Harian Nusantara

Rekomendasi Minuman dari Bahan Alami untuk Memperlancar Haid

rekomendasi 68 View

Rekomendasi Minuman dari Bahan Alami untuk Memperlancar Haid – Haid seolah menjadi momok yang biasa dihubungkan dengan perempuan. Sebab pasalnya, hanya perempuanlah yang mengalaminya, tidak bagi laki-laki. Dengan demikian, maka tidaklah heran apabila seorang perempuan sering mengalami emosi yang tidak stabil pada saat haid atau bahkan menjelang haid. Hal ini karen perubahan hormonnya yang naik turun.

Meskipun setiap bulan perempuan memang biasa mengalami haid, sejatinya tidak jarang loh apabila mengalami ketidak lancaran. Seperti misalnya biasa sebulan sekli, tau-tau menjadi sebulan setengah sekali. Nah! Ini yang disebut sebagai haid merupakan peluruhan pada dinsing rahim yang tidak dibuahi oleh sel telur. Apabila dibuahi oleh sel telur, maka tidak akan terjadi haid

Penyebab Haid Tidak Lancar

Lantas kiranya apa saja penyebab terjadinya haid tidak lancar? Yuk! Simak penjelasan berikut ini.

Loading...

1) Meningkatnya Hormon Prolaktin

Terjadinya suatu ketidak lancaran pada haid wanita pada dasarnya memang membuat resah karena para wanita khawatir terjadinya pembuahan. Nah! Meskioun demikian, ada lho faktor utama penghambat lancarnya darah haid selain disebabkan oleh pembuahan. Seperti halnya meningkatnya hormon prolaktin ini guys. Meningkatnya hormon prolaktin selain menyebabkan kelancaran darah haid terganggu, ternyata juga mengganggu tingkat kesu uran wanita sehingga dapat menyebabkan sulitnya hamil. Selain itu, wanita menyusui biasanya juga memproduksi hormon prolaktin sehingga terkadang darah haid juga tidak keluar.

2) Lelahnya Fisik

Faktor penyebab terjadinya ketidak lancaran keluarnya darah haid juga bisa disebabkan oleh kelelahan fisik ya, guys. Jadi kamu tidak perlu khawatir berlebih apabila tidak menghasilkan darah haid. Faktor ini bisa saja terjadi karen fisikmu yang lelah dapat memicu suatu hormon yang menghambat lancarnya darah haid keluar. Tidak hanya itu saja, ternyata stress pun juga berpengaruh. Nah! Faktor yang memengaruhi stress ini biasanya seperti beban ekonomi, pergaulan sosial, hubungan dengan orang di sekitar, dan sebagainya.

3) Pramonopouse

Ada faktor lain yang dapat menyebabkan keluarnya darah haid menjadi tidak lancar. Bagi wanita yang hendak memasuki usia lanjut usia, bisa saja hal ini terjadi. Biasanya wanita yang mengalami hal ini adalah usia antara 45 – 55 tahun. Tidak hanya itu saja, penyebab pendarahan yang rerjadi pada wanita usia menjelang monopouse juga harus diperiksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

4) Pengaruh Alat Kontrasepsi

Faktor lainnya yang dapat menyebabkan siklus darah haid tidak lancar pada diri seorang wanita juga bisa disebabkan oleh pemakaian alat kontrasepsi. Pemakaian alat ini dapat menyebabkan siklus darah haid menjadi lebih banyak atau bahkan lebih sedikit dari biasanya. Maka dari itu, supaya kamu tidak salah paham apabila hendak menggunakan alat ini, konsultasikan dulu kepada dokter yaa.

 

Itulah beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya kurang lancar darah haid. Nah! Di sisi faktor yang menyebabkan kurang lancarnya darah haid, sebenarnya ada pula solusinya giys!

Rekomendasi Minuman dari Bahan Alami untuk Memperlancar Haid

Solusi untuk memperlancar darah haid tersebut kini dikemas dalam beberapa Rekomendasi Minuman dari Bahan Alami untuk Memperlancar Haid berikut ini.

1) Yoghurt

Jika pada biasanya wanita mengonsumsi yoghurt sebagai salah satu minuman untuk melangsingkan tubuh atau bahkan program diet, beda dengan kasus yang satu ini. Siapa sangka apabila yoghurt pun bisa digunakan sebagai salah satu minumanan yang terbuat dari bahan alami dan berfungsi untuk melancarkan peredaran darah saat haid? Beberapa produk kini tersedia untuk kemasan yoghurt, seperti halnya Cimory yoghurt strawberry, dan lain sebagainya.

2) Air Kunyit

Minuman berbahan alami lainnya yang dapat kamu gunakn untuk memperlancar darah saat sedang haid adalah air kunyit. Karena bahannya yang dipercaya sebagai anti bakteri dan juga anti septik, maka tidak heran apabila air kunyit ini mampu mengurangi risiko peradangan yang terjadi. Jika kmu hendak membuat minuman ini pun mudah saja. Sebenarnya tinggal siapkan kunyit secukupnya, kemudian parut. Setelah itu peras, tambahkan  sedikit air dalam gelas yang dicampurkan dengan hasil perasan kunyit. Setelah itu kamu bisa meminumnya.

3) Minum Air Asam Jawa

Mengkonsumsi air asam jawa juga dapat melancarkan darah haid lho! Yups! Asam jawa ini dipercaya dapat melancarkan peredaran darah haid dan juga dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah haid sehingga mencegah terjadinya nyeri saat haid. Jika kamu ingin membuatnya pun tergolong sangat mudah sekali, guys! Caranya kamu tinggal pisahkn asam jawa dengan kulitnya, kemudian masukan asam jawa ke dalam air hangat. Masukan pula sesendok gula, lalu beri sesikit saja garam. Biarkan air asam selama 1 jam, kemudian saring. Setelah itu air asam pelancar haid bisa kamu minum.

4) Konsumsi Minyak Ikan

Jika selama ini yang kita tahu adalah mengkonsumsi minyak ikan biasa diberikan kepada nak untuk pertumbuhannya, beda dengan yang satu ini. Kandungan omega 3 yang terdapat dalam minyak ikan ternyata dapat membuat  melindungi pembuluh darah di ovarium saat sedang terjadi haid dan juga mencegah terjadinya kerusakan yang dapat mengganggu proses haid.

5) Konsumsi Jus Pepaaya

Selain daftar bahan alami yang telah disebutkan di atas dalam pelancaran darah haid, ternyata kamu jug bisa konsumsi jus pepaya sebagai bahan yang berguna untuk memperlancar darah haid guys! Kandungan dalam buah pepaya yang kaya akan serat dan vitamin ini dapat mempercepat proses peluruhan sel telur yang tidak dibuahi sehingga dapat memungkinkan cepat dan lancarnya proses haid. Di samping dari pada itu, terlepas dari fungsiny yang dapat melancarkan darah haid,buah pepaya juga memiliki manfaat untuk melancarkan buang air besar serta atasi sembelit.

6) Konsumsi Cuka Apel

Kamu bisa atasi ketidaklancaran pada siklus haid dengan mengkonsumsi cuka apel. Pya guys! Untuk dapat mengkonsumsi cuka apel, sebenarnya tidak boleh sembarangan yaa. Kamu perlu mencampurkan cuka apel ini dengan air kemudian diaduk secara merata. Tidak hanya itu saja, fungsinya yang mampu melancarkan darah haid ini ternyata b

juga bekerja meluruhkan bagian sel telur yang tidak dibuahi pada dinding rahim. Tak heran makanya apabila kmu konsumsi cuka apel ini haidmu jadi lancar guys!

7) Konsumsi Wedang Jahe

Bicara wedang jahe? Hayo, siapa yang tidak kenal dengan muminuman berbahan alami jahe ini. Meski pada biasnya wedang jahe digunakan untuk minuman sebagai peningkatan suhu tubuh, ternyata wedang jahe juga memiliki khasiat untuk melancarkan darah haid. Nah! Buat kamu yang sedang mengalami masalah ketidak lancaran haid, minumlah wesang jahe untuk mengatasinya. Kmu bisa campurkan minuman wedang jahe dengan madu kemudian dikonsumsi 2 kali dalam waktu satu hari.

8) Konsumsi Susu Kedelai

Alternatif lainnya yang bisa  kamu gunakn untuk melancarkan peredaran darah haid adalah dengan mengkonsumsi susu kedelai. Susu kedelai yang pada dasarnya disukai oleh anak-anak dengan berbagai varian rasa ini ternyata mampu membuat darah haidmu menjadi lancar.

Nah! Itulah beberapa faktor dan juga kinuman yang terbuat dari bahan alami untuk melancarkan darah haid guys.

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019