Harian Nusantara

Fungsi Akordeon

review produk 91 View

Akordeon merupakan alat musik yang pertama kali di temukan oleh Christian Fried, seorang senima dari negeri Berlin di tahun 1822 dan kemudian pada tahun 1829 alat musik tersebut di patenkan oleh seorang yang bernama Cyrill Demian. Di Indonesia sendiri, Akordeon menjadi alat musik tradisional dari daerah Sumatera Selatan. Itu artinya alat musik tradisional Akordeon merupakan akulturasi dari alat musik luar negeri.

Tentu antara alat musik tradisional Sumatera Selatan dan luar negeri memiliki perbedaan. Maka dari itu, pada artikel kali ini kami akan membahas secara lengkap dan tuntas mengenai alat musik tradisional Akordeon ini. Berikut ini adalah ulasan mengenai alat musik tradisional Akordeon. Simak ulasan artikel yang ada di bawah ini.

Pengertian Akordeon

Sebelum membahas fungsi dari alat musik akordeon, terlebih dahulu akan kita bahas tentang pengertian alat musik tersebut. Secara mudahnya, akordeon bisa diartikan sebagai sebuah alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara di tiup dan menekan pada tuts nada yang di inginkan.

Loading...

Di lihat dari bentuk, alat musik Akordeon ini hampir serupa dengan alat musik pianika, memiliki lubang yang digunakan untuk di tiup dan terdiri atas beberapa nots untuk memilih nada-nada musik yang ingin di bunyikan. Akordeon menjadi alat musik tradisional dari Provinsi Sumatera Selatan.

Fungsi Alat Musik Tradisional Akordeon

Namun sebenarnya alat musik tradisional Akordeon ini hasil dari akulturasi budaya luar yang kemudian di olah menjadi budaya atau kesenian daerah tersebut. Alat musik tradisional Akordeon memiliki sejarah panjang dari zaman ke zaman.

Semenjak tahun 1822, alat musik Akordeon sudah ada dan awal-awal mulai di kenal luas. Ketika pada tahun 1822 tersebut seorang seniman bernama Christian Fried yang berasal dari Berlin, Jerman, menemukan alat musik tersebut. Kemudian berlanjut pada tahun 1829, seorang bernama Cyrill Demian mematenkan alat musik tersebut hingga di kenal luas oleh dunia.

Sebelum hari ini, alat musik akordeon hanya memiliki beberapa tuts-tuts yang dasar dan teramat sederhana. Nada-nada yang di hasilkan dari alat musik tradisional akordeon tersebut juga belum banyak dan masih terbatas. Baru kemudian di zaman sekarang, alat musik akordeon sudah berkembang dan mengalami kemajuan dengan tambahan tuts yang beragam dan bunyi-bunyian yang di hasilkan lebih bagus dan merdu di dengar.

Secara umum, bentuk akordeon adalah dua buah kotak berbahan dasar kayu pada sisi kanan dan kiri menyatu. Bagian utama dari akordeon ada tiga macam, yaitu bellow, tubuh dan palet. Bellow merupakan bagian akordeon dengan fungsi utama sebagai tekanan udara untuk mengeluarkan bunyi atau suara. Sedangkan palet merupakan bagian dari akordeon berperan utama untuk mengontrol keluar masuknya udara. Secara mudahnya mirip seperti katup yang bisa terbuka dan tertutup.

Alar musik akordeon memiliki empat jenis. Yang pertama adalah Accordion berwarna, Accordion concertinasn Accordion diantonis, dan juga accordion piano. Dari keempat akordeon tersebut, akordeon diantonis menjadi yang paling mashur di seluruh dunia.

Akordeon diatonis tersebut memiliki nada suara yang lebih tinggi dari jenis yang lain. Karena itulah di Eropa alat musik Akordeon Diantonis digunakan sebagai alat musim pengiring kelompok tari. Kemudian ada akordeom concertinasn, akordeon tersebut  memiliki bentuk yang paling aneh diantara jenis yang lain. Karena akordeon tersebut mempunyai kisi-kisi udara dengan jumlah sebanyak empat sampai dengan dua belas.

Cara Memainkan Alat Musik Akordeon

Pertama kali yang harus kamu lakukan sebelum memainkan alat musik akordeon adalah memastikan tata letak tidak salah. Akordeon tersebut harus kamu letakan pada area depan, dengan tali pengikatnya kamu kaitan di tubuh.

Kemudian palet kamu letakan pada sisi sebelah kiri. Tangan mu juga kamu masukan ke dalam tali dari palet yang berada di bawah sebelah kiri. Pada bagian kiri tersebut terdapat kord dan juga bass yang bisa kamu mainkan sesuai lagu. Lalu tangan kanan kamu gunakan untuk menekan-nekan tuts seperti ketika kamu memainkan sebuah piano.

Harga Akordeon

Alat musik Akordeon di jual dengan harga yang variatif tergantung merk dan tipe alat musik tersebut. Harga dari Akordeon di bandrol sekitar 368 ribu rupiah.

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019