Jangan Anggap Sepele! Begini Tips Agar Postur Tubuh Tetap Nyaman Selama Berkendara

Jangan Anggap Sepele! Begini Tips Agar Postur Tubuh Tetap Nyaman Selama Berkendara

Jangan Anggap Sepele! Begini Tips Agar Postur Tubuh Tetap Nyaman Selama Berkendara

Hariannusantara.comTak sedikit orang yang harus menempuh perjalanan selama berjam-jam untuk mencapai suatu tujuan dengan mobil. Penyebabnya pun beragam, bisa jadi karena jarak yang memang jauh atau harus melalui jalanan macet sepanjang hari. Dengan durasi yang cukup tinggi, postur berkendara menjadi penting. Pasalnya, posisi duduk yang tetap mampu menghindarkan badan dari cepat lelah dan potensi cedera serius. Dan berikut adalah beberapa hal yang perlu dipastikan agar postur pengendara tetap nyaman dan aman.

1. Posisi Jok

Disarankan saat menyetir, posisi lutut mebentuk sudut kira-kira 110 derajat. Posisi ini terbilang ideal untuk menekan pedal gas, rem, dan kopling. Selain itu, pastikan punggung dapat bersandar dengan baik dan ketinggian jok sesuai untuk jarak pandang maksimal.

2. Posisi Setir

Loading...

Pastikan setir tidak menghalangi pandangan ke instrumen panel di dashboard. Selain itu, jika ada fitur tilt, sesuaikan posisinya sesuai dengan keinginan.

3. Posisi Tangan

Saat mengemudi, letakkan tangan kanan di arah jam 3 dan 9 untuk tangan kiri sehingga mebentuk sudut sekitar 120 derajat. Fungsinya adalah agar Anda bisa memutar setir dengan baik dan optimal.

4. Posisi Headrest

Sesuaikan posisi sandaran kepala dengan keinginan Anda. Selain itu, pastikan juga headrest dapat menahan kepala dengan baik saat terjadi benturan. Posisi headrest yag ideal adalah bagian tengahnya sejajar dengan ujung atas telinga.

5. Posisi Spion

Pastikan Anda bisa melihat kondisi lalu lintas di belakang mobil seluas-luasnya melalui kaca spion dan tetap perlihatkan sedikit bagian belakang mobil.

Dengan memperhatikan posisi beberapa bagian tersebut tentunya bisa mengurangi rasa pegal saat Anda berkendara jarak jauh. Semoga bermanfaat!