Harian Nusantara

Gambar Bunga Bangkai

Gambar 423 View

Rafflesia arnoldii atau bunga bangkai adalah tanaman berbunga di keluarga Rafflesiaceae , yang dianggap sebagai bunga berbunga tunggal terbesar di Dunia. Bunga ini memiliki bau yang sangat menyengat dan berbau seperti daging busuk, sehingga bunga ini juga dijuluki dengan nama bunga bangkai. Spesies bunga ini adalah endemik hujan Sumatera dan ada juga di Kalimantan . Spesies ini awalnya diberinama R.Br pertama pada tahun 1821.

Rafflesia arnoldii, juga dikenal sebagai salah satu dari tiga bunga nasional dari Indonesia , dua bunga lainnya melati dan anggrek bulan. Bunga ini secara resmi diakui sebagai bunga langka dalam UUD No. 4 tahun 1993.

Ahli botani pertama menemukan bunga Rafflesia adalah orang Perancis Louis Auguste Deschamps (1765-1842). Dia adalah anggota ekspedisi ilmiah Prancis ke Asia dan Pasifik. Selama ekspedisi ia menghabiskan tiga tahun di Jawa, di mana ia mengumpulkan sampel dari apa yang kita sebut R. patma hari ini pada tahun 1797. Selama perjalanannya kembali pada tahun 1798, kapalnya diserang oleh Inggris, semua kertas dan catatannya disita. Dan pada tahun 1954, catatan tersebut ditemukan kembali di Museum Sejarah Alam London .

Nama Rafflesia sendiri pada bunga ini digunakan untuk menghormati Raffles, diusulkan oleh Brown yang awalnya ingin menyebutnya ArnoldiiĀ  setelah Joseph Arnold, dikonfirmasi oleh SF Gray dalam laporannya selama pertemuan Juni tahun 1820. yang kemudian dipublikasikan dalam Annals of Philosophy pada bulan September tahun 1820. Spesies Rafflesia pertama kali ditemukan secara resmi dijelaskan pada tahun 1821.

Bunga Rafflesia arnoldii biasanya tumbuh dengan diameter sekitar satu meter, tetapi pengukuran terbesar dari sumber yang dapat adalah 105 cm di Cagar Alam Palupah, Bukittinggi, Sumatra diukur oleh Profesor Syabuddin dari Universitas Andalas. R. arnoldi tersebut juga memiliki berat 11 kilogram. Bunga-bunga ini tumbuh dari tunas yang sangat besar seperti sayur kol, yang berwarna coklat tua atau merah tua sekitar 30 cm. tetapi bunga terbesar dan tunas bunga terbesar yang pernah dicatat ditemukan Gunung Sago, Sumatra pada Mei 1956 dengan diameter 43 cm.

 

Koleksi Gambar Bunga Bangkai Terbaru

Jika Anda ingin memiliki koleksi gambar bunga bangkai silahkan simak beberapa gambar di bawah ini.

 

Loading...
Copyright 2016 - 2019