Harian Nusantara

7 Alasan Kenapa Tubuh Mudah Lelah

Informasi 64 View

7 Alasan Kenapa Tubuh Mudah Lelah

Hariannusantara.comPernah tidak kamu merasa kecapekan terus, padahal sudah berusaha tidur dan istirahat cukup? Yang ada kamu harus bergantung sama kopi, minuman segar, atau makanan manis supaya bisa on seharian. Menurut penelitian pasar membuktikan, bahwa semakin banyak orang kelelahan akibat laju kehidupan zaman sekarang, yang serba cepat dan padat Nah, kalau kamu salah satu orang yang selalu merasa capek alias Tired All the Time (TATT), bisa jadi ini penyebabnya!

Kurang olahraga

Dalam studi University of Georgia, orang dewasa berolahraga ringan tiga hari seminggu selama minimal 20 menit dilaporkan enggak mudah lelah. Dan lebih berenergi setelah enam minggu. Ini karena olahraga teratur membuat jantung dan paru-paru bekerja lebih efisien. Juga membantu mengantarkan oksigen dan nutrisi penting ke seluruh tubuh.

Tidur kurang berkualitas

Penelitian terbaru menunjukkan banyak orang bertahan pada apa yang disebut junk sleep. Yaitu keadaan di mana kamu sering bangun sepanjang malam. Tidur seperti itu enggak mengisi energi selayaknya kalau kamu tidur pulas. Junk sleep ini bisa disebabkan oleh stres. Tetapi juga bisa karena kamu terlalu merangsang otak jelang waktu tidur.

Adiksi minum kopi

Banyak orang berpikir kopi adalah minuman yang memiliki efek ‘terjaga’. Tapi ternyata minuman ini bisa membuat kamu merasa lebih lelah saat efeknya sudah hilang. Kopi juga menyebabkan gangguan tidur yang serius. Satu studi di Journal of Clinical Sleep Medicine  mengungkapkan bahwa, meminum kopi bahkan enam jam sebelum tidur dapat berujung kualitas tidur yang lebih rendah.

Kurang zat besi

Sekitar sepertiga wanita rendah zat besi seringnya karena tengah mengalami periode menstruasi yang berat. Beberapa yang memiliki kadar besi yang cukup rendah berpotensi menjadi anemia. Cobalah tarik kelopak mata bawah dan periksa apakah bagian dalamnya terlihat pucat, bukan merah muda. Kalau ya, itu adalah salah satu indikator kurangnya zat besi dalam tubuh.

Baca juga:
– Make Up Flawless dengan 4 Primer Lokal Harga Terjangkau
– Melihat Kesehatan Rahim Dari Warna Darah Menstruasi

Selain itu kurangnya vitamin B di dalam tubuh juga bisa menjadi penyebab Anda merasa cepat lelah.  Jadi pastikan tubuh harus cukup mengasup kalori dan vitamin untuk melewati hari dan tentunya konsumsi air putih dengan cukup ya biar nggak dehidrasi!

Loading...
Copyright 2016 - 2018