Harian Nusantara

Pengertian dan Contoh Surat Cinta

surat 63 View

Surat cinta merupakan salah satu medium yang digunakan untuk menyatakan perasaan kepada seseorang yang di cinta. Mungkin di zaman sekarang surat cinta tidaklah mainstream. Sebab, untuk menyatakan cinta di zaman ini bisa melalui ponsel android dengan cara mengirim pesan mesra melalui whatapps, line dan aplikasi chat semacamnya. Namun dahulu surat cinta adalah pilihan utama bagi orang yang sedang kasmaran untuk mengatakan perasaan di hati.

Surat cinta bisa di temukan pada buku-buku semisal novel dan semacamnya yang di dalam alur cerita dari novel tersebut terdapat ungkapan cinta melalui surat. Contoh novel yang menyajikan surat cinta di dalamnya adalah novel Dilan 1990. Di dalam novel tersebut tokoh dilan sering mengirim surat cinta kepada Miliea. Selain di buku, surat cinta juga mudah di temukan pada website atau situs-situs serupa. Seperti halnya beberapa contoh surat cinta yang akan kami sajikan pada artikel kali ini.

Pengertian Surat Cinta

Secara kata sendiri, surat cinta mudah di artikan sebagai sebuah surat yang berisi pernyataan cinta. Di dalam surat tersebut, orang yang menulis surat menyatakan perasaan yang ada di hatinya. Biasanya dengan untaian kalimat-kalimat yang indah dan mesra sehingga orang yang menerima surat tersebut akan merasa senang dan pipinya memerah ketika membaca surat cinta tersebut.

Loading...

Memang pada umumnya surat cinta di tulis dan ditujukan untuk pria atau wanita yang di cintai oleh orang yang menulis surat cinta tersebut. Semisal pria A mencintai wanita B atau wanita B mencintai pria A dan mengungkapkan cinta yang mereka rasakan melalui medium surat cinta. Surat cinta lebih familiar bagi orang-orang zaman dahulu sebelum teknologi semaju dan canggih seperti masa kini.

Surat cinta sebenarnya bisa di tujukan untuk siapa saja tidak hanya untuk pacar atau kekasih. Semisal membuat surat cinta untuk orang tua, sahabat, saudara atau untuk presiden sekalipun. Memang surat tidak begitu hype untuk sekarang, namun mengungkapkan rasa cinta dengan menggunakan medium surat akan jauh lebih berkesan dan tidak biasa seperti hal lumrah di zaman ini. Mungkin kamu bisa coba menulis surat cinta untuk orang yang kamu sayang dan lihat bagaimana reaksi orang tersebut ketika menerima dan membaca surat cinta yang kamu tuliskan.

Kenapa Harus Surat Cinta?

Mungkin pertanyaan diatas bila di tanyakan kepada kakek atau nenek, ibu atau bapak kita pada masa itu, mereka akan mudah menjawab bahwa hanya itu satu-satunya media yang bisa memfasilitasi kisah asmara mereka. Karena pada zaman dahulu teknologi belum secanggih pada saat ini. Surat adalah satu-satunya medium yang paling memungkinkan untuk mereka gunakan dalam rangka menyatakan isi hati dan perasaan kepada orang yang mereka sayang.

Mengirim surat cinta kepada orang yang di sayang tentu akan membuat perasaan resah tidak karuan. Ada berbagai macam hal yang di rasa dan di pikirkan oleh orang zaman dahulu ketika menulis surat cinta. Beberapa hal tersebut biasanya adalah praduga mengenai apakah surat tersebut di terima oleh orang yang di maksud atau malah orang tuanya, membayangkan bagaimana reaksi orang yang di maksud ketika membaca surat tersebut, menanti dengan cemas dan gemas balasan dari surat cinta yang telah di kirim melalui kantor pos atau merpati berjalan yaitu teman dan berbagai macam kekalutan perasaan yang lain.

Dan untuk pertanyaan yang sama, kenapa harus surat cinta? Tentu jika di tanya kepada orang zaman sekarang akan ada banyak penjelasan-penjelasan. Di zaman yang serba gadget ini, ketika kamu malah memilih untuk menyatakan cinta melalui surat, hal tersebut tentu akan memiliki nilai plus yang lain. Mungkin bisa terkesan lebih romantis dan unik di banding dengan cara biasa dalam menyatakan cinta. Karena itulah kamu perlu menjajal untuk menuliskan perasaan melalui selembar kertas dan dibungkus amplop yang berisikan untaian kata-kata mesra yang membuat rasa melayang di udara.

Panduan Menulis Surat Cinta

Setelah kamu membaca beberapa hal terkait surat cinta, selanjutnya akan kami berikan panduan-panduan yang berfaedah dalam menulis surat cinta. Memang menulis surat cinta tak membutuhkan teori-teori baku, namun kamu bisa jadikan panduan di bawah ini sebagai referensi dan pilihan-pilihan dalam menulis surat cinta. Berikut ini adalah beberapa panduan dalam menulis surat cinta yang bisa kamu ikuti dengan seksama. Simak ulasan artikel yang ada di bawah ini.

1. Bahasa Puitis

Hal pertama yang bisa kamu terapkan dalam menulis surat cinta adalah dengan menggunakan bahasa yang puitis. Dengan menggunakan bahasa yang puitis, sudah pasti gebetan atau pacarmu yang membaca surat cinta tersebut akan terkesima dan merah jambu perasaan nya. Menulis dengan menggunakan bahasa yang puitis tentu tidak semua bisa di lakukan setiap orang. Ada yang memang sejak dalam rahim sudah puitis, namun beberapa orang tentu akan merasa kesulitan jika tidak terbiasa dengan bahasa puitis.

Ketika kamu tidak bisa menulis surat cinta dengan bahasa yang puitis, yang harus kamu lakukan adalah dengan belajar. Kamu bisa mulai membaca-baca buku puisi semisal buku puisi karangan Pak Sapardi, atau buku puisi karangan Joko Pinurbo dan lain sebagainya. Kamu juga bisa menyaksikan atau menonton video-video puisi yang ada di youtube dan lain sebagainya. Dan pilihan terakhir bila kamu tidak bisa menulis surat cinta dengan kalimat puitis adalah kamu bisa menulis ulang puisi cinta yang terkenal dalam surat tersebut. Namun kamu jangan mengakui bahwa puisi tersebut karangan mu. Karena semisal orang yang kamu kirimkan surat tersebut tahu bahwa itu puisi karya orang lain, tentu kamu akan di buat malu oleh dirimu sendiri.

2. Terus Terang

Jika kamu tidak ingin menulis surat cinta dengan kalimat dan diksi yang puitis, kamu bisa memilih alternatif lain yaitu dengan menulis surat cinta secara terus terang. Terus terang dalam hal ini bisa di maksudkan kamu menulis surat cinta dengan kalimat standar yang biasa sehari-hari kamu ucapkan dan langsung to the point menyatakan perasaan mu kepada orang yang kamu cinta dan sayang tersebut.

Dengan menulis surat cinta secara terus terang, maka hal tersebut akan membuat penulisan surat cinta tidak harus memikirkan tata bahasa yang indah. Namun tetap hal tersebut tidak berpengaruh terhadap substansi dari surat cinta yang di tulis oleh mu. Karena pada akhirnya surat cinta yang baik adalah yang mampu menyatakan dengan jelas perasaan yang kamu rasakan kepada orang yang kamu sayang.

Nah itulah beberapa panduan dalam menulis surat cinta yang bisa kamu pahami dan aplikasikan ketika menulis sebuah surat cinta. Kamu bisa memilih apakah kamu akan menulis surat cinta dengan bahasa yang puitis atau dengan bahasa yang lugas dan terus terang.

Contoh Surat Cinta

Setelah kamu mengetahui sekilas mengenai surat cinta, selanjutnya akan kami berikan kepada kamu beberapa contoh surat cinta yang bisa kamu jadikan sebagai referensi penulisan. Atau bila apa yang kamu rasakan dan yang ingin kamu tuliskan sejalan dengan beberapa contoh surat cinta di bawah ini, kamu bisa menuliskan contoh surat cinta tersebut untuk kamu kirim kepada orang yang kamu sayang. Berikut ini adalah beberapa contoh penulisan surat cinta.

1. Surat Cinta Untuk Orang Tua

Surat cinta pertama yang akan kami berikan contohnya untuk kamu adalah surat cinta yang di tunjukan untuk orang tua. Mengungkapkan rasa cinta kepada orang tua dengan menggunakan surat tentu akan membuat orang tua mu menjadi terharu. Berikut ini adalah contoh surat cinta untuk kedua orang tua yang dapat kalian contoh untuk dijadikan referensi dalam menulis.

Contoh surat cinta untuk orang tua

Mah, hari ini aku sudah makan. Aku makan dengan lauk mie instan seperti hari biasa. Ya, makanan mewah bagi anak kost kan mie instan, mah. Pertanyaan seperti itu biasanya mama tanyakan pada ku. Aku kangen dengan pertanyaan seperti itu, mah. Oh, ya bagaimana kabar mama dan bapa di rumah? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan baik selalu ya, mah. Salam untuk bapak yang sedang bekerja.

Ma, aku mau memberikan sedikit kabar gembira. Minggu lalu, aku di daulat oleh kampus ku untuk mewakili dalam ajang olimpiade matematika di Jepang. Aku senang sekali di pilih untuk mewakili perlombaan bergensi tersebut, ma. Tapi mendadak aku jadi ragu dengan kemampuan ku sendiri, ma. Biasanya, kalau aku sedang bimbang semacam ini, mama selalu mampu membuat ku tenang dan memberikan suntikan semangat untuk diriku lagi.

Aku ingin meminta doa serta restu dari mama untuk diriku agar bisa mempersembahkan perjuangan yang terbaik dalam perlombaan tersebut, ma. Aku percaya, mama pasti tak pernah lupa mendoakan diriku dan bahkan seringkali mama menangis ketika mendoakan aku. Aku sangat bangga dan beruntung di lahirkan oleh mu, ma. Selain kabar tentang olimpiade matematika tersebut, ma, ada kabar lain yang ingin aku beritakan pada surat ini.

Baru saja kemarin anak mu ini berhasil menyatakan perasaan dan di terima cintanya oleh perempuan yang selalu aku ceritakan pada mu, ma. Dia itu loh, ma. Yang bernama Larasi. Akhirnya setelah pendekatan cukup panjang dan bikin hati gelisah tak karuan, aku berhasil menyatakan cinta ku kepadanya, ma.

Ceritanya di suatu malam, aku ajak Larasati makan dan minum di sebuah kafe yang tak jauh dari kampus kita, ma. Malam itu kami berdua baru saja selesai kegiatan kampus. Kami langsung melipir ke kafe tersebut. Sebenarnya sih aku tidak memiliki rencana untuk menembak dia pada saat itu, ma. Namun karena ada kesempatan, ya harus di manfaatkan. Karena orang yang menyesal adalah mereka yang tahu bahwa itu adalah kesempatan, namun mereka tidak segera bergerak melaksanakan. Untung aku bukan termasuk golongan mereka, ma.

Singkatnya, kami berdua makan malam dan minum segelas kopi hitam. Kami ngobrol banyak hal dan sebelum pulang, aku sempatkan mengatakan rasa cinta ku pada dia, ma. Awalnya dia kaget ketika aku nembak. Wong pada saat itu dia tidak mengira sama sekali bahwa aku hari itu juga akan nembak. Setelah hening selama beberapa menit, akhirnya dia membuka kata dan dengan gerogi mengucapkan “iya”.

Aku di terima, ma. Aku senang sekali, mama. Nanti, ma, ketika liburan semester aku akan mengenalkan perempuan yang ku puja bernama Larasati itu ke rumah. Mama pasti akan senang kenal dengan Laras. Udah dulu ya ma surat ini. Lain kali aku tulis surat lagi. I love you, Mama.

2. Contoh Surat Cinta Kepada Kekasih

Contoh surat cinta berikutnya yang akan kami sajikan pada artikel kali ini adalah surat cinta yang di tujukan kepada seorang kekasih. Nah, mungkin contoh surat cinta ini yang sedang kamu tunggu-tunggu. Pasalnya, mungkin kamu sedang bingung ingin menulis surat cinta untuk si doi seperti apa. Dari pada bingung-bingung, kamu bisa baca dan jadikan contoh surat cinta untuk kekasih yang di bawah ini ssbagai referensi dalam penulisan surat cinta. Berikut ini adalah contoh surat cinta yang di tunjukan kepada kekasih tercinta dan tersayang. Simak contoh yang ada di bawah ini.

Contoh surat cinta untuk kekasih hati

Dalam remang malam, aku melihat elok bulan berpendar dengan sinar yang memancar oleh sebab ribuan bintang menemani di sebelah kiri dan kanan. Aku tertawa melihat bulan yang berada di atas sana. Sebegitu kesepiannya kah itu bulan? Sebegitu tidak setianya kah bulan tersebut hingga harus bersama dengan ribuan bintang.

Bulan tersebut harusnya iri pada ku, sayang. Karena, aku hanya butuh satu orang saja untuk dapat bahagia. Emm, pasti kamu lagi senyam-senyum pas baca kalimat tadi. Dan kamu pasti sudah gede rasa bahwa orang yang aku maksud adalah kamu. Ya. Kamu benar sekali, sayang. Orang tersebut adalah kamu seorang. Wuladari yang ayu dan manis sekali. I love you.

Aku sebenarnya tidak bisa loh merangkai kalimat-kalimat kemanisan seperti diatas. Tapi, karena aku niatkan untuk di kirim kepada orang yang spesial, seperti martabak. Maka aku giat membuka-buka buku sastra. Mencari-cari referensi puisi-puisi yang mesra. Dan setelah aku banyak belajar, akhirnya aku bisa juga merangkai kalimat indah seperti itu, sayang. Ya walaupun kalimat ku tak seindah Rendra, atau seindah Chairil Anwar atau seperti Pak Sapardi Djoko Darmono, atau seperti Bung Joko Pinurbo, tapi ya patut kamu apresiasilah jeri payah ku menulis kalimat mesra. Paling tidak dengan kamu tersenyum saja. Itu sudah lebih dari cukup, adinda mata lentik berparas cantik.

Dalam surat ini aku tidak ingin memberitahukan apapun selain ingin mengatakan bahwa aku mencintai mu dengan sederhana. Aduh. Aku malah menulis kalimat puisinya pak Sapardi. Hehe. Maaf. Aku ingin mengatakan bahwa cinta yang aku punya ini sepenuhnya menjadi hak milik diri mu. Tiada yang lain selain dirimu, Wulan. Kalau kamu mendengar kabar miring tentang diriku yang ini dan itu, kamu hiraukan saja dan anggap sebagai angin lalu. Asal kamu tahu, sayang. Mereka-mereka yang menyebarkan hoax tentang keburukuan rezim. Eh, maksudnya tentang keburukan ku, mereka-mereka itu hanya iri terhadap kisah cinta kita dan yang mereka inginkan adalah kita bertengkar kemudian pisahan. Memang mereka itu sungguh bajingan, sayang.

Kamu disana tak perlu khawatir. Aku disini sepenuhnya mencari penghidupan dan mencari uang untuk aku tabung dalam rangka mengumpulkan dana pernikahan kita nanti. Yang aku lakukan disini, membanting tulang, memeras habis keringat dan berpeluh dengan ribuan umpatan pak bos yang sialan itu, semua aku lakukan untuk diri ku. Untuk masa depan kita. Aku berharap kamu bisa memberikan rasa percaya untuk diriku. Dan aku tak akan mengingkari kepercayaan yang telah engkau berikan. Wulandari, peluk hangat dari ku untuk diri mu. Aku mencintai mu.

3. Contoh Surat Cinta Kepada Sahabat

Contoh surat cinta berikutnya yang akan kami berikan pada artikel kali ini adalah surat cinta yang di tunjukan untuk seorang sahabat. Sahabat merupakan tingkat level pertemanan yang paling atas. Pada taraf level sahabat ini, orang yang telah bersahabat bisa lebih dekat dan akan menganggap sahabatnya selayaknya keluarga sendiri. Jika kamu ingin mengirim surat kepada sahabat yang mungkin tinggal jauh dari mu, berikut ini akan kami berikan contoh surat cinta untuk seorang sahabat untuk dijadikan referensi dalam menulis surat cinta untuk sahabat.

Contoh surat cinta untuk sabahat

Sahabatku yang paling ngehe sedunia dan akhirat, hallo apa kabar? Semoga kamu tetap ngehe sepanjang zaman. Perlu ku terangkan bahwasanya aku sangat merindukan kelakuan abstrak dan di luar batas normal yang pernah sama-sama kita lakukan di masa muda. Ah, sungguh aku rindu sekali moment-moment itu. Tentu kau masih ingat ketika kau dengan sok gagah mendatangi perempuan cantik di sebuah Mall, kamu berlaga sok ganteng dan mencoba berkenalan. Tapi nyatanya perempuan itu malah mengabaikan dirimu dan kamu dibuat malu. Dari moment itu, seharusnya kamu berkaca dan sadar bahwa kamu itu tidak tampan. Jadi, jangan sok kegantengan, nyet. Hahaha.

Oh ya aku sampai lupa bahwa tiga bulan lagi aku akan mengadakan acara pernikahan. Kamu jangan kaget. Aku sekaramg sudah laku. Emangnya kamu yang sampai detik ini masih jomblo. Bro, mungkin nih ya, jomblo mu itu adalah kutukan. Dan jika kamu ingin menghilangkan kutukan jomblo tersebut, kamu harus mandi dengan se ember air kecing kuda. Setelah itu, aku jamin bahwa sekujur badan mu akan bau pesing. Hahaha.

Maaf kalau aku terlalu banyak becanda dan meledek terus kejombloan mu. Aku seratus persen yakin bahwa kamu tak akan sedikitpun tersinggung dengan canda dan hinaan yang aku tuliskan. Karena aku mengenal mu beserta dengan sifat-sifat bajingan mu itu, bro. Kamu kan tidak seperti anak zaman internet yang dikit-dikit mudah tersinggung dengan becandaan. Mereka-mereka itu tidak tahu apa ya rasanya saling hina menghina di circle pertemanan. Sudah lah ngapain ngurusin kaum-kaum lemah itu.

Eh tapi yang aku tadi katakan itu benar friend. Bahwa aku memang sebentar lagi mau menikah. Dengan datangnya surat ini, sudah pasti maksud dan tujuan dari ku adalah untuk mengundang mu. Tak hanya itu, tentu yang lebih aku harapkan adalah amplop dari mu. Hahaha. Jangan terlalu pelit dan terlalu sedikit rupiah yang kamu bungkus di amplop ya. Awas loh kalau sampai mengisi amplop itu dengan papir rokok seperti yang pernah kamu lakukan pada Ubed ketika masih kecil dahulu. Kalau sampai sekarang kamu melakukan itu lagi, aku sunat kau untuk kedua kali! Camkan itu! Hahaha.

Sudah lah ya. Aku hanya ingin memberi kabar bahagia tersebut. Inti dari surat ini adalah hanya mengharapkan dirimu bisa hadir di hari bahagia ku nanti. Hari bahagia ku tak lengkap dan kurang bahagia bila sahabat terbaik sedunia ini tidak datang di pernikahan ku. Ini serius loh ya. Tolong datang ke pernikahan ku.

Terima kasih kawan. Peluk hangat dari jauh, Bro.

4. Contoh surat cinta untuk selingkuhan

Contoh surat cinta berikutnya yang akan kami sajikan pada artikel kali ini adalah surat cinta untuk selingkuhan. Mungkin diantara kamu semua yang sedang membaca artikel ini, ada yang memiliki tambatan hati tapi sudah beristri atau bersuami atau sekedar pacaran dengan lain hati. Nah, contoh surat cinta ini sangat cocok untuk kamu. Berikut ini adalah contoh surat cinta untuk selingkuhan yang dapat dijadikan referensi dalam penulisannya.

Contoh surat cinta untuk selingkuhan

Melisa. Aku tahu mungkin rasa cinta ku ini tidak tepat. Dan kisah kita berdua ini tabu bagi masyarakat. Dan tentu juga, cinta backstreet ini menjadi kutukan besar untuk suami mu. Aku sangat sadar dengan semua hal tersebut. Tapi ya mau bagaimana lagi. Aku cinta kamu dan kamu cinta aku. Cinta itu bukan kriminal.

Tapi meskipun aku menyangkal dengan sejuta argumen yang dibuat secara mengada-ada untuk membenarkan kisah kita. Jujur, hati terdalam ku tidak terima atas semua penyangkalan ku. Ia menolak tentang argumen pembenaran kisah kita. Atas dasar itu, dengan surat ini aku ingin mengatakan pada mu bahwa kisah cinta kita ini harus pupus di tengah jalan. Iya, Mel. Akan jauh lebih baik bila kita pisah mulai detik ini.

Bukan karena aku tak lagi sayang. Bukan begitu, Mel. Tapi ini adalah hal yang terbaik yang saat ini harus kita sepakati. Aku tak mau menjadi bahagia dengan cara merampas kebahagiaan milik orang lain. Aku tak ingin merusak konstruksi hubungan yang telah kau jalin dengan suami mu sekarang. Ini keputusan ku, Mel. Lebih baik kita berteman saja. Tapi, mungkin rasa cinta ku kepada mu tidak akan musnah hari ini juga. Aku tidak tahu pasti apakah aku bisa untuk tidak lagi menyuburkan rasa cinta terlarang ini.

Sekarang yang lebih baik kamu lakukan adalah merawat suami mu dan membalas cinta yang telah ia berikan secara tulus kepada mu. Itu hal yang paling baik dan mulia, Mel. Lagian, jika kau melepas dan menceraikan suami mu lalu menikah dengan ku, aku tak mampu menjamin kamu akan bahagia. Sebab, aku sadar, secara finansial suami mu jauh lebih mapan di banding aku yang seorang pekerja serabutan.

Iya. Aku tahu bahagia tidak harus tentang harta. Tapi aku ini berfikir realistis. Aku tidak ingin tergesa-gesa dan bergegas menikahi kamu. Karena, untuk menghidupi diriku saja aku masih sering kebingungan. Besok mau makan apa dan mencari uang dengan cara apa. Aku harap kamu bisa mengerti, Mel. Hubungan kita ini terlarang dan bila terus di lanjutkan akan menyakiti banyak perasaan.

Terima kasih atas segala cinta dan ketulusan yang selama ini kamu berikan untuk ku. Maafkan aku juga yang dengan tega merampas bahagia suami mu untuk bahagia diriku dan dirimu. Mulai detik ini, aku rela melepas mu dan tidak akan mengganggu lagi hubungan mu dengan suami mu. Good bye, Melisa.

Copyright 2016 - 2019