Contoh dan Cara Penulisan Ucapan Bela Sungkawa

Ucapan Belasungkawa merupakan sebuah kata-kata yang digunakan untuk mengucapkan rasa berkabung dan bersedih hati untuk memberi dukungan kepada salah keluarga yang ditinggal meninggal salah satu anggota keluarganya.

Jika kalian membutuhkan kata-kata yang tepat untuk diberikan kepada keluarga, saudara, teman, sahabat, rekan kantor atau lainnya, kami memiliki beberapa contoh ucapan belasungkawa di bawah ini yang bisa dijadikan sebagai refensi.

Ucapan Belasungkawa Untuk Menggambarkan Bahwa Seseorang Meninggal

Contoh 1

Loading...

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Telah meninggal dunia sahabat kita Aruffin Bin Abdul Salam pada pukul 3.00 dini hari. Di Rumah Sakit Umum Daerah Wonosobo . Esok hari pukul 9.00 WIB  jenazah nantinya akan dimakamkan.

Untuk sholat jenazah nantinya akan diadakan di jalan Mangkinegara, Klepon Wetan, Bebetan yang merupakan kediamannya, dan sekian yang dapat saya sampaikan. Wassalamu’alaikum wr. wb

Contoh 2

Assalamualaikum wr wb, berita duka datang dari sahabat kita Mail Bin Ismail yang telah meninggal dunia pada hari ini.

Tepatnya pada Pukul 2.00 dini hari di Puskesmas Jatiasih karena Sakit Komplikasi . Beliau nantinya akan disemayamkan di kediamannya, jalan Galuh 5 RT. 19, RW. 2. Bebetan Utama

Jika saudara ingin bersama-sama melayat diharapkan bisa saling memberi kabar bisa melalui SMS atau melalui Grup Chat WhatsApp. Atau bisa menghubungi WhatsApp 0831245729928 Mohon kepada teman teman dan saudara untuk membawa mukena serta alat solat untuk melakukan sholat jenazah bersama di Masjid Nurul Hidayah . Terimakasih. Wassalamualaikum wr.wb

Contoh 3

Innalillahi wainnailaihi roji’un, telah meninggal saudara Ehsan Abdullah di Rumah Sakit Medika Lestari pada pukul 08.00. Saat ini jenazah disemayamkan di rumahnya di Jalan Mangkubumi, Teratapan, Bungur, Jagakasa

Mari sahabat semua kita doakan Semoga amal beliau diterima oleh Allah swt dan diampuni segala dosa dosanya. Apabila semasa hidupnya beliau memiliki kesalahan mohon setulus tulisannya untuk dimaafkan

Sekian wassalamualaikum wr.wb

Contoh 4

Innalillahi wainnailaihi roji’un, turut berbelasungkawa, atas wafatnya ibunda dari bapak Ahmad Bodofi, sahabat baik kita. Kesabaran dan keikhlasan semoga diberikan kepada keluarga yang ditinggalkan. Bagi yang akan melayat ke rumahnya tepatnya di jalan Burungapik, Duhudud, Majapahit, harap bisa menghubungi melalui pesan pribadi ke nomor 083126789982 untuk bisa berangkat bersama pada pukul 9.00 WIB . Terimakasih.

Contoh 5

Innalillahi wainnailaihi roji’un, Turut berduka cita, atas meninggalnya saudara kata tercinta Fahmi Adam Widianto. Setelah berjuang keras melawan sakit ginjal yang telah dideritanya selama 3 tahun

Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan keikhlasan untuk menerima cobaan dari Tuhan. Bagi kerabat yang ingin melayat, almarhum akan dikebumikan di desa Bangunluhur, Gadis, Mangkubumi,pada  pukul 14.00.

Saudara dan teman teman sekalian bisa datang ke kediaman beliau di Jalan Bangunluhur , no 24, Mangkubumi . Sholat jenazah akan dilaksanakan di Masjid Attaqwa sebelum dikebumikan.

Ucapan Belasungkawa Melalui Instagram

Ucapan bela sungkawa bisa kita lakukan dengan cara apapun, apabila kita tidak memiliki waktu untuk berziarah dan melayat mungkin dengan memberi pesan di media sosial bisa menambah kehormatan kita kepada jenazah maupun keluarga yang ditinggalkannya

Contoh 1

Assalamu’alaikum Wr Wb

Innalillahi wainnailaihi roji’un, Turut berbelasungkawa atas meninggal dunia, sahabat kita Mail Bin Ismail (@mailgaulsekalehhh) tepatnya pada hari jumat , 20 Februari 2020. Sungguh Tak ada lagi yang bisa menggantikanmu di hati kami sahabatku dan kita semua benar-benar merasakan kehilangan. Semoga kamu selalu mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan serta ketabahan dan keikhlasan selalu menyertai keluargamu dan kerabat yang ditinggalkan.. Aamiin.

Contoh 2

Assalamualaikum wr wb Bismillahirrohmanirrohim.. Berita duka yang sangat mendalam datang kepada saya subuh ini pada pukul 5 dini hatu. Innalillahi wainnailaihi rojiun, saudaraku Aruffin Bin Abdul Salam (@Aruffinuyeee) sudah meninggalkan dunia ini.

Semoga amal ibadah beliau akan  menjadi bekal di akhirat, dan dosanya baik yang disengaja maupun tidak sengaja bisa diampuni oleh Allah. Mohon doa kepada teman-teman, kerabat dan semua saudara  agar keluarga yang ditinggalkan selalu tabah dan sabar. Tolong mohon dimaafkan jika almarhum memiliki salah kepada kita semua baik yang disengaja ataupun tidak disengaja. Wassalamualaikum wr.wb

Contoh 3

Rest In Peace My lovely Friend, Telah berpulang saudaraku, sahabatku Fahmi Adam Widianto @Fahmibarusky yang selalu menemani kita saat suka dan duka, karena sakit diabetes melitus yang diderita oleh almarhum selama bertahun-tahun.

Kini kamu sudah tidak sakit dan menderita lagi kawan, Tuhan telah mengambil rasa sakit dan penderitaan itu untuk digantikan dengan kehidupan abadi di sisiNya. Semoga keluarga yang ditinggalkan selalu sabar dan ikhlas menerima keadaan ini.

Ucapan Belasungkawa Menggunakan Bahasa Jawa

Apabila kerabat dan saudara kita mayoritas tinggal dan merupakan suku Jawa maka tidak ada salahnya, bagi kita untuk mengucapkan bela sungkawa menggunakan bahasa jawa ini. Sehingga kesannya jauh le ih menghormati.

Contoh 1

Assalamu’alaikum

Kula sedoyo ngaturaken belasungkawa dateng panjenengan dipun paringaken sabar lan ikhlas dhateng gusti ingkang Agung. Mugi Mugi almarhumah saged pikantuk papan ingkang sae lan berkah wonten karsanipun gusti ingkang moho agung. Waalaikum salam

Artinya

Saya semua mengucapkan bela sungkawa kepada anda semoga bisa diberi kesabaran dan keikhlasan dari tuhan yang maha Agung. Semoga almarhumah mendapatkan tempat yang baik dan berkah yaitu di tempatnya tuhan yang maha Agung wassalamualaikum wr.wb

Contoh 2

Assalamualaikum wr wb

Nyong melu sedih krungu kaya kue. Nyong melu belasungkawa atas meninggale mas Bondan Prabowo Mugi Mugi mas Bondan ulih tempat sing lewih apik. Dosa dosane diampuni lah kabeh pahalane diterima. Wassalamualaikum wr.wb

Assalamualaikum wr wb

Aku ikut prihatin mendengar kabar ini dan mengucapkan berbelasungkawa atas meninggalnya mas Bomdan Prabowo. Semoga mas Bondan mendapatkan sebuah tempat yang jauh lebih baik. Dosa dosanya diampuni dan semua pahalanya diterima.

Ungkapan bela sungkawa ini sangat cocok untuk teman teman seumur karena menurut kaidah bahasa menggunakan bahasa ngoko yang digunakan untuk berbicara kepada teman teman seumur agar lebih sopan.

Contoh 3

Kula ucapken rasa belasungkawa, mugi-mugi njenengan dipunparingi sabar lan kuwat saking Allah SWT. Mugi Mugi sedoyo dosa saged diilanganke lan sedoyo pahala saged diterima dening gusti allah.

Saya ikut berbela sungkawa. Semoga kamu diberikan kesabaran dan kekuatan dari Allah SWT. Semoga semua dosa bisa dihilangkan dan semua pahala bisa diterima oleh Allah

Menurut Tingkatan Bahasa, Bahasa alus akan lebih baik dan sopan digunakan untuk orang yang lebih tua. Untuk menghormatinya. Namun untuk teman sebaya maupun untuk kalangan yang lebih muda anda juga bisa menggunakan bahasa ngoko agar lebih terasa persahabatannya.

Ucapan Belasungkawa di Karangan Bunga

Sebagai bentuk ucapan bela sungkawa biasanya orang orang mengirimkan karangan bunga kepada lokasi kerabat. Hal itu karena lokasi tempat meninggalnya dan lokasi kita berjauhan dan tidak mungkin untuk mendatangi secara langsung. Maka dari itu kita biasanya mewakili karangan bunga untuk bentuk penghormatan dan bela sungkawa. Kalimat kalimat yang biasa digunakan dalam karangan bunga ini yaitu.

Contoh 1

Kami segenap karyawan PT. Setiawan Sentosa Mengucapkan turut berbelasungkawa, atas meninggalnya Bapak dari Galuh Hajar, S.H. SEMOGA KELUARGA YANG DITINGGALKAN DIBERIKAN KETABAHAN

Contoh 2

Semoga selalu diberi ketabahan dan kesabaran kepada keluarga yang ditinggalkan

Dari Pimpinan PT. Setiawan Sentosa

Bapak Anggoro Nur Setiawan

Contoh 3

Innalillahi Wainnailaihi Rojiun

Turut berdukacita sedalam dalamnya

  1. Setiawan Sentosa Utama

Contoh 4

Turut Berduka Cita

Atas Meninggalnya sahabat kami Hasan Sadikin

Tunggu kami disana san. Dari Abdul

Contoh 5

Turut Bersedih Kehilanganmu

Yusuf Kunto

Semoga amal ibadahnya diterima oleh Allah

Contoh 6

Semoga amal ibadah mu menemani langkahmu

Dari Badarudin Haiti

Contoh 7

Sangat Kehilanganmu Bapak Surudin Mahmud. Semoga surga menantimu aamin

Contoh 8

Semoga amal ibadahmu menerangi langkahmu Rest In Peace My lovely Friend

Bams Prima Utama

Ucapan Belasungkawa Untuk Sahabat

Sahabat merupakan orang yang paling berarti dalam hidup kita, jika dia meninggalkan kita pasti sangat sedih yang teramat dalam oleh karena itu, kita sebagai sahabatnya sudah seharusnya untuk memberi penghormatan untuk sahabat yang kita tinggalkan dengan spesial. Berikut contoh rekomendasi yang bisa anda pilih.

Contoh 1

Assalamu’alaikum Wr Wb

Amir, Menjadikanmu lebih dari sahabatku  adalah salah satu kekuasaan besar Tuhan untuk kita , rencana dari Dia begitu hebat dan tidak terkira sebabnya telah mempertemukanMu dengan diriku ini. Terimakasih kawab sudah menjadikanku manusia hebat engkau banyak menginspirasi hidupku . Selamat jalan sahabat terbaikku dan semoga kelak kita akan bertemu lagi dalam keadaan bahagia di alam yang lebih kekal yaitu surga, Aamiin.

Contoh 2

Turut Berduka cita sedalam dalamnya , telah meninggal dunia, Amir Hamzah, sahabat terbaikku tercinta. Semoga amal baikmu selalu diterima dan kesalahan serta dosa dosamu pun bisa diampuni oleh Allah swt. Sesungguhnya yang bernyawa kelak akan meninggalkan kita semua, maka dari itu tunggu aku disana sahabatku.  Semoga kita bisa berjumpa lagi dengan bahagia di surga kelak.

Contoh 3

Innalillahi Wainnailaihi Rojiun, sahabat ku Damaryanto kini sudah kembali pulang dan bertemu dengan sang pencipta. Semoga dosamu diampuni serta amal ibadahmu menerangi langkah mu. Untuk keluarga yang engkau tinggalkan semoga senantiasa diberi ketabahan serta keikhlasan untuk menghadapi semua ini.

Contoh 4

Kawanku,

Disini doaku selalu kupanjatkan saat sakitmu dan sekarang semoga kau sudah tidak merasakan kesakitan itu lagi kawan. Penderitaanmu di dunia telah usai. Aku disini selalu memberikan doa yang terbaik untukmu setiap hari. Agar diampuni segala dosa dan kesalahanmu dan selalu diberikan kebahagiaan di atas sana. Tunggu aku diatas sana sampai kita selalu bisa  bermain bersama lagi. Semoga kau tenang dialam sana kawanku, Anton.

Ucapan Belasungkawa Kepada Rekan Bisnis

Rekan bisnis biasanya menjadi orang yang paling dekat di tempat kerja, mereka lah yang sering membantu kita ketika dalam pekerjaan, ketika mereka tiada. Kita harusnya bisa memberikan ungkapan bela sungkawa sedalam dalamnya kepada mereka karena mereka secara tidak langsung sering berjasa bagi kita.

Contoh 1

Kami segenap jajaran direksi PT. Semangat Abadi mturut berduka cita atas meninggalnya Ibu dari saudara kata Bapak Ali Bondan pada hari Sabtu , 22 Februari 2020.

Semoga Bapak dan keluarga yang ditinggalkan mendapatkan rasa ikhlas dan tabah atas apa yang telah direncanakan Tuhan. Semoga beliau dimudahkan dan dilapangkan kuburnya. Diterima amal ibadahnya. Dan dihapus segala dosa dosanya.

Contoh 2

Kami segenap karyawan dari Indomarer Sokaraja 1 ingin mengucapkan turut berduka cita sedalam sedalamnya, kepada Bapak Hasan Firdaus Suyuti , atas meninggalnya sang putra yang masih dalam kandungan. Semoga Bapak  Ibu serta keluarga yang lainnya bisa tabah sabar dan ikhlas. Bapak dan keluarga harus yakin bahwa Tuhan telah memberikan jalan terbaik untuknya agar bisa menempuh jalan surya-Nya, Aamiiin

Contoh 3

Turut berbelasungkawa atas meninggalnya Bapak Ananda Hasim suami dari Ibu Adinda Rahayu Wijayanti. Semoga amal baiknya menuntun langkahmu untuk diterima di sisi Tuhan. Semoga keluarga yang ditinggalkan senantiasa ikhlas, tabah dan sabar dalam  menerima segala kehendak yang kuasa.

Ucapan Belasungkawa Untuk Guru Sekolah

Contoh 1

Assalamu’alaikum Wr Wb

Turut berduka cita sedalam dalamnya atas meninggalnya Bapak rahmat mutholib yang merupakan Guru Biologi SMP N1 Sokaraja. Kami perwakilan dari siswa kelas 7C sangat kehilangan sosok bapak. Bapak adalah pribadi yang tangguh dan kuat. Kami banyak belajar dari bapak. Doa dan harapan kami adalah semoga bapak tenang disana. Dosa dosanya diampuni dan segala amal ibadahnya mampu mengantarkan bapak ke surga Nya kelak. Terimakasih Wassalamualaikum wr.wb

Contoh 2

Innalillahi wainnailaihi roji’un, kami turut berduka cita dan berbela sungkawa atas meninggalnya guru IPA SMAN 1 BUJUNGAPIK, yaitu Bapak Mukidi. Selama bapak mengajar, Bapak merupakan pribadi yang penyayang, perhatian dan tak kenal menyerah. Kehadiran bapak selalu memberikan energi positif untuk kami semua. Kami segenap kelas 12 Mira 2 sangat bersedih. Semoga seluruh amal dan ibadah bapak selama hidup dapat diterima disisi-Nya dan mendapatkan surga-Nya, Aaamiiin

Contoh 3

Innalillahi wainnailaihi roji’un, Kami perwakilan dari Kelas 12 Mira 2 mengucapkan bela sungkawa atas meninggalnya Ibu Jubaidah. Yang merupakan guru Agama dari Sma kami. Ibu guru telah memberikan cintanya kepada kami semua. Semoga tenang disana ibu guruku. Kami berharap kepada mereka yang ditinggalkan selalu diberi ketabahan dan keikhlasan dalam menerima ketentuan allah ini.

Contoh 4

Kami ucapkan duka cita yang sedalam dalamnya kepada bapak Abdul Mutholib selaku guru dan wali kelas kami. Bapak selalu berbuat baik kepada kami, selalu sabar dan perhatian dalam mengajar. Tatkala kami membuat bapak kesal, Bapak selalu tenang menghadapinya. Selamat jalan bapak. Tuhan mencintai bapak. Semoga amal ibadahnya diterima selalu oleh Nya dan dosa dan kesalahan bapak bisa dihapuskan karena kebaikannya.  Ketabahan dan kekuatan semoga bisa diberikan kepada keluarga yang ditinggalkan, Aamiin

Contoh 5

Innalillahi wainnailaihi roji’un, Sangat terpukul kami mendengar kabar menyedihkan atas meninggalnya guru IPS kami yaitu ibu sholihatun. Kami sangat merindukan beliau, karena beliau merupakan sosok yang penyabar, tanggung jawab, dan lembut. Kami sangat sedih mendengar kabar inu. Namun kami hanya bisa memanjatkan doa kepada yang maha kuasa agar bisa memberikan surgaNya kepada ibu sholihatun tercinta. Selamat Jalan Bu

Contoh 6

Innalillahi wainnailaihi roji’un, Telah berpulang guruku tersayang, Bapak Abdul Mutholib selaku guru Mata pelajaran mtk. Beliau merupakan guru favorit disekolah, beliau selalu memberikan kasih sayang dan cintanya kepada murid muridnya. Mendidik tidak kenal menyerah dalam mencerdaskan anak dididiknya. Kami sangat terpukul, kami doakan semoga tuhan bersama bapak. Aamin.

Ucapan Belasungkawa Untuk Murid

Murid adalah orang yang menyebabkan kita dipanggil guru. Keberadaan murid harus kita hormati seperti layaknya mereka menghormati kita. Jika suatu ketika murid terkena musibah berupa kematian. Kita harus memberi penghormatan, cara yang paling sederhana adalah dengan memberikan ucapan Bela sungkawa terhadap murid tersebut. Berikut kami telah memberikan beberapa contoh yang bisa anda gunakan dalam rekomendasi memberikan penghormatan dan duka cita pada murid.

Contoh 1

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Innalillahi wainnailaihi roji’un,

Turut berduka cita atas meninggalnya Ananda Syafii Husain, ananda merupakan siswa berprestasi yang pandai, soleh dan rajin. Mendengar kabar bahwa ananda sudah tiada rasanya sedih karena kemarin kita baru saja bertemu untuk membicarakan banyak hal. Tetapi kehendak tuhan berkata lain. Sekarang ananda sudah tenang di sana. Sebagai guru saya hanya mendoakan semoga ananda diberikan tempat terbaik disisinya, diampuni segala kesalahan dan dosa dosanya, dilapangkan kuburnya, dan selalu mendapatkan perlindunganNya aamiiin.

Contoh 2

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Innalillahi wainnailaihi roji’un,

Telah meninggal dunia anak kami yang bernama Cristiano Ronaldo. Setelah berjuang melawan penyakit kanker selama bertahun-tahun akhirnya ananda lepas dari penderitaan ini dan pulang ke tempat asalnya. Rasa kehilangan ananda membuat kita semua beduka cita. Semoga ananda selalu mendapatkan ketenangan, dilapangkan kuburnya dan dimudahkan mendapatkan surgaNya. Doa yang terbaik untuk ananda akan Kami berikan selalu. Wassalamualaikum wr.wb

Contoh 3

Assalamualaikum wr wb

Turut berduka cita sedalam dalamnya atas meninggalnya Aulia Ramadhan kelas 12 Mipa 2 pada hari ini pukul 2 WIB. Di kediamannya di jalan sokawera, mangunoraja, Bakalan. Setelah berjuang bertahun-tahun melawan penyakit yang dideritanya. Semoga ananda  selalu diberikan kalapangan kubur dan dijauh kam dari api neraka. Ketabahan dan kesabaran semoga Tuhan berikan kepada seluruh anggota keluarga yang ditinggalkan, Aaamiiin

Contoh 4

Innalillahi wainnailaihi roji’un

Telah berpulang anak didikku, Ahmad Raih dari kelas 7 B dikarenakan bencana kecelakaan yang menimpanya. Ahmad dikenal sebagai pribadi yang rajin, cerdas, dan berkarakter. Kami sangat bangga pernah mengajar saudara ahmad. Namun kini telah tiada, semoga saudara ahmad selalu dilimpahkan berkah dah syafaatnya. Semoga dosa dosa dan kesalahan baik disengaja maupun tidak disengaja segera diampuni Oleh Nya. Dan pahala kebaikannya bisa diterima sebagai jalan menuju surgaNya. Semoga selalu tabah untuk bapak ibu dan keluarga yang ditinggalkannya. Wassalamualaikum

Contoh 5

Innalillahi wainnailaihi roji’un, mendengar kabar menyedihkan datang dari Saudara Taufiq Efendi yang merupakan siswa kelas 12 Mipa 3 telah meninggal dunia. Kemarin sore pukul 19.00 di rumah sakit cipta Mangun Praja. Setelah berjuang melawan penyakitmya, Saudara Taufiq harus menyerah dan berpulang pada nya. Saudara Taufiq merupakan orang yang rajin, baik dan siswa yang cerdas. Dia juga jarang melakukan kenakalan kenakalan. Kami disini hanya bisa mendoakan yang terbaik untuk saudara Taufiq. Semoga diberikan kalapangan kubur. Diterima segala amal amal nya dan dijauhkan dari siksa api neraka.

Belasungkawa Bahasa Inggris

Contoh 1

Grieve deeply, has died, my friend.  my best friend that I love the most.  Hopefully your good deeds are always accepted and your sins and mistakes can also be forgiven by Allah.  Surely the one who lives will leave us all, therefore wait for me there my friend.  Hopefully we can meet again happily in heaven someday.

Turut Berduka cita sedalam dalamnya , telah meninggal dunia, Sahabatku. sahabat terbaikku yang paling ku cinta . Semoga amal baikmu selalu diterima dan kesalahan serta dosa dosamu pun bisa diampuni oleh Allah swt. Sesungguhnya yang bernyawa kelak akan meninggalkan kita semua, maka dari itu tunggu aku disana sahabatku.  Semoga kita bisa berjumpa lagi dengan bahagia di surga kelak.

Contoh 2

Innalillahi Wainnailaihi Rojiun, my best friend has now died and met God.  May your sins be forgiven and your deeds light up your steps.  For the family that you leave, hopefully, you will always be endowed with sincerity and sincerity.

Believe that God will always be there and with his servant who is always patient and willing to accept all the provisions.

Innalillahi Wainnailaihi Rojiun, sahabat terbaikku kini sudah meninggal dan bertemu dengan tuhan. Semoga dosamu diampuni serta amal ibadahmu menerangi langkah mu. Untuk keluarga yang engkau tinggalkan semoga senantiasa diberi ketabahan serta keikhlasan.

Yakinlah Bahwa Allah selalu ada bersama hamba yang bisa ikhlas dan sabat dalam menerima takdir yang telah ditentukan-Nya.

Contoh 3

We say our deepest condolences to Mr. Abdul Mutholib as our teacher and homeroom teacher.  You always do good to us, always be patient and considerate in teaching.  When we upset you, you always calmly deal with it.  Goodbye sir.  God loves you.  Hopefully his acts of worship are always accepted by Him and your sins and mistakes can be erased because of his kindness.  For families who are left behind, hopefully, will always be given fortitude and strength.  Amen

Kami ucapkan duka cita yang sedalam dalamnya kepada bapak Abdul Mutholib selaku guru dan wali kelas kami. Bapak selalu berbuat baik kepada kami, selalu sabar dan perhatian dalam mengajar. Tatkala kami membuat bapak kesal, Bapak selalu tenang menghadapinya. Selamat jalan bapak. Tuhan mencintai bapak. Semoga amal ibadahnya diterima selalu oleh Nya dan dosa dan kesalahan bapak bisa dihapuskan karena kebaikannya.  Ketabahan dan kekuatan semoga selalu diberikan untuk keluarga yang ditinggalkan, Aamiin

Contoh 4

Kawanku,

Disini doaku selalu kupanjatkan saat sakitmu dan sekarang semoga kau sudah tidak merasakan kesakitan itu lagi kawan. Penderitaanmu di dunia telah usai. Aku disini selalu memberikan doa yang terbaik untukmu setiap hari.. Agar diampuni segala dosa dan kesalahanmu dan selalu diberikan kebahagiaan di atas sana. Tunggu aku diatas sana sampai kita selalu bisa  bermain bersama lagi. Semoga kau tenang dialam sana kawanku, Anton.

My friend,

I always pray for you when you are sick and happy.  Hopefully you don’t feel pain anymore, friend.  Your suffering in the world is over.  I will always pray for the best for you.  In order to be forgiven of all your sins and mistakes and always be given happiness up there.  Wait for me up there until we can always play together again.  Rest In Peace, my best friend, Anton.