Harian Nusantara

Pentingnya Surat Keterangan Dalam Birokrasi

surat 34 View

Surat keterangan merupakan surat resmi yang dibuat ataupun dikeluarkan oleh sebuah perusahaan, instansi ataupun lembaga untuk keperluan tertentu. Adapun salah satu kegunaan surat keterangan adalah untuk administrasi dunia kerja ataupun administrasi kependudukan. Maka tidak heran jika surat yang satu ini sering ditemui dalam berbagai kesempatan ataupun kegiatan tertentu.

Surat keterangan juga memiliki fungsi untuk memberikan dukungan moral bagi pihak yang diterangkan, bisa juga berfungsi sebagai sarana untuk menyampaikan informasi kepada pihak yang diterangkan  serta berfungsi juga sebagai saran penyampaian keterangan penting untuk pihak terkait.

Ada beberapa kaidah ataupun bagian yang ada pada surat keterangan seperti kop surat resmi yang disertai dengan alamat serta terdapat kata petunjuk berupa SURAT KETERANGAN dengan menggunakan huruf kapital yang dilengkapi dengan nomor surat dibawahnya.

Loading...

Sedangkan pada bagian isi surat keterangan berisi pernyataan yang dituliskan oleh pihak yang menerangkan kepada pihak yang diterangkan. Untuk lebih jelasnya lagi mengenai penulisan surat keterangan ada baiknya untuk menyimak beberapa contoh surat keterangan dibawah ini.

Contoh Surat Keterangan Kerja

Surat keterangan kerja merupakan surat yang menerangkan bahwa pihak terkait dalam hal ini karyawan sebuah perusahaan atau instansi memang telah bekerja di perusahaan atau instansi tersebut.

Surat yang satu ini termasuk surat resmi yang bersifat penting. Karena surat keterangan kerja termasuk surat yang resmi dan penting, maka dalam mengeluarkan surat keterangan kerja harus dilegalisasi dengan membubuhkan tanda tangan dari pihak yang berwenang seperti Manajer HRD ataupun Manajer Divisi serta cap resmi perusahaan.

Surat keterangan pekerjaan juga memiliki pengaruh yang besar khususnya ketika pemegang surat keterangan ini ingin melamar di sebuah instansi atau perusahaan tertentu.

Hal itu karena dengan surat keterangan kerja yang dimilikinya dapat dijadikan rekomendasi sebuah instansi ataupun perusahaan sebelum memutuskan untuk menerimanya sebagai karyawan.

Surat Keterangan Kerja Karyawan Rumah Sakit

SURAT KETERANGAN

Nomor : 03/RSMS-PWT/IX/2019

 

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama    : dr. Ajeng Putri, Sp.M

Alamat  : Puri Kenanga Blok A2, KarangLaut, Semarang

Jabatan : Direktur Utama Rumah Sakit Mata Semarang

 

Dengan menerangkan bahwa :

Nama    : Sudibyo Cahyo

Alamat  : Jl. Malaka No.12, Ngadem, Semarang

Jabatan : Perawat

 

Adalah benar karyawan Rumah Sakit Mata Semarang. Karyawan tersebut mulai bekerja sejak 20 Februari 2018.

 

Demikian surat keterangan kerja ini dibuat dengan data dan fakta sebenarnya yang dapat digunakan sebagaimana mestinya sesuai kebutuhan yang besangkutan diatas. Kami ucapkan terima kasih atas perhatiannnya.

Semarang, 13 Juni 2019

Direktur

 

Dr. Ajeng Putri, Sp.M

Surat Keterangan Kerja Karyawan Perusahaan Swasta

SURAT KETERANGAN KERJA

Nomor : 243/HRD/IX/2019

 

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                   : Basuki

Jabatan                : Direktur Utama PT.Menggapai Mimpi

Alamat                 : Jl. Perintis No.124 Karangrejo, Yoyakarta

 

Dengan ini menyatakan bahwa :

Nama                   : Yanto Haryanto

Jabatan                : Manager Marketing

Alamat                 : Jl.Cendrawasih No.54 Karanganyar, Yogyakarta

 

Bahwasanya yang bersangkutan memang benar-benar menjadi karyawan PT. Menggapai Mimpi sejak tanggal 09 September 2015. Yang mana sampai saat ini masih menjabat sebagai manager marketing di perusahaan kami.

 

Dengan surat ini diharapkan dapat menerangkan dengan sebenar-benarnya bahwa yang bersangkutan masih bekerja atau menjadi karyawan di PT. Menggapai Mimpi.

 

Demikian surat keterangan kerja ini dibuat dengan data dan fakta sebenarnya yang dapat digunakan sebagaimana mestinya sesuai kebutuhan yang besangkutan diatas. Kami ucapkan terima kasih atas perhatiannnya.

 

Yogyakarta, 23 September 2019

Direktur

 

Basuki

Surat Keterangan Kerja Untuk Pembuatan Rekening

SURAT KETERANGAN KERJA

Nomor : 352/HRD/VIII/2019

 

Yang bertanda tangan dibawah ini, Manager Divisi Sumber Daya Manusia PT. Sumber Barokah, menerangkan dengan sesungguhnya bahwa :

Nama                   : Bangun Raharja

NIK                        : 3902321

Jabatan/Divisi     : Staf Marketing

Alamat                 : Jl. Sukamulyo No.89 Cimahi, Bandung

 

Adalah karyawan PT. Sumber Barokah, yang telah bekerja sejak tangga; 13 November 2015 hingga saat ini.

 

Demikian surat keterangan kerja ini dibuat dengan data dan fakta sebenarnya yang dapat digunakan sebagaimana mestinya sebagai sebagai dokumen pendukung saat mengajukan permohonan pembuatan rekening di Bank BRI.

 

Bandung, 25 Agustus 2019

Manager Divisi SDM PT. Sumber Barokah

 

 

Adi Permana

Contoh Surat Keterangan Penghasilan

Bagi kalian yang sudah bekerja mungkin tidak asing dengan surat keterangan penghasilan. Dimana surat keterangan penghasilan merupakan surat formal yang dikeluarkan oleh instansi ataupun lembaga yang berwenang untuk memberikan keterangan secara rinci mengenai jumlah penghasilan karyawan atau pegawai setiap bulannya.

Adapun beberapa manfaat dengan adanya surat keterangan penghasilan antara lain digunakan untuk melamar pekerjaan, mendapatkan beasiswa, melakukan pinjaman ke pihak bank serta bisa juga digunakan untuk membuat visa.

Surat keterangan penghasilan sendiri terdiri dari beberapa informasi penting seperti nama lengkap, jabatan di perusahaan tersebut hingga alamat rumah. Namun data terpenting yang ada didalam surat keterangan penghasilan adalah data penghasilan karyawan setiap bulannya.

Surat Keterangan Penghasilan Karyawan Perusahaan

SURAT KETERANGAN PENGHASILAN

Nomor : 09/HRD-FINANCE/IV/2019

 

Yang bertanda tangan dibawah ini :

 

Nama    : Bayu Hidayat, S.E.

Jabatan : Manager HRD & Finance PT Makmur Sentosa

Alamat  : Jln. Sehat No.80 Kembangan, Lampung

 

Menerangkan dengan sebenar-benarnya bahwa :

 

Nama    : Ihsan Kurnia, S.E.

Jabatan : Manager Pelayanan

Alamat  : Jln. Melayu No.34 Kembangan, Lampung

 

Sesuai dengan data kepegawaian dan keuangan perusahaan kami, yang bersangkutan diatas memiliki rincian penghasilan sebagai berikut :

 

Gaji Pokok                          : Rp.1.940.000,-

Tunjangan harian             : Rp. 810.000,- (dalam sebulan)

Tunjangan Trnasportasi  : Rp. 350.000,- (dalam sebulan)

 

Sehingga penghasilan yang diterima dalam satu bulan berjumlah minimal Rp. 3.450.000,- (tiga juta empat ratus lima puluh ribu rupiah)

 

Demikian surat keterangan ini dibuat, semoga dapat digunakan sebagaimana mestinya.

 

Lampung, 5 April 2019

 

 

Bayu Hidayat. S.E,

Manager HRD & Finance

Contoh Surat Keterangan Pengalaman Kerja

Surat keterangan pengalaman kerja adalah surat resmi yang biasanya akan diterima oleh karyawan ataupun pegawai yang mengundurkan diri secara baik-baik dari sebuah instansi ataupun perusahaan.

Surat yang satu ini bisa dibilang sebagai surat sakti jika digunakan untuk melamar pekerjaan di perusahaan ataupun instansi lainnnya. Pasalnya dengan adanya surat keterangan pengalaman kerja, tentu hal itu dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi sebuah instansi ataupun perusahaan tertentu ketika memutuskan untuk menerima orang tersebut sebagai karyawan.

Ada isi dari surat keterangan kerja meliputi lama waktu bekerja hingga sikap serta perilaku orang tersebut selama bekerja di perusahaan tersebut.

Surat Keterangan Kerja Sebagai Manager

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA

Nomor : 09/HRD/X/2019

Yang bertanda tangan dibawah ini :

 

Nama    : Febri Setiawan S.T

Jabatan : Direktur PT. Nori Anima Technology

 

Menerangkan dengan sesungguh-sungguhnya bahwa yang bersangkutan dibawah ini :

 

Nama    : Andre Kurnia S.Kom

Alamat  : Jl. Maju No.32 Sumber Jaya, Lampung

 

Benar telah bekerja pada perusahaan yang kami pimpin terhitung sejak 10 Maret 2017

sampai dengan 01 September 2019 dengan jabatan sebagai Manager Information Technology.

 

Selama menjadi karyawan di PT. Nori Anima Technology, saudara Andre Kurnia telah menunjukan loyalitas dan dedikasi yang tinggi terhadap perusahaan kami dan selama bekerja tidak pernah melakukan hal-hal yang merugikan dan melanggar aturan dari perusahaan. Dimana yang bersangkutan mengundurkan diri atas kemauannnya sendiri dari PT. Nori Anima Technology.

 

Kami berharap dan mengucapkan terimakasih kepada saudara Andre Kurnia S.Kom, semoga yang bersangkutan dapat lebih sukses dimasa yang akan datang di tempat kerja yang baru.

 

Demikian surat keterangan kerja ini dibuat dengan data dan fakta sebenarnya yang dapat digunakan sebagaimana mestinya sesuai kebutuhan yang besangkutan diatas. Kami ucapkan terima kasih atas perhatiannnya.

 

Lampung, 10 Oktober 2019

 

 

Febri Setiawan, S.T

Direktur

 

Contoh Surat Keterangan Domisili Perusahaan

Surat keterangan domisili perusahaan adalah surat resmi yang dikeluarkan oleh aparat desa yang berwenang dari mulai ketua RT, RW, hingga kepala desa. Dimana surat keterangan domisili perusahaan ini digunakan untuk menerangkan status ataupun alamat dari sebuah perusahaan tertentu.

Surat yang satu ini memiliki peran yang penting bagi kalian yang baru mulai mendirikan sebuah perusahaan. Pasalnya surat ini bisa digunakan untuk mengurus berbagai surat perizinan perusahaan seperti Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) hingga mengurus NPWP perusahaan.

Adapun informasi yang terkandung didalam surat kterangan domisili perusahaan antara lain nama pemilik perusahaan, nama persuhaan, jeins perusahaan hingga alamat perusahaan.

Surat Keterangan Domisili Perusahaan

SURAT KETERANGAN DOMISILI PERUSAHAAN

Nomor : 902/PLK/XII/2019

 

Yang bertanda tangan dibawah ini  Kepala Kelurahan Beringin Hijau Kecamatan Kemuncang Kota Palangkaraya dengan ini menyatakan bahwa :

 

Nama                                                 : Subagyo

Tempat / Tanggal Lahir                 : Palangkaraya, 07-09-1966

Jenis Kelamin                                    : Laki-laki

Agama / Kewarganegaraan          : Islam / Indonesia

NIK                                                      : 190839010920019

Pekerjaan                                          : Wiraswasta

Alamat tempat tinggal                   : Jl. Serayu No.109 Kelurahan Madukerso Kec. Teluk Lebah, Palangkaraya

 

Benar saat ini membuka/mempunyai usaha sebagai berikut :

 

Nama perusahaan                           : CV. MANDIRI SEJAHTERA

Jenis usaha                                       : Pengadaan barang dan jasa pembangunan rumah

Alamat usaha                                   : Jl. Marosebelah No.23 RT.09 RW.10 Kelurahan Beringin Hijau Kec.Kemuncang Kota Pangkaraya

No. telepon perusahaan                : 0738-890345 / 08190039829

Status bangunan                             : Milik sendiri

Nomor akta pendirian usaha       : Nomor : 12 tanggal 08-10-2017

SK pengesahan kehakiman           : –

Penanggung Jawab                         : Subagyo

 

Demikianlah surat keterangan ini dibuat, untuk digunakan sebagai persyaratan membuka rekening bank dan membuat NPWP perusahaan.

 

Palangkaraya, 13 Desember 2019

 

Kepala Kelurahan Beringin Hijau

 

Drs. Jauhari

NIP.023920329

 

Contoh Surat Keterangan Sehat

Surat keterangan sehat merupakan surat khusus yang dikeluarkan oleh dokter yang sudah memiliki izin praktek baik di puskesmas ataupun rumah sakit. Dimana didalam surat keterangan sehat berisi informasi yang menyatakan bahwa sesorang yang bersangkutan benar-benar sehat atau tidak sedang tidak menderita penyakit tertentu.

Dalam mengeluarkan surat keterangan sehat, dokter dituntut harus jujur dalam memeriksa ataupun memberikan informasi kesehatan kepada pasiennya. Surat keterangan sehat sendiri memiliki banyak kegunaan salah satunya adalah untuk melamar pekerjaan.

Selain itu surat keterangan sehat juga bisa digunakan untuk membuat asuransi ataupun menabung di sebuah bank.

Surat Keterangan Sehat Dari Puskesmas

SURAT KETERANGAN SEHAT

Nomor : 443/38/PKM/X/2019

 

Dengan ini saya menerangkan bahwa :

Nama                   : Anastasya Putri

Umur                    : 23 tahun

Pekerjaan            : –

Alamat                 : Jl.Durian No.45 Desa Singaraja Kec. Jatayu

 

Pada pemeriksaan saya hari ini menyatakan dalam keadaan SEHAT

Untuk keperluan : Melamar pekerjaan

 

Berat badan        : 50 kg

Tinggi badan       : 168 cm

TD                         : 120/60 mmHg

GD                        : –

 

Jatayu, 12 Oktober 2019

Yang memeriksa

 

 

Mamat Surahmat .AMK.S.IP

NIP.90939092001

 

Contoh Surat Keterangan Dokter Ketika Sakit

Surat keterangan dokter ketika sakit adalah surat resmi yang dibuat ataupun dikeluarkan oleh dokter yang sudah memiliki izin praktek. Surat ini merupakan surat resmi, dimana didalam pembuatannya tidak boleh dilakukan sembarangan.

Sehingga dokter harus memberikan informasi yang sesuai dengan hasil pemeriksaan yang sudah dilakukan tanpa merubah ataupun memanipulasi data pasien tersebut. Dalam surat keterangan dokter senidiri ada beberapa informasi penting yang tercantum didalamnya seperti nama pasien , umur, hingga informasi mengenai berapa lama pasien tersebut harus dirawat ataupun beristirahat.

Surat Keterangan Dokter Ketika Sakit

SURAT KETERANGAN DOKTER

Dengan ini saya menerangkan bahwa :

 

Nama                   : Anjas Pradana

Jenis Kelamin      : Laki-laki

Tgl.Lahir              : 13 September 1999

Pekerjaan            : Pelajar

Alamat                 : Jl. Margonda Raya No.12 Kelurahan Kamboja Kec.Jatiasih Jakarta

 

Berdasarkan hasil pemeriksaan yang telah dilakukan, pasien tersebut dalam keadaan sakit. Sehingga perlu beristirahat selama 2 hari dari tanggal 12 Maret 2019 sampai 14 Maret 2019.

 

Demikian surat keterangan kerja ini dibuat dengan data dan fakta sebenarnya yang dapat digunakan sebagaimana mestinya sesuai kebutuhan yang besangkutan diatas. Kami ucapkan terima kasih atas perhatiannnya.

 

Jakarta 12 Maret 2019

Dokter

 

 

Aziz Bima

 

Contoh Surat Keterangan Kelahiran

Surat yang satu ini biasanya dikeluarkan oleh aparat desa yang berwenang seperti kepala desa yang menjelaskan mengenai kelahiran seorang bayi. Dimana didalam surat keterangan kelahiran berisi informasi yang menjelaskan tentang waktu kelahiran bayi hingga jenis kelamin bayi.

Selain itu didalam surat keterangan kelahiran juga terdapat informasi mengenai orang tua bayi tersebut seperti nama hingga usia serta mencantumkan informasi bidan ataupun dokter yang membantu persalinan.

Adapun fungsi dibuatnya surat keterangan kelahiran itu sendiri bermacam-macam antara lain untuk pembuatan akta kelahiran hingga mendaftarkan anak ke sekolah.

Surat Keterangan Kelahiran

SURAT KETERANGAN KELAHIRAN

Nomor : 25/KETKEL/M/VII/2019

 

Yang bertanda tangan dibawah ini Mawar Bidan pada Dinas Kesehatan Kota Batu Malang, denga ini menerangkan bahwa :

 

Nama                   : Maurisia Putri

Umur                   : 27 tahun

Nama Suami       : Yusup Amin

Pekerjaan            : Swasta

Tempat Tinggal : Kota Batu Malang

 

Benar yang namanya tersebut diatas telah melahirkan seorang anak dengan selamat pada :

 

Hari/tanggal       : Sabtu / 20 Juli 2019

Jam                       : 14.00

Jenis Kelamin      : Laki-laki

 

Anak tersebut adalah anak pertama diberi nama :

Mahmud Lukas

 

Demikianlah surat keterangan ini dibuat dengan sebenar-benarnya agar dapat dipergunakan seperlunya.

 

Malang, 27 Juli 2019

Bidan Penolong

 

Mawar

 

Contoh Surat Keterangan Kematian

Surat keterangan kematian sendiri hampir sama dengan surat keteranagan kelahiran . Dimana kedua surat keteranagan tersebut dikelaurkan oleh aparat desa yang berwenang. Surat keterangan kematian sendiri memiliki beberapa kegunaan antara lain untuk mengurus penetapan ahli waris, mengurus pensiunan hingga untuk melakukan klaim asusransi.

Dengan adanya surat keterangan kematian maka hal itu bisa dijadikan cara untuk mencegah data-data orang yang meninggal disalahgunakan oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab. Adapun informasi yang adadidalam surat keterangan kematian meliputi nama orang yang meninggal, tanggal lahir, pekerjaan, agama, waktu kematian hingga tempat pemakamannya.

Surat Keterangan Kematian

SURAT KETERANGAN KEMATIAN

Nomor : 234/BKK/VIII/2019

 

Yang bertanda tangan di bawah ini Ketua RT.11 Desa Moroseneng Kecamatan Batu Kabupaten Malang menerangkan bahwa :

 

Nama                                  : Sapeno

Tempat/Tgl Lahir              : Malang, 30 Desember 1950

Pekerjaan                           : Petani

Agama                                : Islam

Alamat                                : Desa Moroseneng RT.11 RW .10 Kec.Batu Kab.Malang

 

Telah meninggal dunia pada :

 

Hari/tanggal       : Senin 13 Januari 2019

Pukul                    : 19.00 WIB

Tempat                : Desa Moroseneng RT.11 RW .10 Kec.Batu Kab.Malang

Dimakamkan di : TPU Moroseneng

 

Demikian surat keterangan kematian ini dibuat dengan sebenar-benarnya agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

 

Malang, 20 Januari 2019

Mengetahui,

Ketua RW 10                                                                                                                              Ketua RT 11

 

Bagyo                                                                                                                                           Sukirno

 

Contoh Surat Keterangan Aktif Kuliah

Surat keterangan aktif kuliah merupakan surat resmi yang dikeluarkan oleh pihak kampus ataupun universitas. Dimana surat keterangan aktif kuliah berisi informasi yang menerangkan bahwa seseorang masih tercatat sebagai mahasiswa aktif di kampus ataupun universitas tersebut.

Dimana surat keterangan aktif kuliah biasanya digunakan untuk melakukan kegiatan di luar universitas ataupun kampus. Isi dari surat keterangan aktif kuliah sendiri meliputi nama mahasiswa, NIM, prodi hingga informasi jurusan mahasiswa tersebut.

Surat Keterangan Aktif Kuliah

SURAT KETERANGAN AKTIF KULIAH

Nomor : 254/USM/XII/2019

 

Yang bertanda tangan dibawah ini Dekan Fakultas Teknik Informatika Universitas Sentosa Malang, menerangkan bahwa mahasiswa yang tercantum namanya dibawah ini :

 

Nama                                  : Alfred Gunawan

Tempat/Tgl.lahir               : Malang, 13 November 1999

NIM                                     : 3402901

Prodi                                    : S1 Teknik Informatika

Jurusan                               : Teknik Informatika

 

Adalah benar-benar terdaftar sebagai mahasiswa pada Jurusan Teknik Informatika di Universitas Sentosa Malang dan aktif mengikuti perkualiahan.

 

Demikian surat keterangan kerja ini dibuat dengan data dan fakta sebenarnya yang dapat digunakan sebagaimana mestinya sesuai kebutuhan yang besangkutan diatas. Kami ucapkan terima kasih atas perhatiannnya.

 

Malang, 13 Desember 2019

Dekan

 

 

Drs. Budi M.Pd

NIP.239029201

 

Contoh Surat Keterangan Bebas Narkoba

Surat keterangan bebas narkoba merupakan surat resmi yang dikeluarkan oleh rumah sakit ataupun instansi kesehatan lain yang berwenang. Dimana surat keterangan bebas narkoba berisi mengenai informasi ataupun keterangan bahwa yang bersangkutan bersih dari narkoba atau dengan kata lain yang bersangkutan terbebas dari narkoba.

Untuk bisa mendapatkan surat keterangan bebas narkoba, setiap orang tentu akan melakukan serangkaian pemeriksaan terlebih dahulu. Pemeriksaan tersebut meliputi pemeriksaan tekanan darah hingga pemeriksaan urin.

Surat yang satu ini biasanya digunakan untuk berbagai kepentingan salah satunya adalah untuk melamar pekerjaan dengan begitu perusahaan dapat mengetahui apakah pelamar pekerjaan di instansi ataupun perusahaan termasuk pengguna narkoba atau bukan.

Surat Keterangan Bebas Narkoba

SURAT KETERANGAN BEBAS NARKOBA

Nomor : 432/RSUD/VII/2019

 

Yang bertanda tangan dibawah ini Dr. Reni Wulandari, M.Kes adalah dokter yang bertugas di RSUD kota Medan, dalam hal ini menjalankan tugas dengan mengingat sumpah yang telah diucapkan waktu menerima jabatan menerangkan bahwa ia telah memriksa dengan teliti kepada :

 

Nama                                  : Melati Dewi

Tempat/Tgl.lahir               : Medan, 13 November 1998

Jenis Kelamin                     : Perempuan

Alamat                                : Jl. Berlian No.19 RT.12 RW.02, Muara Baru, Medan

 

Setelah yang bersangkutan diperiksa, dinyatakan pada saat ini tidak menggunakan narkoba, psikotropika, prekusor dan zat adiktif lainnya.

Surat keterangan ini diberikan untuk kelengkapan berkas pendaftaran calon karyawan PT. Bumi Semesta.

 

Demikian surat keterangan kerja ini dibuat dengan data dan fakta sebenarnya yang dapat digunakan sebagaimana mestinya sesuai kebutuhan yang besangkutan diatas. Kami ucapkan terima kasih atas perhatiannnya.

 

Medan, 10 Juli 2019

Dokter Penganggung Jawab

 

 

Dr. Reni Wulandari, M.Kes

NIP.203429402909

 

Contoh Surat Keterangan Catatan Sipil

Dengan keterbatasan blanko E-KTP tentu banyak warga yang belum memiliki E-KTP walaupun sudah melakukan perekaman data E-KTP di kantor DISDUKCAPIL. Dengan adanya kendala tersebut maka pihak instansi pemertintahan yang berwenang, dalam hal ini DISDUKCAPIL mengeluarkan surat keterangan catatan sipil.

Dimana surat keterangan catatan sipil tersebut memiliki fungsi yang sama dengan E-KTP selama E-KTP belum jadi. Namun surat keteranagn catatan sipil hanya berlaku selama 6 bulan sejak dikeluarkan oleh DISDUKCAPIL.

Adapun isi dari surat keterangan catatan sipil meliputi informasi penting seperti nama, alamat, jenis kelamin hingga lamat pemilik kartu keterangan catatan sipil.

Surat Keterangan Catatan Sipil

Surat Keterangan Catatan Sipil

Nomor : 430/1290/DUK

 

Yang bertanda tangan dibawah ini :

 

Nama                   : Drs. Bambang Hermanto

NIP                        : 290390190013

Jabatan                : Kepala Bidang Kependudukan

 

Menerangkan bahwa :

 

NIK                                       : 1901291039130

Nama                                  : Sulis Pratiwi

Tempat/Tgl.lahir               : Pekanraya, 23 Maret 1999

Jenis Kelamin                     : Perempuan

Alamat                                : Jl. Bercahaya No.35

RT/RW                 : 02/05

Kel/Desa              : Rambutan Kulon

Kecamatan          : Duko

Agama                                : Islam

Status Perkawinan           : Belum Kawin

Pekerjaan                           : Pelajar/Mahasiswa

Kewarganegaraan            : Indonesia

 

Penduduk tersebut diatas benar-benar sudah melakukan perekaman E-KTP dan penduduk yang bersangkutan telah terdata dalam database kependudukan kabupaten Madukismo.

 

Demikian surat keterangan ini kami buat sebagai pengganti E-KTP, untuk dipergunakan sebagai persyaratan untuk melamar pekerjaan dan kepada yang berkepentingan agar menjadi maklum.

 

Surat keterangan ini memiliki masa berlaku selama 6 (enam) bulan sejak diterbitkan.

 

Madukismo, 13 November 2019

Kepala Dinas Kependudukan Dan

Catatan Sipil Kabupaten Madukismo

Kabid Kependudukan

 

 

 

Drs. Bambang Hermanto

NIP. 290390190013

 

Contoh Surat Keterangan Lulus

Surat keterangan lulus merupakan surat resmi yang dikeluarkan oleh instansi ataupun lembaga pendidikan yang menerangkan bahwa yang bersangkutan ataupun nama siswa/siswi yang tercantum didalam surat keterangan lulus telah dinyatakan lulus dari instansi ataupun lembaga pendidikan tersebut.

Dimana surat keterangan lulus ini biasanya dikeluarkan oleh lembaga pendidikan sebagai bukti bahwa siswa/siswi tersebut sudah lulus dan tinggal menunggu ijazah kelulusan yang dikeluarkan oleh instansi ataupun lembaga pendidikan.

Surat keterangan lulus sendiri biasanya digunakan untuk keperluan melamar pekerjaan bagi lulusan SMA atau perguruan tinggi. Selain itu surat keterangan juga berguna untuk mendaftar ataupun melanjutkan sekolah ke jenjnag yang lebih tinggi misalnya dari SMP ingin mendaftar ke SMA taupun SMK.

Surat Keterangan Lulus Perkuliahan

SURAT KETERANGAN LULUS

Nomor : 05/UMS/PP.08/X/2019

 

Dekan Fakultas Manajemen Informatika UMS Surakarta, menerangkan dengan sebenar-benarnya bahwa :

 

Nama                   : Maulidia Putri

NIM                      : 20989302

Fakultas               : Manajemen Informatika

Prodi                     : Teknik Informatika

Telah dinyatakan lulus berdasarkan keputusan rapat yudisium yang diselenggarakan pada tanggal 15 Juni 2019.

 

Demikian surat keterangan kerja ini dibuat dengan data dan fakta sebenarnya yang dapat digunakan sebagaimana mestinya sesuai kebutuhan yang besangkutan diatas. Kami ucapkan terima kasih atas perhatiannnya.

 

Surakarta, 18 Juli 2019

Dekan,

 

 

Ari Maryadi, S.T. M.T

Surat Keterangan Lulus SMA/SMK

SURAT KETERANGAN LULUS

Nomor : 034/SKL-BS/DP/III/2019

 

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                   : Drs. Martin Sudibjo

Jabatan                : Kepala Sekolah SMA Satria

Alamat                 : Jl.Tikung Kanan No.45 Kec.Dadakan Kab.Lamongan Timur

 

Dengan ini menerangkan bahwa :

Nama                                  : Andri Subandri

Tempat/Tgl lahir               : Jakarta, 26 Jauari 2001

Sekolah Asal                      : SMA Satria

NIS                                       : 3902

NISN                                    : 342021

Nomor Peserta                 : 90

 

Telah mengikuti Ujian Nasional Tahun ajaran 2018/2019, berdasarkan hasil penilaian dan kriteria dari sekolahan bahwa nama yang tersebut diatas dinyatakan LULUS.

 

Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sebenar-benarnya untuk dapat dipergunakan dengan sebagaimana mestinya.

 

Lamongan Timur, 14 Mei 2019

Kepala Sekolah SMA Satria

 

 

Drs. Martin Sudibjo

NIP.938992893012

Copyright 2016 - 2019