Harian Nusantara

Fungsi Keyboard dan cara menggunakannya

review produk 100 View

Fungsi Keyboard

Di era modern seperti sekarang ini tentu kalian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya komputer. Komputer sendiri merupakan alat yang  yang dapat membantu pekerjaan manusia dalam mengolah berbagai macam data.

Secara umum komputer terdiri dari 3 elemen yaitu hardware, software dan brainware. Dimana hardware merupakan perangkat keras komputer. Sedangkan software adalah perangkat lunak komputer. Adapun brainware adalah pengguna komputer tersebut.

Adapun salah satu perangkat keras atau hardware komputer yang memiliki fungsi penting adalah keyborad. Dengan adanya keyboard maka pengguna komputer dapat memberikan perintah atau tugas kepada komputer.

Loading...

Apa Itu Keyboard

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa keyboard merupakan salah komponen penting yang ada pada sebuah komputer. Secara umum keyboard merupakan salah satu perangkat keras yang terdiri dari banyak tombol seperti tombol fungsi, tombol alphanumerik dan beberapa tombol penting lainnnya.

Keyboard yang ada pada komputer biasanya menggunakan format QWERTY yang sudah terstandarisasi secara internasional. Meskipun memiliki format yang sama, tetapi ukuran keyboard komputer berbeda satu sama lain, ada yang berukuran kecil dan tidak sedikit pula yang berukuran besar.

Fungsi Dan Manfaat Keyboard

Keyboard sendiri memiliki banyak tombol yang bisa digunakan oleh pengguna komputer untuk memberikan perintah atau tugas kepada komputer. Setiap tombol yang ada pada keyboard tentu memiliki fungsi yang berbeda satu sama lain.

Fungsi tombol keyboard pada dasarnya dibedakan menjadi 2 yaitu fungsi satu tombol keyboard dan juga fungsi kombinasi tombol keyboard, dimana fungsi kombinasi tombol keyboard biasanya terdiri dari 2 tombol atau lebih yang ditekan secara bersamaan.

Adapun beberapa perintah yang bisa dilakukan dengan menggunakan keyboard komputer antara lain adalah untuk menyalin data, menghapus data bahkan bisa juga digunakan untuk memindahkan data.

Cara Menggunakan Keyboard

Penggunaan keyboard komputer sebenarnya sangat mudah. Pasalnya pengguna komputer cukup menekan tombol yang ada pada keyboard untuk memberikan perintah kepada komputer.

Namun untuk bisa menggunakan keyboard komputer tentu tidak boleh sembarangan menekan tombol keyboard tanpa mengetahui fungsinya. Paling tidak sebelum menekan tombol keyboard untuk memberikan perintah kepada komputer, pengguna harus mengetahui fungsi masing-masing tombol yang ada di keyboard.

Misalnya tombol alphanumerik digunakan untuk menginputkan karakter berupa huruf dan angka. Kemudian tombol capslock berguna untuk merubah ukuran huruf menjadi besar atau menjadi huruf kapital. Ada juga tombol delete yang berfungsi untuk menghapus sebuah file.

Selain beberapa tombol diatas, pengguna juga harus mengetahui beberapa fungsi tombol kombinasi keyboard. Beberapa contoh tombol kombinasi yang ada pada keyboard antara lain adalah tombol kombinasi antara Ctrl + C dimana fungsinya untuk menyalin sebuah file. Ada juga tombol kombinasi Alt + F4 untuk keluar dari aplikasi atau untuk melakukan shut down komputer.

Untuk menjaga keyboard agar tidak cepat rusak dan awet, pengguna juga harus bisa merawat keyboard tersebut dengan baik. Adapun salah satu tips merawat keyboard supaya tidak cepat rusak adalah jangan terlalu keras menekan tombol yang ada pada keyboard.

  

Harga Keyboard

Keyboard komputer memiliki harga yang bervariasi. Dimana harga tersebut tergantung dari desain keyboard tersebut, merk keybord tersebut hingga kecanggihan yang ditawarkan keyboard tersebut. Semakin baik kualitas keyboard tersebut maka semakian mahal pula harganya.

Keyboard Logitech K100 PS2

Harga Logitech K100 PS2 yang ada di blibli.com berada dikisaran Rp 95.000. Keyboard yang satu ini memiliki desain yang slim dan compact sehingga pengguna akan merasa nyaman saat menggunakan keyboard ini dalam waktu yang cukup lama. Selain itu keyboard yang satu ini juga sudah dilengkapi dengan fitur anti air.

Keyboard Logitech MK220

Keyboard ini merupakan salah satu wireless keyboard yang memiliki desain yang menarik. Adapun jangkauan wireless keyboard ini mencapai 10 meter. Logitech MK220 juga sudah mendukung enkripsi AES 128 bit. Adapun harga keyboard yang satu ini di pricebook.co.id mencapai Rp 146.500.

Keyboard Logitech K122

Harga untuk satu buah keyboard dengan merk Logitech tipe K122 cukup terjangkau. Pasalnya di lazada.co.id keyboard ini dijual dengan harga Rp 43.650. Selain harganya yang terjangkau keyboard ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai macam tombol yang lengkap untuk memberikan perintah kepada komputer.

.

 

 

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019