Harian Nusantara

Fungsi Alat Reflex Hammer

review produk 125 View

Reflex Hammer merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mendeteksi kelainan saraf tendon. Alat Reflex Hammer ini memiliki bentik seperti sebuah palu dan pada umumnya alat Reflex Hammer ini terbuat dari bahan stainless steel. Reflex Hammer ini memiliki berbagai fungsi lain selain untuk mendeteksi kelainan saraf tendon. Alat ini akan di pukul secara pelan pada bagian lutut untuk mendeteksi penyakitnya.

Pada artikel kali ini kami akan mengulas semua hal yang berkaitan dengan alat Reflex Hammer ini. Kami akan menjelaskan pengertian, fungsi dan kegunaan, cara menggunakan dan harga jual di pasaran dari alat Reflex Hammer ini. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan artikel yang ada di bawah ini.

Pengertian Reflex Hammer

Secara mudahnya, Reflex Hammer bisa diartikan sebagai sebuah alat dalam dunia medis yang digunakan untuk menguji refleks tendon atau bisa digunakan digunakan untuk refleksi di bagian-bagian tertentu pada tubuh seorang pasien.

Loading...

Alat Reflex Hammer kerap digunakan oleh dokter-dokter spesialis saraf yang nantinya akan mengetahui seberapa berfungsinya syarat refleks dari pasien tersebut. Refleks sendiri merupakan suatu reaksi yang secara tidak sengaja di timbulkan akibat terdapat aksi di bagian-bagian tubuh, umumnya pada area lutut.

Rangsangan dari alat Reflex Hammer yang di pukulkan pada bagian lutut akan terdeteksi dan kemudian di teruskan ke bagian pusat refleks melalui alur syaraf-syaraf perasa di tubuh manusia. Setelah itu, rangsangan yang di terima akan di teruskan ke bagian syaraf penggerak dan akan konsisten otot-otot menggerakan rangsangan tersebut.

Ada banyak jenis dan tipe dari Reflex Hammer tersebut. Yang pertama adalah Reflex Hammer taylor atau tamahawk. Reflex Hammer Taylor sendiri di rancang dan di buat oleh seorang ahli yang bernama John Madison Taylor pada waktu 1888. Reflex Hammer Taylor menjadi palu refleks yang paling terkenal di Amerika Serikat dan paling banyak digunakan.

Reflex Hammer Taylor terdiri atas karet dengan bentuk segitiga pada ujung bagian atasnya dan pegangan berupa logam datar. Bisa di bilang bahwa Reflex Hammer Taylor ini memiliki bentuk yang lebih kecil dan bobon dari Reflex Hammer Taylor tersebut relatif lebih ringan jika dibandingkan dengan palu refleks serupa yang lainnya.

Jenis palu refleks atau Reflex Hammer berikutnya adalab queen square. Palu refleks yang satu ini semula di rancang khusus untuk sebuah rumah sakit yang secara khusus menangani pasien dengan penyakit neurologi dan juga bedah syaraf di kota Queen Square, London.

Mula-mula, alat Reflex Hammer queen square ini dibuat dari bahan dasar kayu atau bambu dengan diameter panjangnya adalah sekitar 10 inchi sampai 16 inchi. Pada area bambu tersebut di lekatkan sebuah disk logam dengan diameter 2 inchi dan di lapisi bumper plastik. Semakin berkembang zaman, sekarang Reflex Hammer Queen Square dibuat dengan cetakan plastik dan pada ujungnya lebih meruncing.

Fungsi Alat Reflex Hammer

Setidaknya ada dua fungsi utama dari alat kesehatan Reflex Hammer atau palu refleks ini. Fungsi pertama adalah untuk memancing reaksi atau refleks. Rangsangan yang di hasilkan dari palu tersebut akan membuahkan reaksi yang mana menjadi penting dalam pemeriksaan secara fisik.

Fungsi lain dari palu refleks atau Reflex Hammer adalah untuk mendeteksi kelainan-kelainan pada syaraf pusat atau perifer. Dengan alat tersebut nantinya akan kelihatan apakah syaraf pusat atau perifer tersebut berfungsi dengan normal atau malah mengalami kelainan yang membutuhkan metode-metode penyembuhan lain.

Cara Menggunakan Alat Reflex Hammer

Palu refleks atau Reflex Hammer digunakan dengan cara di pegang pada bagian gagang pegangan oleh dokter yang bersangkutan. Kemudian palu tersebut akan di ayunkan mengarah ke bagian dari tendon yang di sinyalir memiliki kelainan.

Harga Alat Kesehatan Reflex Hammer

Ada berbagai macam jenis dan merk dari alat kesehatan Reflex Hammer. Karena itu, maka kesimpulan yang di dapat adalah masing-masing tipe Reflex Hammer memiliki harga yang berbeda. Kami mengambil contoh alat kesehatan Reflex Hammer dengan tipe REFLEX HAMMER SEGITIGA GENERAL CARE yang di bandrol dengan harga sebesar 20 ribu rupiah.

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019