Harian Nusantara

Fungsi Gelas Ukur

review produk 70 View

Dalam dunia medis di butuhkan berbagai macam alat dengan fungsi dan kegunaan yang bermacam-macam. Salah satu alat yang digunakan dalam dunia medis atau kesehatan adalah Gelas ukur measuring cylinder. Umumnya gelas ukur ini digunakan pada laboratorum kesehatan untuk mengukur volume cairan. Gelas ukur biasanya berbentuk silinder dengan terdapat garis penanda untuk memudahkan mengukur volume dari cairan tersebut.

Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap semua hal yang berkaitan dengan Gelas ukur mulai dari pengertian, fungsi dan kegunaan, cara menggunakan dan juga harga Gelas ukur measuring cylinder. Berikut ini adalah fungsi utama beserta dengan cara menggunakan Gelas ukur. Simak ulasan artikel yang ada di bawah ini.

Pengertian Gelas Ukur Measuring Cylinder

Sebelum membahas lebih dalam lagi mengenai Measuring Cylinder, terlebih dahulu akan kami jelaskan pengertian dari gelas ukur Measuring Cylinder tersebut. Gelas ukur Measuring Cylinder merupakan sebuah peralatan di laboratorium yang digunakan untuk mengukur tinggi rendahnya volume dari suatu cairan. Secara umum bentuk dari gelas ukur Measuring Cylinder adalah berbentuk silinder dengan di permukaan luar terdapat garis dan angka-angka yang menunjukan ukuran volume cairan tersebut.

Loading...

Bahan-bahan yang digunakan dari gelas ukur ada beberapa jenis. Salah satunya adalah polipropilena. Bahan dasar polipropilena ini memiliki resistensi kimia yang cukup baik karena transparan sehingga terlihat lebih terang. Bahan polipropilena ini cocok digunakan untuk gelas ukur yang besar.

Fungsi Gelas Ukur

Fungsi utama dari gelas ukur measuring cylinder adalah untuk mengukur volume dari suatu cairan. Perlu kamu ketahui, volume cairan yang dapat di ukur dengan menggunakan measuring cylinder ini adalah cairan yang tidak terlalu membutuhkan ketelitian yang tinggi. Seperti contohnya pereaksi atau reagen yang digunakan untuk analisis kimia kualitatif.

Bentuk dari gelas ukur measuring cylinder adalah corong atau berbentuk silinder. Di permukaan luar dari gelas ukur measuring cylinder tersebut memiliki garis dan angka yang berfungsi untuk menghitung ketinggian dari suatu cairan dan juga untuk mengukur volume mililiter dari cairan tersebut dengan variatif hitungan yang tersedia di satu sisi permukaan luar.

Jika di bandingkan dengan labu laboratorium atau gelas kimia, gelas ukur measuring cylinder ini jauh lebih akurat dan lebih presisi ketika mengukur volume suatu cairan. Namun, gelas ukur measuring cylinder ini sebaiknya tidak kamu gunakan untuk mengukur analisis volumetrik. Dan begitu sebaliknya, maka gelas kimia maupun labu laboratorium tentu jauh lebih akurat dan lebih presisi untuk menganalisis volumetrik.

Akurasi volume pada gelas ukur measuring cylinder memiliki gambar berupa skala dengan tiga angka yang signifikan yaitu silinder 100 ml dengan angka gradasi yang berlaku adalah 1 ml. Sedangkan untuk gelas ukur measuring cylinder dengan silinder 10 ml menggunakan angka gradasi 0,1 mm.

Gelas ukur measuring cylinder memiliki dua kelas akurasi, yaitu kelas A dan kelas B. Gelas ukur kelas A memiliki akurasi yang lebih tepat dua kali lipat dibanding dengan gelas ukur kelas B. Sedangkan untuk skala, gelas ukur measuring cylinder juga memiliki dua tingkatan yaitu skala tunggal dan skala ganda.

Secara umum skala tunggal digunakan untuk membaca volume dari atas ke bawah atau mengisi volume tersebut. Dan untuk skala ganda digunakan untuk pengisan dan penuangan volume atau dalam istilahnya disebut dengan skala terbalik.

Cara Membaca Gelas Ukur

Adapun untuk membaca gelas ukur measuring cylinder, kamu perlu melakukan pengamatan arah mata sejajar pada deretan angka dan garis pada meniskus bawah cairan agar dapat membaca volumen suatu cairan dengan akurat. Kamu letakan gelas ukur measuring cylinder tersebut pada tempat yang datar dan meniskus dari gelas ukur measuring cylinder tersebut kamu baca secara sejajar dengan mata mu.

Harga Gelas Ukur

Berbagai macam model dan ukuran dari gelas ukur measuring cylinder ini bisa kamu beli baik di toko-toko offline maupun online. Sekarang dengan kemudahan teknologi bisa membuat kamu yang ingin membeli gelas ukur tidak perlu keluar rumah. Salah satu gelas ukur measuring cylinder dengan diameter 44 mm dan kapasitas sampai dengan 1 ml di bandrol dengan harga sekitar 231 ribu rupiah per pcs.

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019