sama seperti kalian membuat whatsapp di smartphone. Semoga bermanfaat.

 

Similar Posts:

Loading...
Copyright 2016 - 2019