Benarkah Kebiasaan Mencuci Wajah Dengan Sabun di Pagi Hari Adalah Kebiasaan Yang Salah?

Benarkah Kebiasaan Mencuci Wajah Dengan Sabun di Pagi Hari Adalah Kebiasaan Yang Salah

Benarkah Kebiasaan Mencuci Wajah Dengan Sabun di Pagi Hari Adalah Kebiasaan Yang Salah

Hariannusantara.com – Mencuci wajah setiap pagi merupakan rutinitas lazim yang dilakukan oleh para wanita. Selain dapat memberikan sensasi segar di kulit, kegiatan tersebut juga dipercaya dapat membersihkan segala kotoran, terutama minyak yang biasanya muncul saat Anda baru bangun tidur. Bagi sebagian wanita, rutinitas mencuci wajah tentu saja akan terasa jauh lebih bersih jika menggunakan facial wash atau jenis sabun lainnya.

Meski demikian, tidak semua wanita berpendapat demikian. Ada juga yang menghindari penggunaan sabun di pagi hari dengan hanya mengandalkan air saja. Setelah diselidiki, ternyata mencuci wajah di pagi hari hanya dengan air menyimpan banyak manfaat. Menurut Arleen Lamba, M.D, pendiri Blush Med Skincare di Maryland, Amerika Serikat, tubuh manusia bekerja untuk memperbaiki sel-sel yang ada di dalamnya saat tidur. Perbaikan sel-sel ini juga termasuk kulit Anda, dengan cara memproduksi minyak alami untuk menyeimbangkan kesehatan kulit, terutama di area wajah.

Minyak yang Anda temukan di wajah ketika bangun di pagi hari sejatinya bukanlah hal buruk yang perlu diatasi, melainkan tanda bahwa tubuh masih bekerja dengan baik untuk memperbaiki kulit secara alami. Jika Anda membersihkan wajah di pagi hari dengan bahan kimia, seperti sabun atau produk eksfoliasi lainnya, hal tersebut hanya akan menghilangkan kelembapan yang dihasilkan oleh minyak alami yang diproduksi oleh kulit tersebut. Bagi Anda dengan tipe kulit berminyak, membasuh wajah hanya dengan air saja justru sangat disarankan di pagi hari.

Baca juga:
– Tips Merawat Wajah Yang Mudah Dan Murah Dengan Bahan Rumahan
– Tips Alami Yang Efektif Hilangkan Komedo Di Wajah

Loading...

Hal ini dikarenakan sabun pada umumnya, terutama foaming cleanser, mengandung Sodium Lauryl Sulfate yang dapat membuat kulit menjadi semakin kering. Terlalu sering membersihkan atau mencuci muka rupanya juga bisa menjadi salah satu pemicu produksi minyak yang berlebih, jerawat, bahkan kulit iritasi dan kemerahan. Sebum sendiri berfungsi untuk menjaga kulit agar tetap terhidrasi dengan menjaga kadar kelembapan kulit. Jika Anda terlalu sering mencuci wajah, kulit pun secara otomatis akan memproduksi lebih banyak sebum sebagai bentuk pertahanan agar tetap lembap. Oleh karena itu, jangan heran jika kulit wajah Anda nantinya akan menjadi jauh lebih berminyak dari sebelumnya.