Selain Menyegarkan, Ini Manfaat Konsumsi Buah Semangka Secara Rutin

Selain Menyegarkan, Ini Manfaat Konsumsi Buah Semangka Secara Rutin

Selain Menyegarkan, Ini Manfaat Konsumsi Buah Semangka Secara Rutin

Hariannusantara.com – Semangka adalah salah satu buah yang sangat populer didunia,dengan rasanya yang manis dan segar yang kaya manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Buah semangka sangat mudah dijumpai dipasar atau dipinggir jalan. Selain mengobati rasa haus dan mengatasi dehidrasi, manfaat buah semangka bagi kesehatan juga dapat menjauhkan anda dari berbagai penyakit ganas. Apa saja?

Mengurangi resiko kanker prostat

Masih berkaitan dengan lycopene. Menurut hasil penelitian ahli, buah semangka mengandung lycopene dengan konsentrasi lebih tinggi dibandingkan buah atau sayur lainnya.Jadi resiko terkena kanker prostat akan menurun jika anda mengkonsumsi semangka secara teratur.

Menyembuhkan impotensi

Loading...

Ada juga zat berguna lainnya yang disebut sitrulin. Zat ini bekerja dengan meningkatkan produksi nitrat oxide, yang berperan pada kemampuan ereksi pria sehingga dapat menyembuhkan lemah syahwat.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Semangka merupakan buah yang kaya akan citrulline, asam amino yang dapat diolah menjadi asam amino esensial yang berguna bagi kesehatan yaitu Arginin. Zat ini berperan penting dalam proses penyembuhan luka dan mengurangi amonia. Jika kadar amonia dalam darah berlebih maka dapat menyebabkan kelelahan, penyakit ginjal dan penyakit hati.

Meningkatkan jumlah sperma pria dewasa

Adanya kandungan likopen di dalam semangka berguna untuk meningkatkan jumlah sperma, memperbaiki kualitas sperma serta mempercepat pergerakannya. Penelitian telah dilakukan oleh ahli kesehatan pada 30 pria tidak subur berusia 23 – 45 tahun yang diberi 20 mg likopen dua kali sehari selama 3 bulan. Hasilnya menunjukkan peningkatan jumlah sperma dan perbaikan struktur sperma.

Baca juga:
– Jus Buah Pencerah Kulit Kering dan Kusam
– Kandungan Buah Garcinia-cambogia, Cara Efektif Turunkan Berat Badan Dalam Dua Minggu

Kandungan elektrolit, natrium dan kalium berperan penting dalam mengganti cairan tubuh karena hilang terbawa keringat sehingga buah semangka juga bisa untuk menambah energy dalam tubuh. Selain itu semangka kaya akan vitamin B yang diperlukan untuk memproduksi energi. Ahli makanan merekomendasikan buah ini sebagai sumber vitamin B6, B1 dan magnesium.