Harian Nusantara

Cara Cek Resi JNE Terbaru Dengan Mudah

Teknologi 73 View

Di masa kini, berbelanja online adalah kegiatan yang lumrah dilakukan. Apalagi karena proses nya yang terbilang cepat, kamu hanya memilih gambar dari barang yang ingin kamu beli, chatting menanyakan harga dan segala macam dengan buyer atau penjual, kemudian kamu tinggal transfer uang dan menunggu barang tersebut sampai di rumah mu dengan di antar oleh jasa kurir ekspedisi pengiriman semisal JNE dan lain sebagai nya.

Namun terkadang karena jarak antara kamu dan penjula terlampau jauh, semisal penjual berlokasi di kota aceh sedangkan kamu tinggal nya di purwokerto, tentu hal itu akan membuat kamu menunggu dan berharap dengan cemas sampai kapan barang itu bisa sampai di rumah mu. Di zaman sekarang, kamu bisa mengecek sudah sampai mana barang yang kamu beli tersebut dengan cara mengecek resi dari JNE di website resmi nya. Jika kamu belum tau cara cek resi JNE, berikut akan kami jelaskan cara cek resi Jne.

Cara Cek Resi JNE Terbaru Dengan Mudah

Simak penjelasan artikel di bawah ini.

1. Menggunakan website

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk pada website www.resi.co.id
  • Kemudian kamu cari dan pilih menu yang bertuliskan cek resi.
  • Setelah itu kamu masukan nomer resi paketan mu yang kamu dapatkan dari pihak buyer.
  • Tak butuh sampai satu menit, maka kamu dapat melihat dimana titik lokasi barang yang kamu pesan.

 

Sangat mudah sekali melakukan cek resi Jne menggunakan website www.resi.co.id. Tak butuh waktu lama, hanya semenit saja.

2. Menggunakan Aplikasi

Selain melalui website www.resi.co.id , kamu jugs bisa melakukan cek resi menggunakan aplikasi yang di terbitkan dari pihak JNE langsung. Aplikasi tersebut adalah bernama MyJNE. Cara mengecek resi menggunakan aplikasi MyJNE tak beda jauh dengan mengecek resi melalui website. Berikut akan kami jelaskan cara mengecek resi melalui JNE.

  • -Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mendownload aplikasi MyJNE. Setelah terdownload, tunggu beberapa saat sampai proses instalasi berhasil.
  • Selanjutnya buka dan jalankan aplikasi MyJNE tersebut.
  • Setelah itu kamu cari dan pilih menu atau ikon cek resi pada aplikasi MyJNE tersebut.
  • Kemudian kamu masukan nomer resi yang kamu dapat dari buyer atau penjual barang yang kamu pesan.
  • Langkah selanjutnya kamu klik search, maka akan muncul informasi lengkap mengenai paketan mu sedang mendarat di mana.

Cukup mudah sekali melakukan cek resi JNE. Bahkan pemula sekalipun bisa mengecek JNE. Jika kamu sudah mengecek JNE, maka kamu harus bersabar sampai dengan barang pesanan mu sampai ke rumah dan di antar oleh mas-mas kurir yang rupawan. Cepat atau lama nya waktu pengiriman barang hingga sampai ke rumah mu tergantung dekat dan jauh nya lokasi kedua belah pihak. Semakin jauh maka semakin lama sampai nya.

Istilah Pada Pengiriman JNE

Beberapa istilah yang harus kamu ketahui mengenai pengiriman menggunakan JNE, antara lain adalah.

1. On Transit

Ketika kamu mengecek resi JNE, lalu muncul tulisan on transit, itu berarti barang paketan mu sudah terkirim namun masih berada di kota lain yang menjadi transit sebelum barang tersebut sampai di rumah mu.

2. Manifested

Ketika kamu mengecek resi JNE dan mendapati paketan tersebut terdapat keterangan berupa manifested, itu artinya bahwa paketan mu sudah berada di kantor JNE di kota pengiriman awal dan sedang di persiapkan untuk kemudian di terbangkan ke kota tempat mu tinggal.

3. On Process

Ketika kamu sedang cek resi dan mendapati tulisan yang tertera di paketan tersebut adalah On Process, itu menandakan bahwa paketan mu sedang di kirimkan. Ketika selang sepuluh menit misal nya kamu cek resi lagi dan mendapati status nya masih sama yaitu On Process, ya memang seharusnya begitu. Karena pengiriman barang membutuhkan waktu. Jadi kamu harus bersabar sejenak.

4. Received On Destination

Ketika kamu mengecek resi JNE lagi dan mendapati tulisan status dari paketan mu adalah Received On Destination itu menandakan bahwa paketan mu sudah berada di kota tempat mu tinggal. Hanya menunggu beberapa waktu saja untuk barang tersebut diantar ke alamat rumah mu yang tertera di paketan tersebut.

5. Delivered

Ketika status sudah menjadi delivered, biasanya kamu tidak akan menjumpai status pengiriman delivered. Karena itu artinya barang atau paketan tersebut sudah ada di tangan mu. Masa iya, barang atau paketan sudah di tangan masih saja cek resi. For what bung? Hehe.

Itulah istilah pengiriman JNE yang perlu kamu ketahui.

JNE merupakan ekspedisi pengiriman banyak yang menjadi favorit orang Indonesia dalam mengirim barang mereka. Terlebih karena proses pengiriman dengan menggunakan JNE terbilang cukup cepat jika di bandingkan dengan jasa ekspedisi pengiriman lain nya. Selain itu karena cabang dari JNE ini telah berdiri di seluruh provinsi, seluruh kota, seluruh kabupaten dan seluruh kecamatan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

JNE juga menyediakan fasilitas untuk mengklaim paketan. Klaim ini hanya di tunjukan oleh pengirim barang. Jika pengirim barang melakukan klaim, maka harus memenuhi syarat dan ketentuan yang ada di JNE. Batas waktu klaim ini adalah terhitung paling lambat 14 hari ketika barang atau paketan seharusnya sudah sampai. Dan jika melebihi 14 hari, maka klaim tersebut tidak bisa di lakukan oleh si pengirim dan artinya barang tersebut hangus dan hilang. Dan semua itu menjadi tanggung jawab si pengirim barang kepada si penerima.

Cara Mengirin Barang Melalui JNE

Jika kamu baru pertama kali melakukan pengiriman barang ke luar kota dan belum tau tentang tata cara nya, kami akan memberikan beberapa tips di bawah ini.

  1. Bungkus barang dengan rapi, sertakan juga alamat lengkap penerima dan pengirim.
  2. Setelah itu kamu datang ke kantor JNE terdekat dari domisili kamu tinggal.
  3. Kemudian barang tersebut akan di timbang oleh petugas JNE di sana.
  4. Ongkir barang tergantung berat per kilo dari barang dan jauh dekat nya kots tujuan pengiriman.
  5. Petugas akan memasukan data mulai dari alamat pengirim dan alamat penerima, nomer handphone yang bisa di hubungi dan lain sebagai nya.
  6. Setelah itu petugas akan mencetak resi pengiriman kepada kamu dan kamu bisa berikan resi tersebut kepada si penerim barang. Apapun itu konteks nya semisal pembeli, keluarga, teman dan lain-lain. Tapi jika kamu tak memberikan resi tersebut kepada si penerima pun tidak masalah, selama kedua belah pihak memperbolehkan.

Nah, itulah cara mengecek resi pengiriman barang melalui ekspedisi pengiriman JNE yang mudah di lakukan oleh semua orang, dan juga istilah-istilah pengiriman yang harus kamu ketahui serta tata cara pengiriman barang melalui JNE bagi pemula.

Similar Posts:

Loading...
Copyright 2016 - 2019