Harian Nusantara

Jaguar Land Rover Luncurkan Mobil Pod Pintar Tanpa Pengemudi

Otomotif 44 View

Jaguar-Land-Rover-Luncurkan-Mobil-Pod-Pintar-Tanpa-Pengemudi

Hariannusantara.com – Perkembangan teknologi otomotif tak hanya ramah lingkungan tetapi juga ramah pejalan kaki. Berbagai brand otomotif terus melakukan inovasi teknologi meminimalisir kecelakaan. Kali ini sebuah inovasi dihadirkan Jaguar Land Rover dengan meluncurkan mobil pod pintar tanpa pengemudi atau mobil otonom, yang mampu mendeteksi keberadaan manusia saat melakukan penyeberangan di zebracross.

Dilansir Carscoops, mobil pod ini bahkan berperilaku layaknya manusia. Ia memiliki mata besar yang diletakan dibawa atap depan mobil yang mampu berinteraksi dengan kondisi jalan. Terutama ketika pejalan kaki nyeberang. Dalam keadaan tersebut mobil akan memberikan signal pada mesin untuk berhenti sehingga orang dapat menyeberang jalan dengan aman. Hal ini otomatis dilakukan melalui sensor yang dipasang pada beberapa bagian mobil.

Pete Bennett, Manajer Riset Mobilitas Masa depan Jaguar Land Rover mengungkapkan mobil pod ini dirancang untuk memiliki perilaku manusia. Perilaku pejalan kaki akan diterjemahkan untuk sebuah tindakan antisipasi. Divisi mobilitas Jaguar Land Rover saat ini terus melakukan penelitian untuk melihat apakah matanya yang besar, mampu memberikan signal pada pejalan kaki dan membiarkan mereka tahu kapan aman untuk menyeberang atau tidak.

Baca juga:
– 6 Produk Perawatan Mobil yang Wajib Anda Miliki
– Ikut Ajang Otomotif, Intip Kecenya Modifikasi Motor Putra Pertama Jokowi

Studi pembuat mobil berlangsung dalam adegan jalanan fabrikasi di Coventry di Inggris dan melibatkan psikolog kognitif yang akan menganalisis bagaimana orang bereaksi sebelum dan sesudah mereka melakukan kontak mata dengan pod tanpa pengemudi. Menurut penelitian yang dikutip oleh Jaguar Land Rover, hingga 63% pejalan kaki dan pengendara sepeda motor akan merasa kurang aman dengan adanya kendaraan self-driving atau mobil tanpa pengemudi di jalan.

Loading...
Copyright 2016 - 2018