Harian Nusantara

Seremoni Pembukaan Asian Para Games 2018 Bakal Usung Tema Kekayaan Laut

Olah Raga 60 View

Seremoni-Pembukaan-Asian-Para-Games-2018-Bakal-Usung-Tema-Kekayaan-Laut

Hariannusantara.comKamis (27/9/2018) malam, Panitia Pelaksanaan ‘Asian Para Games 2018’ (Inapgoc) telah mengundang beberapa awak media untuk menyaksikan langsung aksi latihan seremoni pembukaan yang dilakukan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Dikutip dari Kompas.com, Jumat (28/9/2018), pada gelaran seremoni pembukaan ‘APG 2018’ mendatang, Inapgoc akan mengusung tema kekayaan laut Indonesia. Sebuah set panggung besar dan luas ditata sedemikian rupa di tengah lapangan Stadion Utama Gelora Bung Karno. Set panggung tersebut terlihat menyerupai bentuk ombak lautan.

Dalam sesi latihan, juga terlihat ratusan penari dengan berbagai perlengkapan sambil diiringi musik orkestra. Aksi para penari juga diiringi oleh kemunculan kapal phinisi hingga komodo yang merupakan hewan khas Indonesia.

“Indonesia kan memiliki gunung dan laut. Kemarin Asian Games 2018 konsep pembukaannya gunung, kalau kami Asian Para Games 2018 temanya laut,” ujar Ketua Umum Inapgoc, Raja Sapta Oktohari.

“Semua itu adalah gabungan kebanggaan dari bangsa kita, bangsa kita kaya akan budaya,” ujar Okto.

Okto juga mengatakan jika seremoni pembukaan ‘APG 2018’ akan menonjolkan banyak sisi kemanusiaan. Salah satu bentuk konsep tersebut yaitu akan hadirnya 40 penyandang disabilitas pada seremoni pembukaan nanti.

“Kita punya ideologi yang luar biasa, yaitu Pancasila, yang di dalamnya tekandung makna inklusif bagi penyandang disabilitas,” ujar Okto.

Seremoni pembukaan ‘APG 2018’ nanti secara keseluruhan akakn melibatkan 1.500 penari yang berasal dari bermacam latar belakang. Sebagai penanngung jawab, acar tersebut bakal ditangani oleh Royal Indo sebagai pemenang tender. Mereka juga dikabarkan bakal menggandeng BWS sebagai perusahaan yang terlibat di gelaran ‘Olimpiade Rio 2016’ lalu.

Baca juga:
– Usai Asian Para Games 2018, Wisma Atlet Bakal Disewakan Dengan Harga Murah
– Polda Metro Jaya Bantah Periksa Erick Thohir Soal Dugaan Korupsi Dana Asian Games 2018

Sementara itu sejak 20 September 2018 lalu, tiket pembukaan ‘APG 2018’ sudah mulai dijual. Diketahui hingga saat ini tiket tersebut sudah terjual sekitar 10.000 tiket. Tiket bisa dibeli secara online melalui situs Tiket.com.

Loading...
Copyright 2016 - 2018