Tips-Menyimpan-Sayur-Dikulkas-Agar-Tetap-Awet-dan-Segar

tips-menyimpan-sayur-dikulkas-agar-tetap-awet-dan-segar-2Hariannusantara.com – Sebagai penyeimbang utama dalam pemenuhan gizi, sayur dan buah merupakan hal yang penting dan harus diperhatikan. Oleh karenanya banyak para ibu yang sengaja memberli sayur dalam jumlah yang banyak sebagai stok guna menyediakan makanan yang sehat untuk keluarganya.

Bahkan terkadang banyak sayur yang harus disimpan ke dalam lemari es karena tak sekali habis dimasak. Namun terkadang sayuran yang teah dimauskkan kedalam kulkas menjadi busuk dan akhirnya terbuang sia – sia.

Untuk mensiasati sayuran yang busuk sebelum dimasak, berikut ini tips yang dapat diterapkan agar sayur dan buah menjadi tahan lama dan tak mudah layu serta busuk

Pilih Sayuran Secara Cerdas

tips-menyimpan-sayur-dikulkas-agar-tetap-awet-dan-segarCerdas yang dimaksudakan adalah dengan membeli sayuran yang sesuai dengan daftar dan kebutuhan Selain itu pastikan memberli sayur daam keadaan segar dan hindari memebeli sayuran yang tak diperlukan.

Loading...

Paslanya sayur yang sudah tak segar saat dibeli akan cenderung tak bertahan lama. Selain itu ketelitian dalam membeli sayur juga harus dipastikan. Jangan sampai ada sauran yang bolong atau busuk sebelum dibeli.

Cuci Sayur Yang Baru dibeli

Jika semua sayur yang dibutuhkan telah dibeli maka jangan lupa untuk segera mencucui sayuran tersebut. Dan dalam mencuci sayur perhatikan warna sayuran tersebut, kelompokkan sayuran berdasarkan jenisnya. Misalnya kelompok sayur hijau, wortel, kentang, lobak, sawi, hing alabu siam.

Setelah dikelompokkan berdasarkan jenisnya, cuci sayuran satu persatu agar benar benar bersih, dan khusus untuk sayuran yang mudah lembek hanay peru dicuci secukupnya. Setelha semua sayur dicuci jangan langsung disimpan naun harus ditiriskan terlebih dahulu agar air saat mencuci benar benar kering.

Jangan menyimpan sayur yang sudah dipotong

Sayuran yang telah dipotong cenderung lebih cepat busuk, sehingga lebih bak menyimpan sayuran dalam keadaan utuh karena lebih tahan lama

Pastikan kebersihan kulkas

Perlu diperhatikan kebersihan kulkas saat hendak menyimpan sayuran, selain itu perlu juga dilihat suhu kulkas. Pastikan tempat untuk menyimpan sayuran karena suhu di dalamnya sejuk dan dingin. Suhu di dalam kulkas sebaiknya yaitu antara 1-4 derajat celcius. Apabila lebih tinggi dari itu maka akan menyebabkan timbulnya bakteri yang nantinya akan mempengaruhi rasa dan aroma makanan yang disimpan di dalamnya, sementara jika lebih rendah dari itu maka akan membuat sayuran beku.

Tata sayuran yang dimasukkan kedalam kulkas

Kulkas memiliki saku lemari yang disimpan di pintu yang biasanya digunakan untuk menyimpan telur atau minuman, badan kulkas seperti rak bersusun dan bagian freezer. Sehingga terdapat bagian yang sangat pas digunakan untuk menyimpan sayuran yaitu bagian badan kulkas. Namun perlu diingat dalam meletakkan sayur dikulkas perlu disusun sesuai jenisnya.

  • Pada umunya kulkas memiliki 4 lantai, dimana lantai yang paling bawah digunakan untuk menyimpan sayur berdaun hijau atau kelompok sayur hijau, karena letaknya paling bawah dan memiliki suhu dingin yang stabil. Sebaiknya saat sayur hijau ditata dengan rapi dan arah tidur vertikal agar bisa muat lebih banyak sayur.
  • Untuk lantai 2 bisa anda gunakan untuk menyimpan sayuran yang memiliki kadar air rendah seperti misalkan wortel, kol, kacang panjang, buncis dan lain sebagainya. Suhu pada lantai 2 ini biasanya tidak terlalu dingin karena tidak dekat dengan pendingin yang berada di lantai 4.
  • Untuk lantai 3 bisa digunakan untuk menyimpan bumbu-bumbu, seperti bawang merah, bawang putih dan lainnya.
  • Untuk lantai 4 bisa digunakan untuk menyimpan sayuran berkadar air tinggi karena suhu dilantai 4 lebih dingin dibandingkan dengan suhu yang lainnya. Sayur-sayuran berkadar air tinggi seperti misalkan terong, tomat, timun, cabai, paprika dan sayuran yang apabila disimpan akan mengeluarkan air.

Masukan saur ke dalam kantong plastik

Penyimpanan sayuran ke dalam plstik sebelum dimasukkan ke dalam kulkas bertujuan untuk membuat saur lebih bertahan lama. Namun perlu diigat plastik yang digunakan harus dilubangi terlebih dahulu agar sayuran tak mudah busuk. Selian itu Jika sayuran disimpan tanpa dimasukan ke dalam plastik, maka sayuran akan lebih mudah kering

Baca Juga

Tips Alami Yang Efektif Hilangkan Komedo Di Wajah

5 Tips Untuk Jomblo Agar Malam Minggumu Tak Membosankan

4 Tips Liburan Hemat Ala Backpaker Professional