Harian Nusantara

Cara Membuat Hiasan Origami Cantik

rekomendasi 156 View

Cara Membuat Hiasan Origami Cantik

Origami merupakan seni kertas yang bisa digunakan untuk hiasan. Kesenian origami ini merupakan gabungan antar teknik keterampilan tangan melipat dan menggunting. Bermain origami tentunya sangat menarik, selain mengasah kreativitas. Dengab origami anda juga bisa menghasilkan hiasan untuk berbagai benda. Pada artikel kali ini kami akan memberikan rekomendasi tentang Cara Membuat Hiasan Origami Cantik  yang bisa anda buat sebagai hiasan dirumah.

Kipas

Pertama anda bisa membuat karya seni origami dengan bentuk kipas. Hendak origaminkipas ini sangatlah indah. Anda bisa memanfaatkan karya seni ini sebagai hiasan di berbagai tempat. Bisa juga untyk hiasan kado dan bingkisan. Untuk mempercantik karya seni origami kipas ini maka anda bisa menghiasnya dengan berbagai pernak pernik yang beraneka warna. Hias juga dengab pita dan gambar gambar yang menarik.

Untuk membuat karya seni origami inu anda membutuhkan kertas origami, gunting, tali dan aksesoris lainnya yang diperlukan. Cara membuatnya sangat mudah pertama anda siapkan kertas lalu bentuk hingga berupa persegi panjang, setelah itu lipat kertas sepanjang 1 cm ke arah dalam. Pastikan lipatan lipatan tersebut rata. Kemudian anda juga bisa melipat kertas secara vertikal pada bagian tengah setelah itu dibuka dan kemudian dilipat kembali pada bagian kanan dan kiri ke arah tengah lipatan tadi. Setelah lipatan tersebut jadi maka anda bisa membuka lipatan tersebut secara perlahan laghan. Agar semakin kuat anda bisa menekan nekan lipatan kertas tadi. Ikat dengan tali dengan kuat. Untuk menghiasnya anda bisa menempelkan stiker ataupun pernah pernik lainnya yang beraneka ragam bentuk dan warnanya. Setelah di hias, origami kipas pun siap untuk digunakan sebagai hiasan.

Loading...

Bintang Shuriken

Selain origami berbentuk kipas, origami berbentuk shuriken ini juga bisa dijadikan hiasan yang menarik. Pasalnya bentuknya yang unik dan sinetron sangat cocok ditempatkan di mana saja.

Kertas origami berbentuk persegi yang kita butuhkan untuk membuatnya. Selanjutnya anda bisa mulai melipat kertas secara vertikal dan diagonal. Selanjutnya anda bisa menggunting kertas tadi jadi dua bagian berbentuk persegi panjang. Selanjutnya pada ujung ujung kertas anda bisa melipatnya secara diagonal berlawanan di bagian atas dan bawah. Lakukan juga dengab kertas yang lainnya. Selanjutnya lipat ujung kertas tadi sehingga bentuknya menyerupai segitiga besar. Selanjutnya, gabungan kedua bagian tadi lalu disejajarkan pada bagian persegi. Setelah itu kalian melipat pada bagian ujung atas ke bagian dalam searah dengan diagonalnya, jika sudah maka Lanjutkan memasukkannya ke dalam lipatan kertas yang tadi. Lakukan juga dengan bagian bawahnya lalu balik. Setelah itu tempelkan solusi pada bagian tengah selipa tadi. Maka bintang shuriken pun berhasil dibuat.

Naga

Cara membuat bentuk origami ini memang agak rumit namun hasilnya juga akan cantik.  Untuk itu anda perlu menyimak cara pembuatan origami ini secara seksasma

Pertama anda siapkan kertas origami lalu dilipat secara diagonal dan juga vertikal untuk setiap sisinya. Setelah itu buka kembali lipatannya setelah itu melipat lagi secara diagonal sampai nanti membentuk sebuah segitiga ya. Langkah selanjutnya adalah dengan melipat bagian kanan dan kiri dari kertas tersebut ke arah dalam sampai kertas berbentuk belah ketupat. Setelah itu anda bisa melipat bagian sisi kanan dan juga sisi kiri dari belah ketupat ke arah tengah dan bentuknya jadi Layang Layang. Pada bagian tengahnya anda bisa meletakkan jari lalu lipatan tadi di tekuk di kiri dan di kanan.

Pada bagian belakang kertas pun di bentuk demikian. Pada bagian ujung kertasnya ditarik ke arah atas. Kemudian lipat bagian kanan dan juga bagian kiri ke arah depan dan sisi kiri dari kertas ke arah tengah. Buat posisi kertas secara membujur dan satukan bagian tadi dengan menekuknya pada segitiga bawah. Pada bagian ujung kertas yang lancip, tarik dan lipat ke atas kertas. Lipat kertas ke arah sisi kiri belakang. Nantinya ini akan menjadi bagian sayap naga. Pada kertas bagian dekat sayap Lipat bolak balik maka akan membentuk bagian leher. Ujung lehernya bisa anda lipat lagi untuk membentuk kepala naga. Begitu juga bagian ekornya, tekuk secara bolak balik.

Kucing

Cara membuat hiasan origami berbentuk kucing sangatlah mudah . Pada origami inu akan membentuk bagian kepala kucing. Bahan yang anda butuhkan adalah kertas origami dan spidol. Untuk membuatnya anda bisa menyiapkan kertas lipat origami lalu lipatlah searah diagonal. Pada bagian ujung kertas anda bisa tekuk ke bawahnya. Pada bagian ujung kanan segitiga anda bisa lipat ke arah atas. Begitu juga dengan ujung yang bagian kiri. Setelah itu balikkan kertas. Cukup mudah bukan? Origami kepala kucing yang lucu telah selesai dibuat. Untuk mempercantik origami tersebut anda bisa menambahkan Ornamen seperti mata hidung dan mulut dengan menggunakan spidol

Baju

Pada bentuk origami baju cukup mudah dibuat. Tidak seperti bentuk lainnya yang terkesan rumit. Origami baju ini bahkan sangat mudah ditiru oleh anak anak. Langkah pertama anda bisa menyiapkan kertas lipat dimana kertas tersebut dilipat menjadi empat bagian. Anda bisa mencoba untuk melipat kertas sebanyak 4 kali lipatan dengan ukuran yang kongruen. Setelah itu buka kembali, lalu tumbuk ke arah tengah dan selanjutnya di bagian ujung kertas, kalian harus melipat ke arah tengah kertas.

Lipatan tadi bisa anda tekan lalu tarik ujung kertasnya pada bagian bawah laku lebarkan. Pada bagian sisi kanan dan kiri lakukan juga hal yang sama. Nantinya akan menyerupai bentuk gaun yang melebar ketika anda menarik kertas tersebut. Pada bagian ujung atas kertas anda bisa melipatnya dengan bentuk segitiga ke arah tengah. Setelah dilipat pada bagian ujung atas kemudian buka.

Anda gembungkan pada bagian kiri dan kanannya. Kemudian anda bisa melipat ke arah sebelumnya. Nanti hasil lipatan akan membentuk menyerupai kerah baju. Pada bagian batas kerah gaun, ambil garis lurus kemudian anda bisa mengguntingnya. Kemudian balik kertas tersebut. Pada bagian tengah baju akan membentuk segitiga sama sisi dengab cara melipatnya. Selanjutnya anda harus memastikan lipatan tadi tidak mudah terbuka.Balikkan. Kemudian langkah terakhir adalah dengan membaiknya maka baju pun berhasil dibuat

 

Bunga Tulip

Selanjutnya ada Ornamen origami yang cukup mudah untuk dibuat. Origami berbentuk bunga tulip ini bisa jadi penghias sudut ruangan anda. Buatlah sampai beberapa tangkai kemudian satukan hingga membentuk rangkaian bunga. Untuk membuat hiasan ini siapkan lidi dan juga kertas origami lipat.

Setelah alat dan bahan sudah siap maka anda bisa memulai langkah pembuatannya. Siapkan kertas origami kemudian pertama melipat kertas origamis secara diagonal dan membentuk segitiga ya guys. Selanjutnya anda bisa melipat saya kali lagi sehingga segitiga tersebut berbentuk jauh lebih kecil. Setelah itu buka lipatan tadi kakak anda akan melihat bekas lipatan kertas. Pada bagian ujung kertas ambil lalu tarik dan lipat ke atas. Pada bagian ujung kanan dan kiri anda bisa melipatnya ke dalam. Dan bunga tulip pun berhasil di buat. Untuk menghiasnya anda bisa menambahkan tangkai bunga yang terbuat dari lidi ataupun kawat. Tambahkan juga kertas warna hijau sebagai daun. Gabungkan beberapa bunga tulip yang berhasil dibuat lalu letakkan dalam vas.

.

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019