Harian Nusantara

Ingin Awet Muda? Coba Konsumsi 5 Makanan Kaya Kolagen Ini

Informasi 40 View

Ingin Awet Muda Coba Konsumsi 5 Makanan Kaya Kolagen Ini

Hariannusantara.comDalam dunia kecantikan, istilah kolagen sudah sangat familiar dan peran pentingnya sangat dibutuhkan untuk kecantikan kulit. Kolagen adalah protein struktural utama dalam berbagai jaringan ikat di tubuh seseorang yang berperan untuk elastisitas kulit. Tubuh manusia dapat menghasilkan Kolagen yang diperlukan dengan sendirinya, namun seiring berjalannya waktu produksinya mulai melambat. Namun setelah usia 25 tahun, produksinya bisa menurun secara perlahan. Oleh karena itu Anda sebaiknya imbangi dengan berbagai makanan yang bisa mengantisipasinya.

1. Kaldu tulang

Makanan satu ini merupakan makanan kaya Kolagen  yang paling direkomendasikan. Kaldu ini mengandung bentuk bioaktif dari protein yang dapat segera digunakan oleh tubuh. Selain itu, kaldu dari daging juga direkomendasikan, khususnya kaldu daging sapi, kalkun dan ayam. Kaldu daging sapi kaya akan Kolagen tipe I yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit, sedangkan kaldu kalkun dan ayam mengandung Kolagen tipe II yang mendukung fungsi sendi.

2. Salmon

Ikan satu ini diketahui mengandung zink dan mineral yang merangsang produksi kolagen. Selain itu, lemak omega-3nya menghidrasi kulit yang membantu kulit tampak muda. Disarankan untuk mengonsumsi salmon 2 kali seminggu.

3. Alpukat

Buah satu ini merupakan pangan yang mengandung vitamin E dan membantu mencegah pemecahan Kolagen dalam tubuh. Selain itu, alpukat mengandung lemak yang bermanfaat untuk kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Pakar merekomendasikan makan setengah buah alpukat agar kesehatan kulit bisa terjaga sejak dini.

4. Tomat

Tomat mengandung lycopene, yakni zat kimia antioksidan yang melindungi kulit dari sinar UV. Lycopene juga bermanfaat untuk menstimulasi sintesis kolagen. Oleh karena itu, satu gelas jus tomat begitu disarankan untuk dikonsumsi setiap harinya.

5. Telur

Telur memiliki manfaat yang serupa dengan kaldu tulang sehingga direkomendasikan. Telur memang pangan yang mengandung kolagen, khususnya di bagian kuningnya. Telur juga mengandung belerang yang diperlukan untuk produksi kolagen dan detoksikasi hati.

Baca juga:
– Dapatkan Rahim Sehat dengan Konsumsi 4 Makanan Ini
– Bahaya! Makanan Ini Harus Dihindari Bagi Anda Penderita Diabetes

Selain itu, tentunya menjaga pola hidup sehat juga menjadi tips khusus agar Anda terlihat awet muda dan bertenaga. Salah satunya adalah dengan rutin beerolahraga 2-3 kali dalam seminggu.

 

Loading...
Copyright 2016 - 2018