Harian Nusantara

Susul Malaysia, Tim Basket Filipina Ikut Mundur Dari Asian Games 2018

Olah Raga 21.8K View

Susul Malaysia, Tim Basket Filipina Ikut Mundur Dari Asian Games 2018

Hariannusantara.com – Gelaran Asian Games 2018 yang diadakan di Palembang dan Jakarta tampaknya memang menuai banyak pro dan kontra. Setelah dibuat geger dengan ulah Malaysia dimana Timnas U-23 dan bulutangkis andalan single putra juga mundur, kini negara Asean lainnya ikut berulah. Dia adalah Filipina, dimana kabarnya tim basket dari Filipina juga memilih untuk mundur dari gelaran ajang olaharag 5 tahunan di benua Asia ini.

Pernyataan mundur tim basket Filipina ini dikonfirmasi langsung oleh ketua Philipines Olympiad Commite (POC) Ricky Vargas. Bahkan mereka sejatinya mengetahui bahwa mundurnya Samahang Basketbol ng Pilipinas (SBP) bisa membawa sanski kepada mereka karena tidak mengirimkan tim basket ke Asian Games.

“Saya kira begitu, akan ada sanksi yang mungkin berupa denda uang. Aku cukup yakin akan ada, tapi yang tidak kuketahui adalah apakah ada sanksi di luar denda,” ujarnya seperti dikutip dari ABS News.

Memang berdasarkan aturan, tim basket Filipina bisa mendapatkan sanksi, meski pihak OCA belum angkat bicara mengenai hal ini. Dalam pasal 57 konstitusi OCA menyatakan bahwa “penarikan delegasi, tim atau atlet yang telah dinyatakan lolos tanpa persetujuan OCA akan menjadi subyek tindakan disipliner.” Hukuman dari pasal tersebut juga disebutkan bisa berupa denda uang atau dalam bentuk lainnya.

Soal alasan mengapa tidak mengirim tim basket, SBP merasa ini bukan saat yang tepat menurunkan tim mereka setelah mendapat sanksi dari Federasi Basket Dunia (FIBA). Tim nasional basket putra Filipina mendapat hukuman dari FIBA setelah terlibat perkelahian pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia kontra Australia, 2 Juli 2018. Sehinga mereka memutuskan untuk tidak mengirim tim basket mereka di ASian Games karena 10 pemain mereka juga dilarang bermain dari FIBA akibat kejadian memalukan itu. Ini juga menjadi kali pertamanya Filipina absen di Asian Games dalam 12 tahun terakhir.

Loading...
Copyright 2016 - 2018