Presiden Turki Pastikan Bakal Usut Kasus Hilangnya Khashoggi

Putra Mahkota Saudi Pancing Khashoggi Pulang dan Ditahan

Putra Mahkota Saudi Pancing Khashoggi Pulang dan Ditahan

Hariannusantara.com – Presiden Turki Tayyip Erdogan menegaskan, Turki tidak akan berdiam diri atas hilangnya jurnalis Saudi, Jamal Khashoggi. Turki sedang menyelidiki semua aspek dari kasus tersebut. Khashoggi memasuki konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober lalu untuk mengurus dokumen pernikahannya. Para pejabat Saudi mengatakan, Khashoggi telah meninggalkan gedung konsulat tak lama setelah kedatangannya.

Tetapi para pejabat Turki dan tunangannya yang menunggu di luar, mengatakan Khashoggi tidak pernah keluar dari gedung tersebut. Menurut Erdogan Turki khawatir akan kasus hilangnya Khashoggi. Dia juga mempertanyakan pernyataan otoritas Saudi yang menyebut konsulat tidak memiliki rekaman Khashoggi meninggalkan gedung itu. Menurut pihak Saudi kamera keamanan hanya menyediakan rekaman langsung dan tidak merekam gambar.

“Kami sedang menyelidiki semua aspek. Tidak mungkin bagi kami untuk tetap diam mengenai kejadian seperti itu, karena itu bukan kejadian biasa. Apakah mungkin tidak akan ada sistem kamera di konsulat Arab Saudi, di mana peristiwa itu terjadi ?,” katanya seperti dikutip surat kabar Hurriyet Daily.

Baca juga:
– Tunangan Beberkan Kronologi Hilangnya Jurnalis Saudi Jamal Khashoggi
– Putra Mahkota Saudi Pancing Khashoggi Pulang dan Ditahan

Loading...

Hilangnya Khashoggi kemungkinan akan semakin memperdalam perpecahan antara Turki dan Arab Saudi. Hubungan kedua negara telah tegang setelah Turki mengirim pasukan ke negara Qatar tahun lalu setelah para tetangga Teluk, termasuk Arab Saudi, memberlakukan embargo terhadap Doha. Erdogan, juga mendukung pemerintahan di Mesir yang dipimpin oleh Ikhwanul Muslimin, yang mana Arab Saudi telah menetapkan gerakan itu sebagai teroris.