Harian Nusantara

Gambar Lucu Jawa Timur

Gambar 5.1K View

Jawa Timur merupakan suku Jawa yang terdapat dibagian paling timur pulau Jawa dan berbatasan dengan selat jawa yang menghubungkan dengan pulau Bali, Jawa Timur dengan ibu kota Surabaya yang termasuk kedalam provinsi luas dengan penduduk sebagian besar suku Jawa dan Madura, sebagian di daerah pegunungan adalah suku Tengger yang berada di pegunungan Bromo.

 

Kumpulan Gambar Lucu Jawa Timur

 

Gambar Lucu Jawa Timur

 

Gambar Lucu Jawa Timur1

 

Gambar Lucu Jawa Timur2

 

Gambar Lucu Jawa Timur3

 

Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional sedangkan bahasa sehari-hari di Jawa Timur adalah dialek bahasa Jawa hampir sama seperti suku Jawa pada umumnya, namun untuk Jawa Timur sendiri dialek yang digunakan sedikit berbeda yang dikenal dengan bahasa Jawa Timuran yang dianggap bukan sebagai bahasa Jawa baku. Ciri khas dari  Bahasa Jawa Timuran adalah blak-blakan, dan seringkali mengabaikan tingkatan kesopanan dari bahasa Jawa layaknya Bahasa Jawa Baku pada umumnya, sehingga bahasa ini terkesan kasar.

Ternyata terdapat beberapa ciri khas dari bahasa Jawa Timuran misalnya bahasa Jawa dialek Surabaya dikenal dengan Boso Suroboyoan, dialek bahasa Jawa di Malang umumnya hampir sama dengan dialek Surabaya. Berbeda dengan bahasa Jawa dialek Mataraman (Ngawi sampai Kediri), bahasa dialek Malang termasuk bahasa kasar dengan intonasi yang relatif tinggi. Sebagai contoh, kata makan, apabila dikatakan menggunakan dialek Mataraman diucapkan menjadi maem atau dhahar, dalam dialek Malangan diucapkan dengan kata mangan.

Misalnya ada  satu ciri khas yang membedakan antara bahasa arek Surabaya dengan arek Malang adalah penggunaan bahasa terbalik yang lazim dipakai oleh arek-arek Malang. Orang-orang malang sangat identik dengan bahasa terbalik Malangan sering juga disebut sebagai bahasa Walikan atau Osob Kiwalan.

 

Gambar Lucu Jawa Timur4

 

Gambar Lucu Jawa Timur5

 

Gambar Lucu Jawa Timur6

 

Gambar Lucu Jawa Timur7

 

Bahasa Jawa Timuran semakin terkenal dengan banyaknya musisi dari Jawa Timur yang mempopulerkan lagu-lagu dengan bahasa Jawa Timuran seperti Nella kharisma, Danang DA, Nurbaya, Via Vallen dan sebagainya. Bahasa Jawa Timuran juga sering dibuat Meme dan banyak orang yang megeditnya dengan gambar yang ditujukan sebagai hiburan dan penghilang emosi.

Buat teman-teman yang lagi galau, marah, bete, atau bingung yuk simak berikut beberapa gambar dan meme yang dapat membantu meringankan emosi teman-teman!

 

Gambar Lucu Jawa Timur8

 

Gambar Lucu Jawa Timur9

 

Gambar Lucu Jawa Timur10

Loading...
Copyright 2016 - 2019