Harian Nusantara

Fungsi Alat Centrifuge

review produk 94 View

Centrifuge

Perkembangan alat alat sains kini semakin canggih. Untuk mengerjakan berbagai hal kita tidak perlu melakukannya secara manual. Hal ini merupakan imbas dari perkembangan teknologi mekanik dan motor yang membuat alat manual bisa digerakkan dengan mesin. Berbekal energi listrik, motor bisa bergerak dan menggerakkan suatu benda. Dengan begini sistem kerja jadi lebih cepat dan lebih efektif. Namun yang paling penting adalah tugas manual manusia bisa digantikan. Dengan alat berkomponen motor akan menggerakkan suatu bagian dari benda secara otomatis. Tidak hanya itu kecepatannya pun bisa diatur. Salah satu alat yang mengadopsi cara kerja ini adalah alat bernama centrifuge.

Apa itu Alat Centrifuge

Bagi orang awam mungkin masih bingung apa itu alat yang bernama centrifuge ini. Namun sebenarnya prinsip alat centrifuge sering kita temui dalam kehidupan sehari hari. Centrifuge merupakan sebuah alat yang digerakkan oleh tenaga listrik dan dibekali dengan mesin motor dimana disini objek ditempatkan. Selain itu juga dirotasi di sekitar sumbu yang tetap. Objek yang dirotasi ini menerapkan kekuatan untuk selalu tegak lurus dari sumbu. Alat ini melakukan proses kerjanya dengan cara dan prinsip sedimentasi. Dengan percepatan sentripetal yang digerakkan oleh alat inu membuat zat padat ini terpisah di sepanjang arah radial yaitu bagian yang terdapat di bawah tabung. Zat padat inu terpisah dengan objek yang jauh lebih ringan yang bergerak ke atas serta terpisah. Centrifuge juga diartikan sebagai alat untuk memutar sampel yang diletakkan didalamnya pada kecepatan yang tinggi dimana dengab perputaran ini partikel yang memiliki massa lebih berat akan terkumpul pada bagian bawah dari tabung centrifuge. Dalam hal penggunaan centrifuge ini biasanya digunakan untuk pemisahan komponen sel darah dari susunan cairannya, dengan begitu cairan ini nantinya bisa digunakan dalam pemeriksaan.

Loading...

Fungsi Alat Centrifuge

Pada prinsipnya alat ini bekerja dalam hal pemisahan molekular dari organel subselular atau sel. Proses ini mengadopsi sebuah prinsip fisika bahwa partikel yang tersuspensi dalam suatu bagian wadah akan terbawa ke bagian bawah dan mengendap hal ini karena adanya efek gravitasi yang ditimbulkan. Untuk mengatur laju pengendapan dari suatu partikel yang disuspensi maka kita bisa menurunkan atau meningkatkan gaya gravitasi atas partikel tersebut. Cara Pengaturan laju pengendapan tersebut yaitu dengan penempatan wadah yang isinya suspensi partikel pada mesin centrifuge. Letaknya ada di bagian rotor dimana bagian tersebut nantinya akan berputar sesuai dengan kecepatan yang ditentukan. Namun hal tersebut juga ditentukan dadi ukuran serta berat jenis dari suspensi yang dimasukkan. Kesmpulannya adalah alat ini bekerja dengan memanfaatkan gaya centrifugal sehingga dinamakan centrifuge. Dengan prinsip ini bahan dapat terpisah. Caranya adalah dengan melakukan perputaran campuran dengan kecepatan yang tinggi dimana porosnya ada di titik pusat. Alat ini akan berhenti saat pintu katup centrifuge terbuka.

Cara Menggunakan Alat Centrifuge

Sebelum memulai melakukan proses ini anda siapkan terlebih dahulu larutan yang ingin di murnikan dan dipisahkan. Setelah itu beri tenaga listrik dengan menyambungkannya pada steker. Setelah tersambung anda bisa mulai menyalahkan centrifuge ini. Berikutnya anda bisa membuka katup penutup centrifuge lalu tekan tombol open. Pada gelas tabung tersebut masukkanlah larutan yang ingin anda pisahkan. Dengan catatan anda harus memasukkan larutan dengan jumlah yang sama untuk setiap tabung. Setelah itu anda bisa memasukkannya pada lubang yang terdapat dalam centrifuge. Untuk isi dari larutan yang dimasukkan ke dalam tabung dan anda ingin memurnikannya maka tabung tersebut harus diletakkan secara berlawanan dan bersilang. Hal ini menjadi tidak perlu apabila lubang yang terdapat pada seluruh centrifuge sudah terisi oleh larutan. Selanjutnya anda bisa menutup kembali centrifuge sembari mengatur waktu putaran dan kecepatan putaran rotasi dengan satuan rpm. Jika sudah Anda bisa tekan tombol on

 

Harga Alat Centrifuge

Alat centrifuge ini memiliki harga yang cenderung mahal. Harganya mencapai jutaan namun di Shopee sendiri harganya masih cukup terjangkau untuk saat ini yang termurah adalah Rp,1000.000 (satu juta rupiah). Namun untuk harga rata rata mencapai 3-5 juta rupiah. Sementara terdapat juta centrifuge yang memiliki harga lebih dari 10 juta rupiah.

 

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019