Gambar Bunga Bangkai

Bunga Rafflesia dianggap sebagai bunga paling langka dan paling istimewa di dunia bukan hanya karena ukurannya yang besar tetapi juga karena bunga ini memiliki bau khasnya. Rafflesia, juga dikenal sebagai bunga bangkai karena bau yang dihasilakan sangat busuk dan baunya menyerupai bau bangkai. Bunga terbesar ini banyak ditemukan di Asia Tenggara, terutama di Negara kita Indonesia.

Bunga Bangkai masuk dalam keluarga Rafflesiaceae dengan genus Rafflesia  dan terdapat 28 spesies, untuk asalnya, bunga ini banyak ditemukan di Asia Tenggara terutama di Indonesia : Kalimantan dan Sumatra, serta di Negara lain seperti Malaysia, Thailand, dan Filipina. Habitat bunga ini sebagai parasit inang pada sejumlah spesies anggur Tetrastigma, ditemukan di hutan hujan.

Bunga Bangkai pertama kali ditemukan di Indonesia oleh Stamford Raffles dan James Arnold pada tahun 1818. Bunga Rafflesia merupakan parasit endemik Asia Tenggara dengan ukuran raksasa yang besarnya dapat mencapai diameter lebih dari 1m. Bunganya juga mengeluarkan bau khas seperti daging busuk, sehingga di banyak tempat itu disebut bunga bangkai.

Mengapa Rafflesia juga sering dianggap bunga misterius? Anda tidak dapat melihat bunga Rafflesia sampai kuncup bunga pertama muncul di batang tanaman dan kemudian mekar menjadi bunga raksasa yang indah.

Selain memegang rekor ukuran dan berat terbesar di dunia, Rafflesia juga masih membingungkan para ilmuwan untuk mendefinisikan apa bunga ini merupakan spesies tanaman? karena ketika diteliti bunga ini sama sekali tidak memiliki klorofil dan tidak dapat melakukan fotosintesis.

Loading...

Seperti jamur, bunga ini tumbuh dari serat jaringan jauh ke dalam sel inang untuk menyerap air dan nutrisi, dan bunga ini sepenuhnya bergantung pada spesies tanaman merambat yang disebut Tetrastigma.

Sekian itu saja yang dapat kami jelaskan kepada Anda tentang bunga bangkai atau bunga Rafflesia yang merupakan bunga terbesar di dunia. Untuk selanjutnya kami akan memberikan beberapa  koleksi Gambar Bunga Bangkai di bawah ini. Sehingga Anda bisa mengetahui bunga terbesar di dunia yang banyak ditemukan di Negara kita, Indonesia.

 

Koleksi Gambar Bunga Bangkai