Harian Nusantara

Fungsi Pinset Chirurgis

review produk 117 View

Fungsi Pinset Chirurgis

Pada kondisi tertentu ada kalanya petugas medis perlu mengambil tindakan pembedahan ataupun operasi untuk dapat menyelematkan nyawa pasien. Proses operasi atau pembedahaan dilakukan jika pasien mengalami masalah kesehatan yang serius pada tubuh bagian dalam atau organ dalam.

Namun sebelum memutuskan memutuskan untuk melakukan tindakan pembedahan atau operasi pada pasien. Petugas medis harus melakukan beberapa tindakan terlebih dahulu.

Adapun beberapa tindakan yang harus dilakukan oleh petugas medis sebelum memutuskan untuk melakukan tindakan operasi antara lain tindakan seperti mengecek kondisi pasien baik tekanan darah ataupun kondisi jantung dan lain sebagainya sampai mengecek kelengkapan alat yang digunakan untuk proses pembedahan atau operasi pasien.

Loading...

Salah satu alat yang biasanya sering digunakan petugas medis ketika sedang melakukan pembedahan ataupun operasi pasien adalah pinset chirurgis.

Apa Itu Pinset Chirurgis

Bagi orang awam tentu akan asing dengan istilah pinset chirurgis. Namun bagi petugas kesehatan atau medis pinset chirurgis merupakan alat yang familiar dan tidak asing serta sering digunakan pada saat melakukan prosedur operasi pasien.

Pinset chirurgis atau pinset operasi terbuat dari bahan stainless steel yang terdiri dari susunan gigi 1×2, 2×3 dan 3×4. Penggunaan bahan stainless stell bertujuan supaya pinset chirugis tidak mudah korosif dan bisa digunakan secara berulang.

Untuk menggunakan pinset chirurgis harus menggunakan perhitungan yang matang. Pasalnya jika sampai salah perhitungan hal itu dapat berakibat fatal bagi pasien. Tidak jarang hal itu dapat merusak jaringan tubuh pasien.

Fungsi Dan Manfaat Pinset Chirurgis

Pinset chirurgis memiliki banyak fungsi dan manfaat yang berguna pada saat melakukan tindakan operasi kepada pasien. Adapun fungsi pinset chirurgis pada saat melakukan tindakan operasi antara lain untuk membentuk pola jahitan. Selain untuk membentuk pola jahitan, pinset chirurgis bisa juga digunakan oleh petugas medis untuk membersihkan sisa-sisa luka yang diakibatkan karena jahitan.

Adapun fungsi pinset chirurgis yang tidak kalah penting ketika melakukan tindakan operasi adalah untuk menjepit otot serta memberi tanda pada kulit sebelum memulai proses operasi atau pembedahan pasien.

Cara Menggunakan Pinset Chirurgis

Penggunaan pinset chirurgis bisa dibilang tidak mudah. Pasalnya tidak semua orang bisa menggunakan pinset chirurgis. Pinset chirusgis hanya diperuntukan bagi petugas medis yang sudah berpengalaman dan mengetahui cara menggunakannnya.

Pinset chirurgis digunakan dengan ibu jari dan juga 2 sampai 3 anak jari lainnnya dalam satu tangan. Setelah pinset chirurgis berhasil dipegang lalu tekan kearah berlawanan dengan ibu jari serta jari lainnnya. Dengan demikian maka pinset chirurgis dapat digunakan untuk menggenggam objek dan jaringan tubuh yang kecil dengan cepat dan mudah. Apabila pinset chirurgis selesai digunakan sebaiknya segera melakukan pembersihan dengan cara menyikat pinset chirurgis sampai bersih. Usahakan darah atau jaringan tubuh yang menempel pada pinset chirurgis hilang atau tidak menempel pada pinset chirurgis.

Apabila pinset chirurgis tidak dibersihkan dengan baik atau masih ada darah atau jaringan yang menempel pada pinset chirurgis. Hal itu dapat menyebabkan pinset chirurgis mudah korosif.

Setelah pinset chirugis berhasil dibersihkan dan terbebas dari darah serta jaringan tubuh yang menempel. Sebaiknya pinset chirugis direndam didalam larutan klorin 0.5% selama 10 menit.

Untuk menjaga agar pinset chirurgis benar-benar steril, setelah pinset chirugis berhasil dibersihkan sebaiknya direbus dengan air mendidih selama 20 menit sampai 30 menit.

 

Harga Pinset Chirurgis

Harga pinset chirurgis dipasaran cenderung cukup terjangkau. Yang membedakan harganya adalah ukuran serta merk dan bahan yang digunakan. Semakin bagus kualitasnya maka secara otomatis harganya juga akan semakin mahal.

Pinset Chirurgis

Hanya dengan uang sebesar Rp 30.000 kalian sudah bisa mendapatkan satu buah pinset chirurgis berbahan stainless stell merk renz buatan jerman yang memiliki panjang 14 cm.

Pinset Chirurgis

Sedangkan di bukalapak.com harga satu buat pinset chirurgis mencapai Rp 45.000. Dengan kelengkapan satu buah pinset chirurgis merk renz buatan jerman dengan panjang 12 cm yang terbuat dari bahan stainless stell.

 Pinset Chirurgis

Adapun di olx.com harga satu buah pinset chirurgis berkisar Rp 30.000. Kelengkapannya meliputi satu buat pinset chirurgis berbahan stainless stell buatan jerman yang bermerk renz dengan panjang 14 cm.

 

 

 

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019